Tampil Makin Seksi dengan Olahraga Muay Thai

Health

Mencoba hal baru dengan olahraga Muay Thai pasti menyenangkan, lho! Terlebih lagi bagi para wanita. Bisa bantu Anda membentuk tubuh ideal.

Melihat semakin maraknya masyarakat Indonesia memilih ilmu bela diri Muay Thai, sebenarnya apa istimewanya jenis ilmu bela diri yang satu ini? Terlebih lagi jika dibandingkan dengan jenis ilmu beladiri lainnya.

Selain dikenal dengan nama Muay Thai, ilmu bela diri ini juga banyak dijuluki dengan Thai Boxing alias seni tinju dari negara Thailand. Dan, ternyata Thai Boxing ini juga bisa dijadikan sebagai kegiatan olahraga yang memiliki manfaat yang cukup besar untuk tubuh. Terlebih lagi bagi para wanita.

Mengenal Teknik Muay Thai

Pada dasarnya, Muay Thai atau Thai Boxing ini memiliki teknik-teknik bela diri yang terdiri dari pukulan, tendangan, sikutan, dan serangan menggunakan dengkul. Kemudian untuk pembentukan tubuh, seringnya dilakukan gerakan putaran tubuh seperti halnya sikutan dan tendangan yang bisa mengencangkan serta membakar lemak yang ada di tubuh.

Oleh sebab itu, bukan sesuatu yang mengejutkan jika kini banyak sekali wanita yang ikut latihan Thai Boxing ini. Terlebih lagi dengan adanya pengaruh yang cukup besar terkait dengan penurunan berat badan.

Latihan Dasar Muay Thai

Ada beberapa latihan dasar sebelum Anda memulai latihan Muay Thai. Awali dengan melakukan pemanasan yang cukup supaya terhindar dari cedera. Dalam hal ini Anda bisa memulainya dengan jogging atau skipping selama 10 hingga 15 menit. Dalam hal ini, jogging dimaksudkan untuk membentuk stamina tubuh serta membuat tulang lebih kuat. Sementara skipping dimaksudkan untuk melatih keseimbangan.

Setelah keduanya Anda lakukan, lanjutkan dengan melakukan gerakan shadow boxing atau gerakan memukul, menendang, dan sebagainya di depan kaca sehingga Anda bisa melihat apakah gerakan yang Anda lakukan sudah benar ataukah belum. Terakhir adalah circuit training yang diberikan oleh trainer sebelum Anda memulai one on one with trainer.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal yang penting sekali untuk selalu diperhatikan sebelum berlatih Muay Thai, di antaranya seperti:

  1. Jangan sekali-kali memulai latihan dengan keadaan perut kosong. Kira-kira 45 atau 60 menit sebelumnya perut sebaiknya diisi.
  2. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai gerakan Thai Boxing.
  3. Perhatikan untuk memilih equipment (hand warp dan glove) yang tepat dan cocok untuk meminimalisir potensi terjadinya cedera.

Manfaat Muay Thai untuk Wanita

Seni bela diri yang berasal dari Thailand ini sejatinya sudah ada sejak 1.000 tahun yang lalu. Awalnya, seni bela diri yang satu ini ternyata lebih identik dengan kekerasan. Namun untuk saat ini, teknik-tekniknya sudah dibut jauh lebih aman untuk dilakukan sebagai olahraga yang bisa menjaga kebugaran tubuh.

Bahkan, seni bela diri yang satu ini kini sudah semakin berkembang dan mulai mengusung teknik bodi shaping yang memiliki manfaat cukup besar untuk menurunkan berat badan. Makanya tidak mengherankan jika banyak sekali wanita di luaran sana yang tertarik untuk mencoba jenis olahraga yang satu ini.

Pada dasarnya olahraga Muay Thai atau Thai Boxing ini menggabungkan teknik bela diri dan latihan otot. Maka dari itu jika dilakukan secara rutin, bentuk tubuh Anda akan menjadi ramping dan kencang.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal lewat Thai Boxing ini, disarankan untuk berlatih minimal dua kali dalam seminggu. Dan ternyata tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja, Thai Boxing juga memberi banyak manfaat lainnya untuk para wanita, seperti:

Stamina Semakin Prima

Pada saat awal-awal latihan, kemungkinan besar Anda akan merasa sangat kelelahan. Wajar saja sebab jenis olahraga ini memang sangat menguras tenaga dan menekankan pada kekuatan tubuh. Tapi jika Anda rutin berlatih, selain stamina tubuh akan terus meningkat, tubuh Anda juga akan lebih kuat.

Melatih Otot Tubuh

Manfaat lain dari olahraga Muay Thai atau Thai Boxing untuk para wanita adalah bisa membuat otot tubuh menjadi semakin kuat. Jadi dalam hal ini tidak hanya membakar kalori serta membuat berat badan menjadi semakin berkurang, namun lebih dari itu, otot-otot yang ada di seluruh tubuh juga akan semakin kuat, termasuk otot pada bagian perut.

Gerakan menonjok, menyikut, hingga menendang dipercaya akan semakin meningkatkan kekuatan otot-otot dan mengencangkan hampir semua otot yang ada di seluruh tubuh Anda.

Pinggul Semakin Seksi

Wanita mana yang tidak ingin memiliki pinggul yang seksi. Dan sebenarnya pinggul seksi itu bisa Anda upayakan, salah satunya adalah dengan rutin latihan olahraga Muay Thai ini.

Pada saat Anda melakukan gerakan menendang dan menyerang menggunakan lutut, secara otomatis bagian pinggul pun akan terlatih, dan pada akhirnya pinggul pun akan lebih fleksibel dan semakin seksi.

Metode Refreshing yang Efektif

Tanpa disadari ternyata berlatih Muay Thai secara rutin bisa menjadi obat stres yang paling mujarab. Sebab dalam hal ini Anda bisa meluapkan semua emosi serta beban pikiran setelah beraktivitas seharian lewat gerakan memukul dan menendang.

Perlindungan Diri

Teknik bela diri yang diajarkan dalam Muay Thai juga bisa Anda gunakan untuk melindungi diri. Refleks serta kewaspadaan diri Anda pun akan semakin meningkat sejalan dengan seringnya berlatih olahraga yang satu ini.

Itulah beberapa manfaat olahraga Muay Thai atau Thai Boxing untuk para wanita. Selalu ingat untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berlatih. Jangan sampai lupa menggunakan pelindung, seperti helm dan sarung tinju untuk menghindari cedera pada saat latihan Muay Thai.  

Comments are closed.