Mengenal BPJS PCare dan Fungsinya

Health

BPJS PCare hadir sebagai media bagi para peserta untuk mendapatkan informasi secara lengkap. Tentu, kehadiran aplikasi ini sangatlah memudahkan peserta.

Sebagai warga negara Indonesia, tentu kita diberikan jaminan kesehatan yang bernama BPJS Kesehatan. Kartu satu ini pasti dimiliki oleh setiap warga negara dengan tingkatan serta iuran bulanan yang berbeda. Sebagai pengguna BPJS Kesehatan, tentu kita ingin mendapatkan informasi secara mendalam seputar jaminan kesehatan ini. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya BPJS PCare. BPJS Primary Care adalah sebuah aplikasi berbasis website yang disediakan untuk fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Mengingat terbatasnya sistem teknologi pada FKTP, layanan ini diciptakan untuk meningkatkan pelayanan oleh faskes tersebut. Aplikasi ini pertama kali diperkenalkan pada 2014 dan terus diperbarui fungsi dan kegunaannya. Fungsi pada aplikasi ini telah disesuaikan dengan kebutuhan akses data puskesmas. Aplikasi ini berisi sistem informasi untuk pelayanan pasien, di mana faskes primer (puskesmas) dapat langsung mengakses data ke server BPJS. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pendaftaran, penegakan diagnosa, terapi pengobatan, serta pelayanan laboratorium. Untuk dapat mengakses aplikasi ini, Anda harus memiliki koneksi internet dengan minimal kecepatan 512 kbps. Kemudian Anda dapat mengunjungi alamat subdomain: https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id. Selain melalui komputer, aplikasi ini juga dapat diakses melalui aplikasi di Google Play Store untuk pengguna Android. Anda disarankan untuk mengunduh aplikasi ke smartphone. Aplikasi ini tidak untuk umum, yang berarti tidak semua user dapat mengakses layanan tersebut. Pihak yang mendapatkan izin hanyalah fasilitas kesehatan yang telah secara resmi mendaftar ke BPJS dan telah diberikan akses user dan password untuk mengakses aplikasi tersebut.

Baca juga: Apakah Kartu Indonesia Sehat Sama Seperti BPJS Kesehatan?

Menu yang Ada Pada BPJS PCare

Pada aplikasi BPJS Primary Care, Anda akan menemukan lima menu atau fitur utama, yaitu:

Home

Home adalah halaman depan aplikasi ini. Anda dapat kembali ke halaman awal dengan cepat dengan memilih menu ini.

Entri Data

Pada bagian ‘Entri Data’, akan ada dua pilihan, Pelayanan dan Pendaftaran. Berikut adalah penjelasannya:

Pendaftaran Pasien

Menu ini digunakan untuk layanan pendaftaran pasien dan dilaksanakan oleh petugas pendaftaran. Menu ini digunakan untuk pasien yang berobat untuk pertama kalinya. Pertama-tama, masukkan nomor BPJS pasien. Jika pasien tersebut pernah berobat di faskes tempat Anda bekerja maka identitas pasien akan otomatis muncul setelah Anda memilih tombol ‘Cari’. Identitas yang dapat Anda temukan adalah tanggal kunjungan, status peserta, tanggal lahir, dan jenis kelamin peserta. Anda pun dapat mengetahui dokter yang bertanggung jawab atas pasien tersebut. Selanjutnya, masukkan data-data seperti:

  1. Tanggal pendaftaran.
  2. Jenis perawatan: Rawat inap atau rawat jalan.
  3. Keluhan.
  4. Data pemeriksaan fisik: Kesadaran, tinggi badan (cm), dan berat badan (kg)
  5. Tekanan darah: Sistole dan diastole.
  6. Respiratory rate.
  7. Heart rate.

aplikasi bpjs pcare

Periksa kembali data yang telah dimasukkan agar pasti benar dan pilih tombol ‘Simpan’ untuk menyimpan data dan tombol ‘Batal’ untuk mengulangi pengisian data jika salah. Jika Anda ingin melakukan pengisian data yang baru, Anda dapat memilih opsi ‘Tambah Baru’.

Baca juga: Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Anak

Pelayanan Pasien

Menu ini digunakan untuk mengisi data pelayanan dan terapi yang diterima oleh pasien. Data dimasukkan pada kolom ‘Terapi’ dan ‘Diagnosa’. Menu ini dilaksanakan oleh petugas balai pengobatan atau dokter. Setelah Anda mengisi kolom, ingat untuk memilih tombol ‘Simpan’ untuk menyimpan data yang telah diisi. Di dalam menu ini juga terdapat fitur pembuatan rujukan yang mana data di dalamnya dapat langsung dibaca oleh fasilitas kesehatan rujukan. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pada menu ‘Pelayanan Pasien’, pada bagian status pulang, pilih ‘Rujuk Lanjut’.
  2. Kemudian, pilih Spesialis tujuan rujukan (sesuai dengan kebutuhan pasien) dan klik ‘Cari Faskes Rujukan’
  3. Layar pilihan faskes rujuk lanjut akan muncul. Pada layar ini, akan berisi nama rumah sakit, golongan kelas, alamat, dan jarak rumah sakit, nomor telepon rumah sakit beserta jadwal praktik.

Lihat Data

Fitur tambahan pada menu ini adalah preview data kunjungan, mengetahui jumlah peserta BPJS yang telah terdaftar di satu fasilitas kesehatan primer. Selain itu, Anda pun dapat mengetahui informasi mengenai kegiatan, jenis kunjungan serta jumlah kunjungan hingga daftar 10 penyakit yang sering muncul di fasilitas kesehatan tempat Anda bekerja.

Tools

Menu ini digunakan untuk mengubah password aplikasi BPJS PCare. Selain itu, pada menu ini, Anda dapat memeriksa data tenaga medis tempat Anda bekerja untuk mengolah data tersebut.

Logout

Menu ini digunakan untuk keluar dari laman pekerjaan Anda. Ingatlah untuk selalu memilih menu setelah Anda selesai melakukan pengisian data agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Seberapa Pentingkah Tes Kesehatan Dilakukan?

bpjs primary care

Manfaat Penggunaan

#1 Proses Pendaftaran Pasien yang Praktis dan Mudah

Sebagai petugas pendaftaran, Anda hanya perlu memasukkan nomor kepesertaan BPJS dan seluruh data pasien akan tersimpan di dalam sistem.

#2 Mempercepat Proses Diagnosa

Petugas pelayanan kesehatan akan lebih mudah mengulas kembali riwayat penyakit pasien. Dengan data ini, penanganan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

#3 Data Pasien Telah Terintegrasi

Di semua layanan kesehatan seperti klinik dan puskesmas, data pasien yang terdaftar menggunakan layanan BPJS Primary Care dapat ditemukan. Hal ini akan membantu petugas medis dalam memberikan pengobatan dengan lebih baik.

#4 Sistem Rujukan yang Mudah

Rujukan diperlukan oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tidak dapat menangani penyakit pasien karena kurang lengkapnya pelayanan medis. Rujukan ini dapat dilakukan dengan cepat secara online terutama kepada rumah sakit yang telah bekerja sama. Bagaimana? Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu BPJS PCare dan fungsinya, bukan? Jadi, segala hal terkait BPJS Kesehatan menjadi lebih mudah.

Comments are closed.