Menghilangkan Benjolan

Kesehatan akan terwujud dengan menjalankan kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang selaras dengan pola hidup sehat.

Health

Hai Dok,

Saya laki-laki berusia 43 tahun. Kira-kira tiga tahun lamanya saya memiliki benjolan di tangan kiri saya. Sebelumnya benjolan serupa pernah ada di paha saya, tapi hilang dengan sendirinya.Ê Menurut teman saya, benjolan itu adalah timbunan lemak yang tidak akan mengganggu dan bisa juga dihilangkan dengan pembedahan ringan. Menurut dokter, benjolan apakah yang saya derita? Bagaimana cara menghilangkannya? Terima kasih.

Salam,

Tatang Muchlis

Ê

Dear Bpk. Tatang Muchlis,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kesehatan akan terwujud dengan menjalankan kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang selaras dengan pola hidup sehat. Rasa khawatir akan benjolan di tangan kiri AndaÊ menunjukkan tingkat kesadaran Anda tentang pentingnya kesehatan.

Kenali lebih jauh jenis dari ciri-ciri benjolan yang Anda miliki. Berikut adalah jenis-jenis benjolan yang biasa terjadi pada tubuh:

  1. Infeksi. Benjolan akibat infeksi sering kali didahului luka/kerusakan kulit di atasnya, serta biasanya terdapat rasa nyeri, kemerahan, bahkan terdapat nanah. Benjolan biasanya tidak dapat digerakkan. Jenis benjolan ini biasanya akan menghilang sendiri setelah beberapa lama/setelah diberikan antibiotik.
  2. Pembesaran kelenjar getah bening. Biasanya terjadi pada area di mana terdapat kelenjar ini, misalnya belakang telinga, leher, ketiak, dan lipatan paha. Ciri-cirinya yaitu benjolan lunak dan dapat digerakkan. Biasanya hilang sendiri bila disebabkan oleh kondisi infeksi ringan.
  3. Ganglion. Merupakan benjolan yang berisi jaringan saraf, karakteristiknya terjadi pada lipatan/sendi manusia. Ciri-cirinya yaitu tidak ada rasa nyeri, benjolan keras, tidak dapat digerakkan, dan tidak dapat menghilang sendiri.
  4. Tumor jinak kulit. Contohnya lipoma, yaitu tumor jinak yang berisi lemak. Ciri-ciri lipoma yaitu benjolan lunak, tidak ada rasa nyeri/kemerahan, dapat digerakkan. Perkembangan benjolan ini lambat. Lipoma biasanya tidak dapat hilang sendiri.
  5. Tumor ganas kulit. Biasanya disertai dengan bentuk yang tidak teratur, terdapat luka di atasnya, serta teraba keras.

Empat kondisi di atas adalah penyebab paling sering terjadinya benjolan di tubuh. Manakah yang paling mirip dengan kondisi Anda? Lipoma (tumor jinak berisi lemak) pada seseorang memang sering kali terjadi di banyak area tubuh, namun lipoma kecil kemungkinan bisa hilang dengan sendirinya. Bila memang Anda mengalami lipoma, maka benjolan ini tidak mengganggu kesehatan (namun mungkin mengganggu secara kosmetik), dan lipoma membutuhkan pembedahan ringan dengan bius lokal. Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter agar gambaran benjolan dapat diperiksa secara langsung.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Atika

Leave a Reply