Menderita Sakit Kepala Hebat dan Cara Mengatasinya

Halo, Dok!

Saya sering sekali terserang sakit kepala yang hebat, terasa berat dan sakitnya berpindah-pindah, lebih sering di bagian belakang, terkadang seperti ditusuk banyak anak panah, leher juga terasa kaku. Dalam keadaan santai sering sesak napas, tangan mudah berkeringat meski tidak banyak dan mual setiap hari, bahkan sampai muntah. Selain itu, kaki kadang gemetar, sering merasa lelah ketika aktivitas ringan, mudah lupa sesuatu. Saat sakit kepala itu menyerang saya merasa ingin berbaring terus. Mohon penjelasan sakit saya ini sakit apa dan bagaimana caranya agar saya sehat kembali Dok, terima kasih.

Ê

Nur Harist Fauziyah

Ê

Jawaban:

Dear Ibu Nur Harist,

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah sering sakit kepala, terutama di bagian belakang kepala dan leher terasa kaku.

Jika Anda mengalami keluhan-keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat dan melibatkan otot-otot leher, maka kemungkinan Anda mengalami TTH (tension-type headache). Sakit kepala TTH sering kali disertai dengan adanya rasa sakit atau kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata, atau otot-otot lainnya di tubuh.

Karena keluhan Anda terkadang disertai mual, muntah dan rasa lelah, yang dapat kami sarankan adalah Anda segera berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis saraf. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, sehingga dapat diketahui dengan pasti diagnosis dari keluhan Anda.

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, di antaranya stres (biasanya sakit kepala timbul pada siang atau sore hari setelah seharian bekerja atau saat ujian), gangguan tidur kurang dari delapan jam, posisi tubuh yang salah terutama saat bekerja, waktu makan yang tidak teratur, dan dehidrasi.

TTH dapat diatasi dengan beberapa cara sebagai berikut:

  1. Istirahat.
  2. Pemijatan bagian belakang kepala dan leher.
  3. Minum obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen atau asam mefenamat yang dijual bebas. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika Anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda.
  4. Meletakkan handuk hangat di bagian leher dan kening.

Anda juga bisa meredakan sakit kepala dengan cara alami berikut ini.Ê

Ê

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Dyah Novita AnggrainiÊ

Leave a Reply