Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Health

Menjalan hidup sehat itu sangat mudah dan sederhana. Contohnya, minum air putih setiap hari rupanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak percaya?

Hidup sehat dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Sesederhana minum air putih. Mengonsumsi air putih setiap hari sangat penting bagi kesehatan tubuh dan air adalah komponen utama tubuh karena sekitar 60 persen berat badan kita terdiri dari air.

Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi, yaitu kondisi ketika tidak ada cukup air dalam tubuh untuk melaksanakan fungsi normalnya. Maka, tidak heran jika setiap orang diharuskan untuk mengkonsumsi minimal delapan gelas sehari atau setara 1,5 liter yang berguna untuk mengganti cairan dalam tubuh.

Seseorang dikatakan telah melaksanakan hidup sehat dengan mengonsumsi cukup air putih dalam sehari ketika urinnya jernih atau berwarna kuning pucat, tidak susah buang besar, dan tidak sembelit. Hidup sehat dengan asupan air putih yang cukup pun memberikan Anda berbagai manfaat seperti berikut ini.

Baca juga: 5 Tip Menerapkan Pola Hidup Sehat

Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Memperlancar Sistem Pencernaan dan Buang Air Besar

Salah satu manfaat minum air putih adalah memperlancar saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Cairan dan serat yang cukup merupakan kombinasi sempurna, karena cairan memompa serat dan bertindak seperti sapu untuk menjaga usus berfungsi dengan baik.

Membuang Racun dalam Tubuh

Air membantu ginjal mengangkut racun keluar dari tubuh. Racun utama dalam tubuh adalah blood urea nitrogen, yaitu kotoran larut dalam air yang melewati ginjal untuk dibuang dalam urin. Ginjal melakukan pekerjaan yang menakjubkan dengan membersihkan tubuh dari racun selama asupan cairan memadai.

Melembapkan Kulit

Dehidrasi membuat kulit terlihat lebih kering dan keriput. Ini dapat diatasi dengan hidrasi yang tepat. Tapi jangan berharap manfaat minum air putih juga termasuk menghapus kerutan atau garis-garis halus.

Mengurangi Batu Ginjal

Risiko terkena batu ginjal meningkat jika tidak minum cukup air. Batu ginjal terjadi karena garam dan mineral dalam urin membentuk kristal. Namun batu ginjal cenderung tidak terbentuk jika kita sering minum air, karena air mencairkan garam dan mineral tersebut.

Mencegah Kenaikan Berat Badan

Saat Anda minum air putih di pagi hari ketika perut kosong, Anda akan melepaskan semua racun dan ini akan memperbaiki sistem pencernaan Anda. Anda akan merasa tidak terlalu lapar dan hasrat Anda untuk makan akan berkurang. Hal ini akan mencegah kenaikan berat badan akibat makan berlebih.

Meningkatkan Metabolisme

Minum air putih khususnya pada perut kosong bisa meningkatkan tingkat metabolisme Anda setidaknya 24 persen. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang sedang melakukan diet ketat. Tingkat metabolisme yang meningkat berarti sistem pencernaan yang lebih baik. Anda akan bisa mengikuti rutinitas diet Anda lebih mudah jika pencernaan Anda lebih cepat menyerap nutrisi.

Mencegah Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan disebabkan oleh meningkatnya keasaman di perut. Bagi penderita sakit mag, yang akan dirasakan adalah asam lambung kembali ke kerongkongan Anda. Namun, saat Anda minum air putih dengan perut kosong, asam ini bisa ditekan dan diencerkan sehingga bisa mencegah asam lambung Anda naik.

Baik untuk Pertumbuhan Rambut

Dehidrasi bisa berdampak serius pada pertumbuhan rambut Anda. Minum banyak air memberi nutrisi pada rambut Anda dari dalam hingga luar. Air membentuk hampir seperempat dari berat untai rambut. Asupan air yang tidak mencukupi bisa menyebabkan rambut rapuh dan helai rambut tipis. Anda harus minum lebih banyak air setiap hari, minum air putih dengan perut kosong bisa meningkatkan kualitas rambut Anda sampai tingkat yang lebih tinggi.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Minum air putih pada perut kosong membantu menyeimbangkan sistem limfatik yang menyebabkan peningkatan tingkat imunitas. Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan membuat Anda aman dari berbagai penyakit dan mencegah Anda jatuh sakit.

Baca juga: Jus Buah yang Baik untuk Kesehatan, Mana yang Anda Suka?

