Mengapa Penting Menjaga Tekanan Darah Normal?

Health

Kapan Anda terakhir kali mengecek tekanan darah? Apakah hasilnya tekanan darah normal? Pasalnya, banyak orang yang tak sadar mengalami tekanan darah tinggi.

Sebelum mengetahui indikator apakah tekanan darah seseorang bisa dikatakan normal atau tidak, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa itu tekanan darah. Tekanan darah ini merupakan sebuah ukuran tentang seberapa kuat jantung seseorang memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Jika tekanan darah normal, maka kinerja dari tubuh juga akan lebih optimal.

Tekanan darah ini bisa naik dan bisa juga turun disebabkan oleh banyak faktor. Yang paling umum diketahui, faktor yang menyebabkan terjadinya kenaikan dan penurunan tekanan darah adalah karena faktor emosi dan faktor aktivitas fisik yang dijalani oleh setiap orang. Dengan begitu tentu saja tekanan darah normal setiap orang pasti berbeda. Tekanan darah setiap orang juga akan berubah sejalan dengan pertambahan usia.

Risiko Penyakit Akibat Tekanan Darah Tinggi

Saat ini, tekanan darah tinggi telah menjadi penyebab utama berbagai penyakit kronis, seperti jantung koroner, stroke, bahkan diabetes.

Dalam banyak kasus, tekanan darah tinggi tidak menimbulkan gejala tertentu, jadi banyak yang tak tahu kalau dirinya mengalami kondisi ini. Tentu jika dibiarkan akan meningkatkan peluang penyakit kronis.

Hipertensi terjadi ketika aliran darah tidak lancar akibat adanya penggumpalan plak atau ukuran pembuluh darah menyempit, sehingga membuat tekanan di dalamnya jadi meningkat.

Ketika aliran darah terus-terusan tidak normal, jantung tidak akan bekerja optimal untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Lama-kelamaan, jantung bisa mengalami kerusakan dan akhirnya mengalami penyakit jantung, bahkan gagal jantung.

Selain itu, kondisi ini membuat berbagai organ di dalam tubuh berisiko tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Akhirnya, beberapa organ juga bisa rusak dan menimbulkan penyakit kronis.

Sebelumnya harus Anda ketahui tekanan darah normal menurut WHO adalah 120/80 hingga 130/85 mmHg.

Tekanan Darah Normal Pada Anak, Dewasa, dan Ibu Hamil:

  1. Tekanan Darah Normal pada Bayi dan Anak

Ukuran tekanan darah normal berdasarkan usia dimulai dari jenjang anak-anak atau bayi. Pada masa ini tekanan darah yang normal akan selalu berubah secara bertahap mengikuti masa pertumbuhannya. Tekanan darah normal pada anak memang sedikit sulit untuk dihitung karena setiap usia pertumbuhan akan memiliki angka yang berbeda. Sebut saja misalnya pada bayi yang baru lahir tekanan normalnya biasanya pada angka 90/60 mmHg. Tekanan ini akan berubah saat anak memasuki umur 3 dan 12 tahun, yakni mencapai angka 104/113mmHg dan 119-127 mmHg.

  1. Tekanan Darah Normal pada Remaja dan Dewasa

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tekanan darah yang normal akan terus berubah sejalan dengan pertumbuhan seseorang. Namun hal tersebut tidak terjadi ketika seseorang sudah memasuki jenjang remaja, dewasa hingga dewasa. Ukuran tekanan darah normal berdasarkan usia selanjutnya adalah pada usia dewasa. Tekanan darah normal dewasa, remaja dan lansia dihitung pada angka yang sama yakni 120/80 mmHg.

  1. Tekanan Darah Normal pada Wanita dan Ibu Hamil

Selain dilihat berdasarkan usia, tekanan darah yang normal juga berpengaruh pada wanita dan ibu hamil. Untuk tekanan darah normal wanita dan ibu hamil cenderung sama, yakni pada angka 120/80. Namun ada pengecualian pada ibu hamil, karena tekanan darah pada ibu hamil akan terus mengalami peningkatan dan penurunan karena faktor hormon yang meningkat. Karena itulah tekanan darah normal pada ibu hamil harus benar-benar diperhatikan agar nantinya tidak membahayakan baik bayi maupun ibunya.

Tekanan darah sangat dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan dan juga emosi. Namun secara alami, perubahan tekanan darah juga akan dipengaruhi oleh pertambahan usia. Beberapa daftar tekanan darah normal berdasarkan usia di atas adalah contoh mudahnya. Angka itu adalah angka yang harus dijaga pada usia-usia yang sudah ditentukan agar Anda terhindar dari resiko terserang gangguan kesehatan pada jantung.

Tip untuk Dapatkan Tekanan Darah Normal

Bagi yang memiliki darah tinggi, Anda bisa memiliki tekanan normal dengan melakukan hal berikut:

Berolahraga

Aktivitas fisik bisa merangsang tubuh untuk memproduksi asam nitrat. Zat ini bisa membuat pembuluh darah terbuka sehingga mengurangi tekanan darah. Dengan berolahraga berarti Anda menguatkan otot jantung, mengurangi stres dan terhindar dari obesitas, salah satu pemicu hipertensi.

Mulailah inisiatif untuk berolahraga bersama di akhir pekan bersama keluarga. Dengan begitu Anda akan semakin bersemangat dan sekaligus bisa menghabiskan waktu bersama keluarga agar lebih dekat.

Penggunaan Garam yang Seimbang

Makanan tanpa garam memang akan hambar rasanya. Namun, konsumsi garam berlebih juga tidak baik untuk tubuh. Tubuh kita hanya memerlukan 500 mg garam per hari. Rekomendasi terbaru menganjurkan untuk membatasi jumlah asupan garam sehari maksimal 2400 mg, ini setara dengan kurang lebih 1 sendok teh.

Bila Anda memang belum bisa menghilangkan garam dari asupan makanan harian, secara perlahan mulaikan batasi penggunaan garam pada makanan Anda. Makin lama, nantinya Anda akan semakin terbiasa dengan hal ini.

Terapkan Pola Makan Sehat dan Gizi Seimbang

Konsumsilah makanan yang sehat agar terhindar dari hipertensi. Makanan yang disarankan yaitu sayur, buah, ikan, daging unggas, kacang, susu rendah lemak dan biji-bijian utuh. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol secara

Hindari Stres Berlebihan

Tidak sulit mengatasi stres, Anda dapat belajar teknik untuk menenangkan pikiran seperti teknik pernapasan, meditasi, atau relaksasi otot.

Sayangi diri Anda dan keluarga sejak dini. Jaga selalu kesehatan Anda dan keluarga. Agar Anda selalu bisa menghabiskan momen-momen berharga bersama keluarga. Untuk perlindungan menyeluruh seluruh anggota keluarga dan diri sendiri, miliki asuransi jiwa mulai dari sekarang!

Comments are closed.