Tidak Perlu Panik, Ini Tip Mengatasi Insomnia!

Health

Menghindari insomnia bukan dengan obat tidur. Ada cara lebih baik untuk mengatasi insomnia yang pastinya lebih menyehatkan dan ampuh.

Terlihat sepele memang, tetapi sejujurnya insomnia sangatlah mengganggu. Pasalnya, insomnia memiliki banyak dampak buruk bagi tubuh, seperti kurangnya konsentrasi, daya tahan tubuh yang melemah, dan lain sebagainya. Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur yang terus berulang. Biasanya insomnia disebabkan oleh gangguan di dalam waktu dan mekanisme tidur dan perilaku yang tidak sehat, seperti tidak teratur jam tidur, seringnya begadang dan konsumsi kafein. Namun, secara umum penyebab dari insomnia dikarenakan kecemasan, stres, dan kebiasaan tidur yang buruk.

Sebenarnya, tidak sulit untuk menghilangkan insomnia. Hanya dengan melakukan cara-cara di bawah ini secara rutin, pasti insomnia akan hilang dan waktu tidur Anda akan normal kembali tanpa harus menggunakan obat tidur.

Berikut ini beberapa tip mengatasi insomnia!

Mandi Air Hangat

Salah satu tip mengatasi insomnia adalah dengan cara mandi air hangat. Air hangat bisa merelaksasikan otot-otot tubuh dan memperlancar peredaran darah sehingga Anda akan merasa sangat relaks dan pada akhirnya akan mengantuk. Agar hasil yang maksimal, Anda bisa campurkan air hangat dengan beberapa tetes minyak esensial lavender.

Olahraga

Susahnya Anda mengantuk pada malam hari dikarenakan tubuh kurang banyak bergerak. Oleh karena itu, gerakkan tubuh Anda setidaknya 30 menit per hari agar aliran darah tetap lancar dan memudahkan Anda untuk bisa tidur tepat waktu. Sebelum tidur Anda bisa melakukan pose-pose yoga yang membantu Anda tidur lebih baik. Beberapa gerakan yoga yang membantu Anda cepat tidur adalah, child’s pose, supported bridge, legs up the wall, dan reclined spinal twist. Namun, perlu diingat untuk menghindari olahraga yang terlalu keras pada pagi dan malam hari.

Hindari Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Insomnia

Ada beberapa bahan makanan dan minuman dipercaya bisa membuat mata Anda sulit untuk tidur. Contohnya, minuman yang mengandung kafein minuman yang beralkohol, serta makanan berlemak dan memiliki tingkat gula yang tinggi. Untuk memulihkan waktu tidur Anda, ada baiknya untuk membatasi dan menghindari makanan seperti itu.

Membaca buku

Membaca buku dipercaya bisa membuat mata mudah terpejam. Tip mengatasi insomnia yang satu ini juga sering banyak dilakukan oleh banyak orang. Terlebih ketika terbangun di malam hari, lalu kesulitan untuk tidur kembali. Jika Anda tidak gemar membaca buku, mendengarkan musik dengan nada lembut atau klasik pun bisa Anda coba untuk memberikan efek mengantuk.

Konsumsi Buah Kiwi

Buah kiwi memiliki kandungan melatonin yang bisa membantu Anda mudah tertidur. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah kiwi satu jam sebelum tidur maksimal empat minggu berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Makan Malam Lebih Awal

Tip mengatasi insomnia yang terakhir adalah mencoba untuk makan malam lebih awal. Cobalah untuk makan malam 3-4 jam supaya tidak ada banyak makanan yang tersisa di dalam perut. Sebab, jika perut Anda penuh dengan makanan apalagi makanan yang berlemak, bisa menyebabkan refluks atau naiknya asam lambung yang menganggu tidur.

Comments are closed.