Obat Alami Diare sebagai Langkah Pertolongan Pertama

Health

Jangan sepelekan diare, penyakit ini membuat tubuh kehilangan cairan hingga Anda menjadi lemah. Jadikan obat alami diare ini sebagai langkah pertolongan pertama.

Diare merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Perut sakit dan frekuensi buang air besar yang meningkat membuat Anda harus bolak-balik masuk keluar toilet. Jika Anda terserang penyakit diare, sudahkah Anda memerhatikan makanan atau minuman apa yang Anda konsumsi beberapa waktu terakhir? Penyakit ini dapat terjadi akibat Anda makan sembarangan tanpa memerhatikan kebersihan sumber makanan. Penanganan diare disarankan untuk dilakukan secepatnya sebelum tubuh benar-benar dehidrasi. Berikut beberapa bahan makanan yang bisa dikonsumsi sebagai obat alami diare, paling tidak untuk pertolongan pertama.

obat alami diare

Jahe

Seduh dua sendok jahe yang telah diparut dengan 250ml air panas dan teh. Jahe punya sifat anti-inflamasi untuk memenangkan perut dan melancarkan proses pencernaan.

BACA JUGA: 4 Manfaat Apel untuk Kesehatan Tubuh Anda

obat alami diare

Daun Mint

Jika tak suka dengan rasa pedas jahe, Anda bisa menggantinya dengan menyeduh beberapa lembar daun mint dengan 250ml air panas. Daun mint dapat meredakan kram dan menenangkan otot usus yang iritasi akibat diare.

obat alami diare

Teh Chamomile dan Lemon

Saat sedang sakit tentu teh adalah minuman yang sangat nikmat. Pilih teh chamomile dan tambahkan perasan lemon untuk menenangkan seluruh tubuh yang tegang akibat diare. Chamomile meringankan rasa cemas dan dapat meredakan stres.  Zat flavonoid yang ada dalam teh chamomile pun bisa mengatasi dan mengurangi cairan dalam feses penderita diare.

BACA JUGA: Waspadai 5 Macam Penyakit Akibat Banjir

obat alami diare

Makanan yang Mengandung Probiotik

Bakteri sehat dan bakteri baik yang ada pada makanan probiotik seperti yoghurt bisa melawan bakteri jahat yang ada di dalam tubuh penderita diare.

Leave a Reply