Pembuatan dan Berbagai Manfaat Minyak Bulus, Penasaran?

Health

Sudah banyak orang tahu mengenai manfaat minyak bulus bagi tubuh, namun sudah tahukah Anda mengenai cara pembuatannya?

Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari alam sekitar, baik flora maupun fauna. Dari sekian banyak fauna yang memberikan banyak manfaat bagi manusia, kura-kura punggung lunak atau yang sering disebut dengan bulus ternyata memiliki lemak yang bisa dijadikan minyak yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Mungkin Anda sudah beberapa kali mendengar tentang minyak bulus ini. Banyak orang yang ingin mendapatkan manfaat minyak bulus terutama kaum wanita. Namun, khasiat minyak bulus tidak hanya untuk wanita saja tetapi juga untuk pria. Berikut beberapa informasi mengenai minyak bulus dari manfaat hingga proses pembuatannya.

Baca juga: Yuk Tengok Keunggulan Minyak Zaitun Bagi Kesehatan!

Tentang Minyak Bulus

Minyak bulus adalah minyak yang terbuat dari bulus atau bidawang. Pengertian dari bulus itu sendiri adalah sejenis kura-kura dengan punggung yang lunak. Di luar negeri, minyak bulus sering disebut turtle oil.

Di Indonesia, minyak bulus didapatkan melauli proses pengolahan tradisional, yaitu dengan memanaskan lemak penyu dan bagian tubuh lainnya di bawah terik matahari sehingga menghasilkan minyak. Minyak bulus umumnya dijual dalam bentuk botolan kecil, meski juga ada beberapa produsen yang menawarkan minyak bulus dalam bentuk suplemen kapsul.

Proses Pembuatan Minyak Bulus

Proses pembuatan minyak bulus tidak semudah yang dibayangkan. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan minyak bulus yang berkualitas baik memerlukan kehati-hatian dan kesabaran selama proses pembuatannya.

Proses pembuatan minyak bulus dimulai dari melelehkan lemak bulus menjadi minyak. Proses pelelahan lemak bulus menjadi minyak dilakukan dengan cara menjemur atau memanaskan lemak bulus di dalam ceret besar hingga menghasilkan minyak.

membuat minyak bulus

Setelah itu, minyak harus dipisahkan lalu dikeringkan. Minyak yang sudah dikeringkan kemudian dikemas. Pada produsen yang modern, proses penghasilan minyak dilakukan dengan menggunakan distilasi uap. Minyak yang telah diekstrak kemudian dimurnikan agar tidak menjadi tengik.

Minyak yang dihasilkan memang memiliki aroma amis. Meskipun begitu, aroma amis ini tidak membuat para konsumen urung untuk menggunakannya dan mendapatkan khasiatnya. Mau tahu apa saja manfaatnya?

Manfaat

Manfaat yang utama terkait dengan kulit dan kecantikan. Hal inilah yang membuat sebagian besar konsumennya berasal dari kaum wanita. Namun, khasiatnya juga bisa untuk para pria.

Minyak ini memiliki berbagai klaim manfaat kesehatan, sebagian besar terkait dengan kondisi kulit. Satu manfaat yang paling dikenal adalah untuk mengencangkan payudara dan suplemen anti-impotensi. Namun demikian, minyak satu ini juga diklaim dapat mengobati berbagai penyakit kulit, menyembuhkan luka bakar, menghilangkan flek hitam dan keriput di wajah, dan menghaluskan tumit kaki yang pecah-pecah.

Dikutip dari Live Strong, sebuah perusahaan farmasi asal Cina, Hainan Life Nourishing Pharmacy Company, melaporkan bahwa minyak ini bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru. Namun, manfaat kardiovaskular ini hanya telah diuji pada tikus lab, bukan manusia.

Selain itu, manfaat lainnya  juga dikaitkan dengan terapi pengobatan untuk anemia aplastik dan penyakit Parkinson, menurut sebuah studi dari Institute for Traditional Medicine. Berikut ini adalah beberapa manfaat untuk pria dan wanita:

Mengencangkan Kulit

Khasiat yang sangat diincar oleh kaum wanita adalah untuk mengencangkan kulit. Minyak ini bermanfaat untuk mengencankan kulit. Hal ini dikarenakan ia memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi sehingga membuat kulit menjadi kencang dan juga sehat.

