Memilih Olahraga yang Tepat

Tak semua jenis olahraga cocok untuk setiap orang. Bagaimana cara memilih olahraga yang tepat dan aman?

Health

Oleh Brett Money
Fisioterapis
Ê
Intro: Latihan yang efektif
Selama bertahun-tahun, pasien saya sering bertanya, ¥Apa olahraga yang terbaik buat saya?¥. Selama itu pun, saya banyak belajar dari mereka mengenai jenis olahraga yang cocok dan tidak bagi setiap individu. Saya rasa mereka guru terbaik bagi saya. Saya pun menjawab, ¥Olahraga yang membuat Anda bahagia, sehat, dan dilakukan dalam jangka panjang adalah olahraga yang tepat dan aman untuk Anda.¥

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan

Ê

¥ Kesehatan dan Keselamatan: Apa latihan yang tepat untuk melatih otot, sendi, dan kardiovaskular? Jika latihan yang rutin Anda lakukan terbilang tepat, berarti Anda akan melihat perubahan fisik lebih cepat.

Ê

¥ Kemudahan: Apa olahraga yang bersahabat dengan jadwal Anda yang padat? Olahraga apa yang bisa dilakukan di dekat kantor atau dalam perjalanan pulang? Semakin mudah dilakukan, Anda bisa lebih konsisten menjalaninya.
¥ Waktu: Jika Anda memilih olahraga yang berdurasi lebih dari satu jam, bisa dipastikan Anda sulit mengatur jawal latihan secara konsisten. Setiap kali akan berolahraga, konsentrasi Anda terpecah karena memikirkan aktivitas yang akan dilakukan di rumah dan kantor. Akibatnya, Anda mudah tergoda membatalkan jadwal latihan.Ê
¥ Harga: Ketika masa keanggotaan Anda di gym telah habis, sementara biaya untuk memperpanjang keanggotaan terbilang mahal, Anda akan berpikir, ¥Ntar aja deh!¥ Namun di sisi lain, jika Anda membayar mahal untuk biaya keanggotaan, tentu Anda akan berpikir, ¥Ah sayang, kalau nggak fitness¥.
¥ Fun: Jika benar-benar menikmati olahraga yang Anda lakukan, Anda akan melakukannya lebih konsisten. Namun bila Anda menganggapnya sebagai beban, maka Anda tidak akan bertahan lama dalam berolahraga. Temukan olahraga yang menyenangkan dan Anda sukai sehingga Anda ingin terus melakukannya.
¥ Komunitas: Bergabung dengan sebuah klub atau komunitas membuat suasana latihan menjadi lebih fun sekaligus sebagai ajang sosialisasi. Anda bisa mengikuti komunitas olahraga yang sedang tren, seperti ‘geng lari’, ‘geng sepeda’, dan ‘geng futsal’. Tentu Anda masih ingat dengan geng skateboard, geng rollerblade, dan geng BMX? Secara kultural, kebanyakan orang Indonesia lebih nyaman jika bersama kelompok. Jadi, mengapa tidak bergabung dengan komunitas olahraga tertentu?

Jakarta Top 5

Ê

1. Ngegym: Anda bisa bebas menentukan waktu latihan sesuai keinginan Anda. Gym biasanya buka dari pukul 6 pagi hingga 9 malam, ditambah dengan fasilitas kamar mandi yang bisa Anda gunakan. Di gym tersedia berbagai macam peralatan untuk beragam jenis latihan. Gym yang berada di mal menjadi nilai plus karena selepas latihan, Anda bisa sekaligus belanja, makan, atau mampir ke ATM.Ê

Ê

2. Futsal: Mau mengenang kembali impian masa kecil Anda untuk bermain bola seperti bintang sepak bola favorit Anda? Pilihan olahraga ini bisa Anda lakukan bersama teman-teman. Bahkan Anda bisa patungan dengan teman-teman untuk membayar sewa lapangan. Anda juga bisa melakukan olahraga ini bersama anak Anda.Ê
3. Kelas: Di era 80-an, kelas Aerobik menjadi tren. Di era 90-an, Step Box yang menjadi tren. Nah, belakangan ini Body Combat dan Zumba sedang populer. Berolahraga dengan sekelompok teman diiringi musik memang menyenangkan. Biasanya kedua kelas tersebut berada di gym sehingga sebelum atau setelah mengikuti kelas, Anda bisa melakukan latihan tambahan dengan menggunakan peralatan fitness.
4. Lari: Olahraga ini terbilang paling murah dan mudah dilakukan. Cukup bermodalkan sepasang sepatu, Anda bisa memulainya. Lari memberikan manfaat positif terhadap sistem kardiovaskular Anda (jantung dan paru-paru). Cara ini juga efektif untuk membakar lemak dan kelebihan kalori tubuh.
5. Yoga: Jenis olahraga low-impact ini dapat meremajakan dan melenturkan tubuh. Yoga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan otot dan sendi, termasuk merelaksasi pikiran dan mengusir stres.

Ê

Pendatang baru:

Ê

¥ Cross Fit: Merupakan gerakan dasar seperti mendorong, mengangkat, dan menarik beban dan kettlebells. Latihan yang efektif membangun massa otot dan membakar lemak ini mulai populer di penjuru dunia dan tampaknya akan segera menjadi tren di Indonesia.
¥ Triathlon: Merupakan kompetisi yang menggabungkan tiga jenis aktivitas fisik, yaitu diawali dengan berenang, bersepeda, dan diakhiri dengan berlari. Bagi yang suka berlatih sekaligus berkompetisi, aktivitas fisik ini merupakan pilihan yang tepat. Kompetisi ini kini banyak digelar secara besar-besaran di seluruh dunia. Segera daftar dan ikuti kegiatan seru ini.Ê

Ê

Penutup:

Ê

Pada akhirnya, jenis olahraga yang terbaik adalah yang benar-benar Anda sukai dan memungkinkan Anda melakukannya bersama orang yang Anda cintai. Cobalah latihan yang sedang tren, bergabung dengan klub baru, dan bertemu teman baru, atau cukup melanjutkan olahraga yang terbaik bagi Anda.
Ê

Leave a Reply