Obat Sakit Gigi dan Indikasinya

Siang Dok,

Saya seorang karyawan swasta yang juga menjadi mahasiswi. Saat ini saya berusia 24 tahun. Saya mau bertanya, pagi ini saya minum obat (obat warung untuk meredakan sakit gigi) karena gusi bengkak akibat tumbuh gigi geraham. Tapi setelah minum obat, tubuh terasa gemetar dan jantung terasa berdetak lebih cepat, tubuh pun terasa lemas. Yang ingin ditanyakan, apakah ini wajar? Apa yang harus dilakukan ketika terjadi hal seperti ini? Karena saya beberapa kali mengalami hal seperti ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Salam,

Intan

Jawaban:

Dear Intan,

Terima kasih untuk pertanyaannya. Keluhan jantung berdetak lebih cepat dan tubuh gemetar biasanya muncul akibat efek samping dari obat. Namun, merujuk dari cerita Anda yang tidak memberikan informasi obat apa yang Anda konsumsi, kami kesulitan untuk menelaah lebih lanjut.

Jika hal ini terjadi, segera hentikan obat yang Anda konsumsi dan berkonsultasilah dengan dokter secara langsung, agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu, hindari penggunaan obat yang sama di masa mendatang.

Untuk menghindari efek samping obat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai pembelian dan penggunaan obat. Berikut di antaranya:

  • Minum obat sesuai aturan yang disarankan oleh dokter.
  • Jangan membeli obat secara bebas di pasaran tanpa pengawasan dari dokter.
  • Baca label dan masa kedaluwarsa obat.
  • Minum obat dengan air putih. Hindari minum obat dengan kopi, teh, alkohol, atau minuman bersoda.
  • Tanyakan dokter jika Anda harus meminum obat jangka panjang, terutama tentang efek samping yang mungkin timbul dan cara mengatasinya.
  • Kenali efek samping obat yang Anda konsumsi, dengan membaca keterangan obat di dalam produk.
  • Jangan minum obat dokter bersamaan dengan obat herbal.

Jika keluhan sakit gigi yang Anda rasakan tidak teratasi, segera lakukan konsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

Anda juga bisa merawat gigi dengan makanan sehat seperti di link berikut ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat
Salam Sehat,

dr. Dyah Novita Anggraini

Leave a Reply