Ada beberapa cara mencegah penyakit diabetes. Salah satunya, dengan menjalankan pola hidup sehat.

Jumlah penderita diabetes di Indonesia saat ini semakin meningkat. Pada tahun 2013 Indonesia ada di peringkat ketujuh dalam jumlah penderita diabetes seluruh dunia. Sementara pada tahun 2014 peringkat Indonesia berada di posisi kelima. ÒHari ini (2014), 9,1 juta penduduk Indonesia hidup dengan diabetes. Naik dua peringkat dari tahun lalu (2013),Ó kata Profesor Nam Cho, Ketua International Diabetes Federation untuk kawasan Asia Pasifik (tempo.co, 14 November 2014).

Sayangnya, menurut Sidhartawan Soegondo, Ketua Persatuan Diabetes Indonesia, sekitar 70 persen penderita tidak tahu mereka terkena diabetes. Sebab, biasanya tak ada gejala khusus sebagai deteksi dini ketika seseorang menderita diabetes (tempo.co, 18 Januari 2014).

Karena tidak mempunyai gejala khusus ketika pertama menyerang, ada beberapa cara mencegah penyakit diabetes yang sebenarnya bisa Anda jalankan. Salah satunya, yaitu dengan menganut pola hidup sehat. Berikut beberapa pola hidup sehat yang bisa Anda lakukan:

Olahraga teratur

Dalynn Badenhop, PhD, ahli kesehatan dari American College of Sports Medicine, mengatakan bahwa lebih dari separuh penderita diabetes mengalami penurunan kadar gula menuju ambang normal dalam darah setelah melakukan olahraga secara teratur (webmd.com, 27 Juli 2000). Untuk itu, olahraga ringan seperti aerobik atau joging bisa Anda pilih di sela-sela kesibukan.

Mengatur pola makan yang benar

Sharon Denny, MS, RDN dari Academy of Nutrition and Dietetics Amerika mengatakan, seseorang sebaiknya tahu, apa saja jenis makanan yang dikonsumsinya. Karbohidrat, lemak, dan protein harus dijaga kadar keseimbangannya agar tingkatan kadar gula dalam darah lebih stabil (webmd.com, 16 Februari 2015).

Ê

Tidur yang cukup

Peter Liu, MD, PhD dari Los Angeles Biomedical Research Institute mengemukakan fakta dari sebuah penelitian yang dilakukannya. Ia menyebut bahwa kadar insulin yang mengatur stabilitas kadar gula dalam darah akan bekerja lebih maksimal jika orang beristirahat yang cukup. (sciencedaily.com, 18 Juni 2013) Anjuran yang umum diberikan adalah istirahat sekitar tujuh hingga delapan jam dalam sehari.

Kurangi kadar garam dalam makanan

Brunilda Azario, MD dari American Diabetes Association menyebutkan perlunya mengurangi kadar garam dalam masakan. Ia juga mengingatkan, bahwa saat ini kebanyakan makanan yang diproses, mengandung garam yang tidak sedikit. Karena itu, memilih makanan yang sehat perlu diutamakan. (webmd.com, 16 Februari 2015).

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan, tentang berbagai upaya pencegahan lain yang bisa Anda lakukan agar tidak terkena penyakit diabetes.

Sebarkan artikel ini melalui fitur jejaring sosial dan bagikan komentar Anda melalui kolom di bawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *