Menu Takjil Buka Puasa Favorit Ramadan

Health

Di bawah ini beberapa menu takjil buka puasa yang selalu menghiasi di setiap Ramadan. Apakah salah satunya menu favorit Anda?

Takjil merupakan salah satu bagian dari bulan Ramadan. Setiap umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, pasti mengonsumsi takjil terlebih dahulu baru berburu makanan besar. Takjil adalah makanan ringan atau kudapan yang dipilih untuk membatalkan puasa. Ada banyak sekali pilihan menu takjil buka puasa yang mewarnai setiap bulan Ramadan. Mulai dari makanan yang bersifat manis, asin, gurih, hingga segar.

Berbeda dari kudapan lainnya, ada beberapa makanan takjil yang hanya dihidangkan ketika bulan Ramadan saja. Meskipun ada yang menghidangkannya selain bulan Ramadan, tentu sensasi dan nikmatnya akan berbeda. Oleh karena itu, berikut ini beberapa menu takjil buka puasa yang selalu ada di setiap bulan Ramadan. Apakah salah satunya adalah menu favorit Anda?

Menu Takjil Buka Puasa

Kurma

Kurma menjadi salah satu menu takjil buka puasa yang popular dan wajib ada di sepanjang bulan Ramadan. Tak hanya di Indonesia, kurma juga sangat populer di berbagai negara lainnya di dunia. Pasalnya, kurma menjadi menu buka puasa dan sahur yang disunah rasul sehingga tak heran jika Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis kurma yang beredar di pasaran selama Ramadan.

Kolak Biji Salak

Selain kurma, ada kolak biji salak yang menjadi takjil buka puasa paling banyak dicari di bulan Ramadan. Kolak yang berbahan dasar ubi ini bisa sangat mudah Anda buat di rumah. Jika memang Anda berniat ingin membuat kolak biji salak sebagai salah satu menu takjil, berikut ini bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan-Bahan Membuat Kolak Biji Salak

  • 3 buah ubi kuning.
  • 1/4 kg gula merah.
  • 2 bungkus santan cair.
  • 3 sendok makan tepung kanji.
  • Garam secukupnya.
  • 2 lembar daun pandan.
  • 1 bungkus vanili.
  • 1 sendok tepung maizena.
  • 2 sendok susu kental manis.

Cara Membuat Kolak Biji Salak

  1. Rebus ubi kuning hingga matang, kemudian angkat lalu tiriskan.
  2. Hancurkan ubi kuning menggunakan garpu hingga lembut.
  3. Masukkan tepung kanci kedalam adonan ubi tambahkan vanilli, aduk hingga tercampur rata dan adonan kalis
  4. Bentuk adonan menyeriupai bola-bola kecil kemudian rebus. Jika bola ubi sudah mengambang angkat dan tiriskan
  5. Kuah biji salak: Cara membuatnya, masukkan rebusan gula merah yang telah disaring dan tambahkan daun pandan kemudian masak kembali hingga mendidih. Masukkan sedikit garam dan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air, aduk hingga kuah mengental. Masukkan bola ubi dan masak sebentar lalu angkat dan dinginkan.
  6. Kuah santan: Cara membuatnya, rebus 2 gelas air hingga mendidih, masukkan santan cair sambil diaduk agar santan tidak pecah. Tambahkan daun pandan, susu kental manis secukupnya dan 1 sdt garam lalu angkat.
  7. Biji salak siap disajikan dan yang paling segar bisa ditambah es batu.

Es Cincau

Es cincau menjadi takjil paling populer berikutnya. Cincau adalah sajian sejenis agar-agar yang terbuat dari daun-daunan. Disajikan bersama kuah santan manis dan gula merah cair akan menjadikannya sangat cocok disantap sebagai menu pembatal puasa saat berbuka.

Jika Anda ingin mencoba membuatnya ikuti langkah-langkah berikut dengan menyiapkan bahan-bahan ini terlebih dahulu.