Tanda Tubuh Kekurangan Air Putih

Jika di atas telah disebutkan manfaat yang dirasakan jika Anda sering mengkonsumsi air putih, berikut ini beberapa risiko yang akan Anda rasakan jika kekurangan air putih. Dilansir dari berbagai sumber berikut ini ulasannya:

Mulut Terasa Kering

Konsumsi minuman manis hanya akan menghilangkan rasa haus Anda sembari memberikan masalah di kemudian hari. Namun, konsumsi air putih di saat haus justru dapat melumasi selaput lendir di mulut dan tenggorokan. Sehingga hal tersebut dapat menjaga mulut Anda tetap dalam keadaan basah dengan air liur selama tegukan pertama.

Kulit Kering

Semakin Anda kurang konsumsi air, semakin sedikit produksi keringat di tubuh Anda. Hal tersebut akan menyebabkan tubuh Anda mengalami penurunan fungsi dalam membersihkan kelebihan kotoran dan minyak. Padahal, sebagai organ terbesar di tubuh, kulit harus tetap dalam keadaan terhidrasi dengan baik.

Mata Kering

Kurangnya konsumsi air putih dapat menyebabkan saluran air mata Anda mengering, sehingga hal tersebut dapat membuat mata Anda kering dan merah.

Nyeri Sendi

Tidak hanya kulit, namun tulang rawan dan tulang belakang cakram juga membutuhkan asupan air yang banyak. Pasalnya, 80 persen dari tulang rawan dan tulang belakang cakran terdiri dari air. Konsumsi air putih yang cukup dapat menghindari tulang-tulang tersebut saling bergesekan dan dapat membuat Anda dapat bergerak leluasa, seperti berlari, melompat, dll.

Ketika Sakit akan Terasa Lama

Fungsi organ tubuh Anda akan berkurang jika Anda kekurangan konsumsi air putih. Akibatnya, organ tubuh tidak dapat bekerja optimal dalam membuang racun di dalam tubuh yang menyebabkan Anda lebih lama memperoleh kesembuhan.

Baca juga: Manfaat Sarang Semut Bagi Kesehatan

Kelelahan

Ketika Anda kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi), darah Anda menjadi lebih tebal sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk menjaga oksigen dan nutrisi tetap bergerak ke seluruh sistem peredaran darah. Kurangnya darah yang terhidrasi dapat menyebabkan kurangnya oksigen yang dibawa ke seluruh tubuh. Hal tersebut membuat Anda cepat mengantuk dan kelelahan.

Sembelit

Konsumsi air yang kurang dapat membuat sistem pencernaan bekerja tidak optimal. Kurangnya asupan air di dalam usus yang menyebabkan proses penyerapan makanan terganggu.

Jarang Buang Air Kecil

Tanda bahwa Anda kekurangan air putih adalah warna urin Anda kuning gelap. Warna urin yang normal adalah warna kuning cerah. Bahkan, dalam kasus ekstrem, dehidrasi menyebabkan terjadinya infeksi saluran kencing.

Sakit Pada Perut

Air berfungsi sebagai penyangga antara isi asam dari perut dan lapisan lambung. Kurangnya konsumsi air dapat menyebabkan perut Anda sebagian besar tidak terlindungi dan paparan asam konstan, dan dapat dengan mudah menyebabkan luka atau sakit pada perut.

Kulit Keriput

Kurangnya konsumsi air dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya. Karena aliran darah terhambat, kurangnya konsumsi air jangka panjang juga dapat merampas sel-sel kulit Anda dari nutrisi yang mereka perlukan untuk regenerasi kulit. Akibatnya, kurangnya konsumsi air dapat mempercepat pembentukan keriput, garis-garis halus, kulit kendur atau longgar, dan tanda-tanda penuaan.

Gangguan Pernapasan

Dari bagian dalam hidung Anda ke dalam hilir bronkus, seluruh saluran pernapasan bergantung pada lendir untuk menjaga jaringan dalam keadaan lembap dan kenyal untuk mencegah partikel asing keluar dari paru-paru. Kurangnya konsumsi air putih yang cukup dapat menghambat produksi lendir, sehingga dapat menghambat kemampuan sistem pernapasan Anda untuk menangkis alergen seperti debu, serbuk sari, dan ketombe dari hewan peliharaan Anda atau untuk mempertahankan diri terhadap infeksi dari virus dan bakteri.

Memori dan Konsentrasi Terganggu

Hal ini dapat terjadi karena aliran darah yang melambat akibat terjadinya dehidrasi kronis.

Ayo, jangan menunggu lagi nanti, cukupi asupan air minum Anda sekarang juga ya!

Comments are closed.