Mengencangkan Payudara

Manfaat selanjutnya yang juga banyak diincar kaum wanita adalah untuk mengencangkan payudara. Para wanita dengan payudara yang mulai mengendur banyak menggunakan terapi minyak dari hewan bertempurung lunak ini. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak ini di area payudara dan biarkan beberapa menit hingga meresap.

Baca juga: Minyak Kutus Kutus dan Manfaatnya yang Fenomenal

Mengatasi Jerawat

Bagi Anda yang memiliki jerawat, kini Anda tidak perlu khawatir lagi sebab Anda dapat mengatasi jerawat secara alami. Oleskan minyak pada area wajah yang berjerawat secara teratur dan tunggu hingga meresap lalu bilas.

Anti Aging

Banyak para wanita yang memiliki ketergantungan dengan krim anti aging yang banyak beredar. Kini, kaum wanita bisa mendapatkan manfaat minyak sebagai terapi anti aging yang alami.

Sekarang, krim-krim yang beredar banyak yang menawarkan kemampuan anti aging sehingga sangat menarik perhatian wanita. Tetapi, sebaiknya menggunakan bahan-bahan kimia harus mulai diganti dengan bahan yang alami, karena efeknya yang tidak baik bagi tubuh. Aplikasikan minyak ini di bagian wajah yang telah keriput secara teratur. Seiring berjalannya waktu, keriput di wajah akan memudar.

Menghilangkan Bekas Luka

khasiat minyak bulus

Pasca operasi biasanya akan meninggalkan bekas luka yang suit sekali hilang. Nah, agar tubuh kembali terlihat mulus seperti sedia kala kalian bisa nih menggunakan minyak satu ini seperti alternatif penyembuhan. Selain itu, ia juga memiliki khasiat untuk menghilangkan stretch marks pada wanita.

Mengatasi Impoten

Manfaat yang satu ini diperuntukkan bagi kaum pria. Minyak dari hewan bulus bermanfaat untuk mengatasi impoten dengan cara melakukan terapi pijatan menggunakan minyak agar memperbaiki pembuluh darah pada bagian penis.

Impotensi sering dialami oleh pria pada rentang usia 40-70 tahun. Biasanya, penyebab seseorang yang mengalami impotensi adalah yang memiliki gangguan kesehatan berupa penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan lain sebagainya.

Untuk kalian yang memiliki gangguan ini, bisa gunakan minyak sebagai terapi pijatan untuk memperbaiki pembuluh darah pada bagian penis.

Menyembuhkan Rasa Gatal dan Eksim

Selain untuk kecantikan, ia juga bisa mengatasi masalah kulit. Masalah kulit berupa rasa gatal dan eksim bisa diobati dengan penggunaan teratur. Caranya adalah dengan mengoleskan pada bagian kulit yang gatal atau area kulit yang terdapat eksim.

Memperbesar Organ Seksual

Penggunaan minyak ini di Indonesia untuk memperbesar organ seksual telah diketahui secara luas dan mendunia. Manfaatnya bisa untuk memperbesar payudara dan memperbesar penis. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengkombinasikan teknik memijat.

Mengurangi Kadar Minyak pada Muka

manfaat minyak bulus

Salah satu penyebab wajah yang berminyak adalah fluktuasi hormon dihydrotestosterone (DHT) yang memicu kelenjar sebasea memproduksi sebum. Dengan mengoleskan minyak secara teratur setiap malam sebelum tidur dapat mengurangi kadar minyak di wajah. Gunakanlah minyak ini dengan telaten agar wajah terhindar dari minyak berlebih.

Meski penelitian mengenai manfaat minyak ini baru teruji pada hewan tikus belum pada manusia, namun sudah banyak orang yang memakainya. Terlepas dari ada atau tidaknya dampak sesungguhnya pada tubuh, nyatanya sudah banyak pula orang yang membuktikannya. Kini, pilihan kembali pada Anda, apa kah Anda tertarik mencoba minyak satu ini?

Baca juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Comments are closed.