Miliki 2 Hal Ini Agar Tidak Kaget karena Biaya Berobat

Health

Biaya perawatan kesehatan yang mahal sering mengejutkan. Miliki 3 hal ini agar Anda tak mengalami kesulitan.

Biaya berobat sering kali tidak terkira. Misalnya Anda merasa hanya sakit kepala. Tapi setelah dicek dokter, ternyata Anda harus diperiksa ke laboratorium hingga membeli obat yang mahal harganya. Kaget dengan biayanya? Tak heran jika ada sebuah cerita humor yang sering beredar di media sosial. Disebutkan ada orang yang dirawat di rumah sakit. Saat sembuh dan akan pulang dari rumah sakit, ia harus membayar tagihan perawatannya. Tiba-tiba, ia kembali sakit. Penyebabnya, ia kaget melihat besarnya tagihan yang harus dibayarnya.

Meski hanya humor, kisah itu mungkin saja terjadi jika tak ada persiapan biaya sama sekali. Itu sebabnya, sebaiknya Anda punya dua hal ini, agar saat berobat tak merasa berat. Apa saja?

  1. Miliki Dana Kesehatan yang Terpisah Dari Simpanan untuk Kebutuhan Lainnya

Sisihkan tabungan khusus untuk kesehatan. Kenapa disimpan dalam bentuk tabungan? Karena tabungan bisa diambil kapan saja. Agar dananya cukup besar, biasakan disiplin menabung setiap bulan.

  1. Miliki Asuransi Kesehatan

Bagi Anda yang sulit menabung, asuransi kesehatan bisa jadi pilihan tepat. Salah satunya, Anda bisa mendaftarkan diri untuk mendapat jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan. Badan yang dibentuk pemerintah ini bertujuan memberikan layanan kesehatan pada semua masyarakat. Sepanjang Anda mengikuti semua prosedur yang ditetapkan, hampir semua masalah kesehatanmu bisa ditanggung BPJS Kesehatan. Kemudian, agar Anda bisa mendapatkan perawatan kesehatan yang makin nyaman dan lengkap, Anda juga bisa menambahkan asuransi kesehatan lain. Beberapa keuntungan yang Anda dapatkan dengan memiliki asuransi kesehatan tambahan biasanya bebas antrian dan bisa langsung ke rumah sakit tanpa mendapat rujukan sebelumnya.

Dengan memiliki beberapa perlindungan tersebut, semoga Anda tak akan terkejut lagi dengan tagihan rumah sakit.

Leave a Reply