Mata Silinder dan Cara Tepat Mengobatinya

Health

Mata silinder membuat kondisi mata mengalami penglihatan seperti kabur dan berbayang. Tahukah Anda cara tepat mengobatinya?

Gejala umum yang sering dirasakan oleh pendertia mata silinder yaitu penglihatan kabur dan berbayang. Membuat penderita akan memicingkan mata ketika melihat objek jauh maupun dekat. Penderita akan sering sakit kepala karena migrain, mata tegang, lelah setelah membaca dan memakai komputer kemudian sering mengeluh kesulitan membaca tulisan yang kecil. Ini akan semakin buruk bila tidak segera diobati.

Sebelum gangguan kesehatan menyerang Anda, pastikan memiliki asuransi kesehatan terbaik, cek lalu bandingkan sendiri untuk mendapatkan asuransi kesehatan terbaik sesuai kebutuhan Anda dengan premi terjangkau di Futuready.com

mata silinder

Penyebab mata silinder bisa dikarenakan faktor keturunan. Si Penderita mengalami ketidaksempurnaan bentuk kornea. Seharusnya kornea tersebut memiliki cembungan yang sempurna menyerupai lengkungan bola. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati mata silinder, berikut yang bisa Anda lakukan.

Cara mengobati mata silinder bisa Anda lakukan dengan beberapa cara di antaranya:

Hindari Kebiasan Buruk

Berikan mata Anda waktu yang terbaik untuk istirahat dan memejamkan mata, jangan memaksakan untuk terus melihat atau membaca. Bila sudah terasa lelah istirahatkanlah mata Anda.

Perhatikan Kebersihan Mata

Salah satu cara untuk membersihkan mata adalah dengan selembar kapas yang direndam air hangat, kemudian bersihkan mata Anda dengan menyeka satu kali usap dari ujung luar hingga ujung dalam. Perhatikanlah bahwa satu lembar kapas hanya untuk menyeka dan membilas satu mata saja, jangan digunakan bergantian. Hindari penggunan tisu karena seratnya yang kasar bisa membuat iritasi pada mata Anda.

Pisahkan Handuk, Bantal, dan Guling

Anda bisa memisahkan handuk, bantal dan guling agar tidak digunakan dengan orang lain, ini bertujuan untuk mencegah penyebaran bakteri  yang ada pada orang lain.

Kompres Mata dengan Air Hangat

Luangkanlah waktu Anda sejenak untuk merileksasikan mata. Anda yang memakai kacamata, cobalah sesering mungkin untuk melepas kacamata Anda. Ambilah handuk kecil rendam air panas dan kompreslah mata Anda saat tertutup dengan handuk yang sudah direndam air panas tersebut. Itu akan membuat otot-otot sekitar mata Anda menjadi lebih lentur dari rutinitas harian Anda saat menggunakan kacamata.

Olahraga Mata

Lakukanlah pijatan kecil di sekitar pelipis Anda dengan kedua tangan, lalu pijatlah sesuai arah jarum jam, kemudian pijatlah bagian bawah dari belakang kepala Anda, bertujuan tunuk melatih mata Anda untuk melirik ke kanan dan ke kiri.

Memakai kacamata

Kacamata khusus silinder merupakan cara paling mudah untuk menjernihkan penglihatan yang kabur dan berbayang akibat mata silinder.

Operasi Lasik

Dengan prosedur ini, bentuk kornea pada mata akan diubah dengan laser. Prosesnya adalah lapisan permukaan kornea dibuka menggunakan alat khusus yang disebut kratom. Kemudian laser digunakan untuk mengubah bentuk lapisan kornea di bawah lapisan yang dibuka tadi, lalu ditutup kembali.

Seringlah mengecek mata dan konsultasi ke dokter untuk mengetahui kondisi terkini dari kesehatan mata Anda. Mata sebagai indera penglihatan, tentu harus tetap menjaganya agar mata lebih sehat dan jernih.

Leave a Reply