Mengapa Sering Terkena Flu?

Anda sering terkena flu? Mungkin ini penyebabnya!

Health

Hai Brett,
Saya ingin bertanya soal kondisi suami saya yang sering terkena flu atau radang tenggorokan. Padahal pola makannya baik. Saya selalu menyediakan buah, sayuran, ikan, susu plus suplemen vitamin C sebagai menu makanan setiap hari. Ia pun beristirahat dengan cukup dan tidak suka begadang. Tapi saya curiga ia terlalu letih karena menempuh perjalanan Mampang Prapatan ke Tanjung Priuk selama 45-90 menit dengan motor setiap hari. Kira-kira apa solusinya agar suami saya tetap sehat?

Salam,
Melinda

Hai Melinda,
Saya turut sedih mendengar kondisi suami Anda yang sering flu dan radang tenggorokan. Anda bisa frustasi dibuatnya. Saya tidak dapat memastikan penyebabnya, namun ada beberapa kemungkinan:

Stres: stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus, bakteri dan infeksi. Pada kondisi ini, tubuh suami Anda mudah terserang virus flu dan kuman.

Merokok: perokok punya sistem pembersihan mukosa yang lebih lambat. Efeknya, pembersihan virus atau bakteri melalui lendir dan dahak menjadi lebih lambat.

Lingkungan: Jika teman sekantor suami Anda sering sakit, alhasil suami Anda pun akan mudah sakit. Saya pernah bekerja di sebuah rumah sakit. Ini membuat saya frustasi karena saya sering batuk dan pilek.

Alergi: Apakah suami Anda mengidap alergi? Teman saya mengidap alergi debu dan serbuk sari. Mulanya, dia sering berkonsultasi ke dokter karena flu. Setelah pemeriksaan, ternyata dia mengidap alergi sehingga setelah meminum antihistamin, kondisinya membaik.

Leave a Reply