Para Ibu, Ini Cara Terbaik untuk Melancarkan ASI

Health

ASI eksklusif adalah pilihan tepat untuk perkembangan bayi. Berikut ini beberapa cacra yang tepat untuk melancarkan ASI.

Memberikan asi secara eksklusif merupakan suatu keinginan yang besar dari seorang ibu. Pasalnya, ASI adalah makanan terbaik untuk seorang bayi supaya bisa tumbuh sehat dan berkembang dengan baik. Seperti yang kita ketahui bahwa ASI memiliki banyak sekali manfaat, baik dari nutrisi, vitamin, zat besi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, seorang ibu pasti ingin sang bayi mendapatkan ASI yang cukup. Pasti rasa khawatir akan muncul jika Anda tidak bisa memberikan ASI yang eksklusif karena bisa menyebabkan bayi menjadi rewel.

tip melancarkan asi

Mengenai kurangnya produksi ASI bisa saja dirasakan oleh semua ibu. Apalagi ketika awal-awal persalinan. Bila Anda merasa sudah banyak upaya yang dilakukan untuk melancarkan ASI, tetapi jika sampai saat ini produksi ASI Anda masih belum lancar, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan!

Baca juga: 10 Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Anda Siapkan

Cara-cara Melancarkan ASI

Mungkin masih ada di antara Anda yang merasa sulit untuk memproduksi ASI. Mungkin cara-cara di bawah ini bisa Anda lakukan agar produksi ASI berjalan lancar.

Terus Menyusui

Meskipun produksi ASI belum sempurna dan hanya sedikit, tetapi tidak ada salahnya jika Anda terus menyusui bayi. Hal ini supaya terjadi rangsangan yang terus menurus ketika bayi berusahan untuk mengisap, secara talami tubuh sang ibu akan memberikan respons untuk meningkatkan produksi ASI. Meskipun pada akhirnya Anda mengalami rasa sakit yang luar biasa.

Skin to Skin Nurse

Cara lain untuk melancarkan ASI, yaitu skin to skin nurse. Maksudnya adalah ketika Anda menyusui, usahakan kulit bagi bersentuhan langsung dengan kulit Anda tanpa ada sehelai kain atau hal lain yang menghalangi. Hal ini dilakukan bukan hanya untuk melancarkan ASI, tetapi juga bisa meningkatkan emosinal yang luar biasa antara Anda dan bayi.

Tidur yang Cukup Dapat Melancarkan ASI

tip melancarkan asi

Ketika memiliki bayi, sudah dipastikan kualitas tidur Anda akan berkurang dikarenakan bayi sering terbangun pada malam hari. Namun, jika Anda waktu luang usahakanlah untuk tetap istirahat agar produksi ASI Anda meningkat dan lancar.

Perhatikan Makanan yang Dapat Melancarkan ASI

Untuk menambah ASI, ternyata dapat dilihat dari pola makan yang Anda konsumsi. Ibu yang menyusui ASI secara eksklusif harus benar-benar memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Pasalnya, ibu menyusui membutuhkan tambahan kalori 500 per harinya. Tentunya ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan produksi ASI menjadi lebih banyak, yaitu seperti daun katuk, buah-buahan, kacang-kacangan, gandum, dan masih banyak lagi.

Makanan memang menjadi salah satu hal penting harus diperhatikan. Nah, agar ASI Anda melimpah, berikut ini beberapa jenis makanan yang mampu melancarkan air susu.

Baca juga: Liburan Bersama Bayi Jangan Lupa Bawa Barang Ini

Pepaya

Semua yang ada di pohon pepaya dapat dipakai untuk memperbanyak ASI ibu, mulai dari buah, bunga, hingga daunnya. Namun, ada sebagain orang yang tidak menyukai daun dan juga bunga pepaya dikarenakan rasanya yang pahit. Jika begitu, solusinya adalah Anda dapat mengonsumsi buah pepaya saja. Pasalnya di dalam buah ataupun bunga pepaya ada vitamin A, vitamin C, mineral seperti kalsium, asam folat, serta enzim papain.

Enzim yang ada di pepaya itu berguna untuk membantu proses pencernaan protein. Ketika ibu menyusui, ibu memerlukan banyak protein dalam menghasilkan ASI. Buah pepaya juga mempunyai banyak cairan sehingga buah pepaya baik untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam menghasilkan ASI.

Daun Katuk

Daun katuk sejak zaman dahulu telah dipercaya dapat dipakai untuk memperbanyak ASI ibu. Sayangnya sekarang ini, kehadiran daun ini sulit untuk ditemui sehingga banyak ibu yang tidak dapat mengonsumsi daun katuk. Daun katuk rasanya pahit, dibutuhkan proses masak yang tepat agar daun katuk tak terasa pahit kembali. Di balik rasanya yang pahit, daun katuk memiliki kandungan banyak protein yang dibutuhkan.

Ketika ibu menyusui, ibu membutuhkan protein sebanyak 20 gram lebih banyak dibanding dengan biasanya. Kondisi wanita yang normal membutuhkan protein sebanyak 40 gram setiap harinya, sehingga bila ibu dalam keadaan menyusui ibu itu membutuhkan protein sejumlah 60 gram setiap harinya. Protein dapat dicukupi dengan konsumsi makanan dari bahan daun katuk minimal 100 gram setiap harinya.

Bayam

tip melancarkan asi

Bayam baik sebagai makanan penambah zat besi. Zat besi berguna dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh ibu yang sedang menyusui. Selain zat besi, bayam juga kaya akan vitamin B6. Manfaat dari vitamin B6 yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi. Nutrisi lainnya yang ada pada bayam yaitu vitamin A, C, E, K, protein, serta beragam jenis mineral sepeti riboflavin, asam folat, kalsium, magnesium, thiamin, kalium, serta fosfor.

Bayam juga mempunyai enzim bernama phytoestrogens yang berguna untuk memproduksi ASI. Enzim itu juga ada pada sayuran yang berwarna hijau tua yang lain. Oleh karenanya, makanan untuk memperbanyak ASI bukan hanya pada bayam saja tetapi juga pada sayuran hijau tua yang lain.

Sayur Merah

Sayur yang berwarna merah dapat dipakai untuk memproduksi ASI. Alasannya yaitu sayur yang berwarna merah seperti bit, ubi jalar, bayam merah, sawi merah, serta kangkung merah kaya akan beta karoten yang baik untuk mata serta dapat dipakai untuk memperbanyak produksi ASI. Khasiat sayur merah ini juga banyak mengandung manfaat asam folat untuk ibu hamil.

Air Mineral

Tubuh yang kekurangan cairan tak dapat menghasilkan banyak ASI. Oleh sebab itulah untuk para ibu jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan air di dalam tubuhnya. Bila sampai dehidrasi, Anda tidak bisa memproduksi ASI secara optimal.

Baca juga: 3 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Bayi

Comments are closed.