Mengenal DASH Diet Lebih Dekat

DASH diet atau Dietary Approaches to Stop Hypertension ediet yang dirancang untuk makan sehat seumur hidup.

Health

DASH Diet merupakan diet yang sedang popular belakangan ini. Apa itu DASH Diet?

Masyarakat urban saat ini, baik laki-laki maupun perempuan, selalu mempermasalahkan berat badan dan apapun yang berhubungan dengan tubuh mereka. Mereka selalu ingin melakukan diet untuk mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional. Terkadang mereka rela mengurangi makan, bahkan tidak makan sama sekali agar diet mereka sukses.

Namun, tahukah Anda bahwa cara diet seperti itu tidak tepat? Alih-alih bukan berat badan Anda yang berkurang, badan makin lemah, dan akhirnya harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Diet yang baik itu bukan tidak makan sama sekali, tapi mengurangi makanan yang mengandung lemak atau karbohidrat. Salah satu diet yang baik menurut The National Heart Lung and Blood Institute serta The American Heart Association adalah DASH diet.

Apa itu DASH Diet?

DASH diet adalah diet yang dirancang untuk makan sehat seumur hidup. Diet ini juga dirancang untuk membantu mengobati atau mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi). DASH diet mengajurkan kita untuk mengurangi sodium dalam makanan yang kita konsumsi dan makan makanan yang banyak mengandung nutrisi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, seperti potassium, kalsium, dan magnesium.

Melalui DASH diet ini, Anda bisa menurunkan beberapa poin tekanan darah Anda hanya dalam waktu dua minggu. Tak hanya menurunkan tekanan darah Anda, DASH diet juga sangat menyehatkan. DASH diet dipercaya dapat mencegah osteoporosis, kanker, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Apa saja yang harus kita konsumsi saat menjalani DASH diet?

Saat Anda menjalani DASH diet ini, Anda harus mengonsumsi gandum, buah-buahan, sayur-sayuran, dan produk olahan susu yang rendah lemak. Selain itu, Anda juga disarankan mengonsumsi ikan, daging unggas, dan polong-polongan. Anda tetap bisa mengonsumsi daging merah, makanan mengandung gula, dan lemak, tapi dalam porsi yang sedikit. Saat menjalani DASH diet ini, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, kolesterol, dan lemak yang berlebihan.

Berikut adalah strategi yang dapat dilakukan untuk memulai DASH diet ini:

Lakukan secara bertahap
Melakukan DASH diet tidak dapat dilakukan secara langsung dan tiba-tiba. Anda harus melakukannya secara bertahap. Contoh, jika saat ini Anda hanya makan satu atau dua porsi buah atau sayuran sehari, cobalah untuk menambahkan porsi saat makan siang dan makan makan malam. Selain itu, mulailah untuk mengonsumsi satu atau dua porsi gandum setiap harinya. Menambahkan konsumsi sayur, buah dan gandum secara bertahap akan mencegah Anda dari kembung dan diare yang mungkin terjadi saat Anda tidak mengonsumsi makanan diet yang banyak mengandung serat.

Hadiahilah diri Anda jika sukses menjalani diet
Mengubah gaya hidup yang sudah melekat lama di diri kita merupakan sebuah proses yang panjang dan membutuhkan usaha yang besar. Jadi, ketika Anda berhasil mengonsumsi makanan yang sehat dan jauh dari kata enak dan nikmat, seperti konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan makanan yang mengandung lemak, hadiahilah diri Anda dengan menonton bioskop atau pun menyewa DVD kesayangan Anda. Namun, jika Anda melakukan kesalahan saat menjalani DASH diet ini, jangan pernah menyalahkan diri Anda karena ini merupakan suatu proses.

Lakukan latihan fisik
Selain mengonsumsi makanan yang bergizi, sebaiknya Anda juga melakukan olahraga untuk melatih fisik Anda. Jadi, badan Anda akan semakin terbentuk dan sehat.

Carilah dukungan dari orang terkasih
Saat Anda mendapatkan masalah atau pun Anda merasa lelah dalam menjalani DASH diet ini, Anda membutuhkan semangat dan dukungan dari orang-orang terdekat. Selain itu, Anda juga bisa meminta dukungan dari dokter atau ahli gizi. Jadi, Anda tidak hanya mendapatkan dukungan tapi juga informasi-informasi saat Anda mendapatkan masalah.

Berat badan yang berlebih dapat menimbulkan banyak penyakit salah satunya diabetes.

CEK DISINI: Berbagai Pilihan Asuransi Kesehatan Terpercaya dari Futuready

Leave a Reply