  • 1 potong cincau.
  • 1 butir santan kental.
  • 1/2 kg gula merah.
  • gula putih secukupnya.
  • 1 sdt vanili.
  • es batu secukupnya.

Cara Membuat Es Cincau

  1. Rebus gula merah dan tambahkan gula putih, tunggu hingga mendidih. Matikan api, tambahkan vanili dan saring sisihkan.
  2. Peras santan menggunakan air matang yang sudah direbus, tambahkan garam secukupnya.
  3. Potong-potong cincatu sesuai selera, tata cincau siram dengan kuah gula dan tambahkan santan.
  4. Saat penyajian anda bisa melebihkan air gula dibanding santannya.

Es Cendol

Menu takjil buka puasa berikutnya yang wajib ada di bulan Ramadan adalah es cendol. Rasanya yang manis dan segar, menjadikan takjil ini sebagai sajian idola saat berbuka puasa.

Kolang-kaling

Hampir semua masyarakat Indonesia sangat mengenal kolang-kaling. Tidak hanya mengenal, sebagian besar dari mereka pasti pernah menjadikannya sebagai bahan utama untuk membuat takjil berbuka puasa di rumah. Kolang-kaling merupakan makanan yang terbuat dari biji pohon aren. Biasanya, kolang-kaling disajikan sebagai campuran es buah atau es campur.

Es Pisang Hijau

Berbuka puasa dengan yang manis selalu menjadi favorit ketika memilih jajanan buka puasa. Jika begitu, es pisang hijau menjadi salah satu menu takjil buka puasa yang cukup manis untuk Anda pilih. Minuman khas Makassar ini tentu banyak diincar oleh masyarakat Indonesia. Sebab, bukan hanya rasa manis saja yang Anda dapatkan, bisa jadi Anda juga akan merasa kenyang hanya dengan mengonsumsi makanan ini ketika buka puasa. Sebab, selain ada es, minuman ini juga terdiri dari buah pisang yang dicampur dengan adonan tepung beras dan sagu.

Cilok

Bentuknya yang bulat-bulat, ditusuk seperti sate dan ditaburi bumbu kacang, pasti Anda sudah bisa menebaknya. Menu takjil buka puasa ini bukan hanya digemari oleh anak sekolahan saja, tetapi Anda pun yang sudah dewasa bahkan orangtua menyukai cilok sambal kacang ini. Meskipun sangat sederhana, tetapi jajanan pasar ini banyak diburu ketika menjelang buka puasa, lho. Nah, Anda yang masih bingung ingin buka puasa dengan apa, cilok bisa menjadi pilihan.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Pecel Madiun

Anda mencari menu takjil buka puasa yang mengenyangkan, pecel madiun bisa dipilih loh. Pepaduan dari berbagai jenis sayuran segar yang sudah direbus, lalu disiram bumbu kacang dan tidak terlinggal peyek ataupu gorengan, menjadi menu yang sangat nikmat untuk disantap ketika buka puasa. Kenikmatannya pun bertambah karena makanan ini dibungkus dengan daun pisang.

Setup Jambu Biji

Mungkin untuk sebagain orang masih asing dengan jenis makanan ini, tetapi jika Anda mencari takjil buka puasa di pasar tradisional, pasti akan menemukan makanan yang satu ini. biasanya setup jambu biji ini hanya dijual di pasar-pasar tradisional saja. Jika Anda penasaran bagaimana rasanya, tentu jajanan buka puasa ini bisa menjadi alternatif untuk menu buka puasa nanti. Setup jambu biji bisa dihidangkan panas dan dingin.

Kue Putu Mayang

Takjil buka puasa khas Betawi ini terbuat dari olahan tepung kanji atau tepung beras dan disajikan seperti gulungan mie. Agar lebih nikmat lagi, kue putu mayang biasanya disiram dengan campuran gula merah dan santan. Soal rasa, sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.

 

Comments are closed.