Memaksimalkan Alat di Tempat Fitness

Daripada menghabiskan banyak waktu di gym, sebaiknya kenali dulu peralatannya. Tanpa perlu berlatih lama, Anda bisa memperoleh manfaat maksimal.

Health

Daripada menghabiskan banyak waktu di gym, sebaiknya kenali dulu peralatannya. Tanpa perlu berlatih lama, Anda bisa memperoleh manfaat maksimal. 
Begitu banyak alat fitness yang tersedia di pusat kebugaran kebugaran terkadang membingungkan penggunanya. Lalu bagaimana caranya agar dapat memaksimalkan alat fitness tersebut? Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.. 
Memilih alat fitness yang tepat 
Jika tujuan Anda melatih otot dada, terutama bagian tengah maka alat yang tepat adalah butterfly machine. Cara menggunakan alat ini dengan membuka ke arah depan dan belakang, seperti kepakan sayap kupu-kupu. 
Lain lagi jika Anda ingin melatih otot punggung bawah dan perut. Alat yang tepat untuk melatih otot tersebut adalah back up chair. Namun, perlu diingat, pemilihan alat juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. 
Pemula atau profesional? 
Setiap alat fitness didesain khusus untuk pemula atau profesional. Bagi Anda yang masih tergolong pemula sebaiknya pilih alat fitness yang tidak banyak menggunakan otot ketika digunakan. 
Contoh alat fitness yang cocok bagi pemula adalah treadmill dan stationary bike. Treadmill adalah alat yang digunakan bagi Anda yang ingin melakukan jogging di tempat. Treadmill memiliki banyak jenis dan fungsi. Namun, umumnya treadmill berfungsi untuk membakar lemak dalam tubuh dan melatih kemampuan kardiovaskular. 
Sedangkan stationary bike adalah alat fitness berbentuk sepeda bermanfaat bagi Anda yang ingin mengayuh sepeda statis di dalam ruangan. Kegunaan utamanya selain baik untuk kesehatan jantung juga dapat melatih otot betis dan paha. 
Menaati pengunaan alat fitness 
Jika Anda telah mengetahui fungsi alat fitness secara umum, tips selanjutnya adalah memastikan Anda memahami aturan penggunaanya. Tanyalah trainer di gym jika Anda belum mengetahuinya. 
Perencanaan waktu 
Buat estimasi waktu untuk setiap alat yang ingin Anda gunakan. Misalkan Anda hanya memiliki waktu 30 menit di pusat kebugaran, bagilah waktu dengan imbang. Misalkan 15 menit untuk menggunakan treadmill dan sisanya untuk menggunakan alat yang lain. 
Ok, selamat berolahraga!

Leave a Reply