Olahraga yang Cocok dan Baik untuk Orang Lanjut Usia

Health

Olahraga sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Tapi, beda usia, beda pula olahraganya. Selain senam lansia, apa sajakah olahraga yang baik untuk orang yang berusia lanjut?

Mempunyai tubuh yang sehat dan bugar di usia tua pasti jadi idaman setiap orang, tak terkecuali Anda, kan? Menjaga fisik tetap aktif hingga usia tua memiliki banyak manfaat. Mulai dari menjaga kebugaran tubuh hingga daya tahan dari berbagai serangan penyakit. Hal ini dapat diwujudkan dengan berolahraga.

Namun, fisik orang berusia lanjut berbeda dengan mereka yang berusia jauh lebih muda. Oleh karena itu, olahraga yang diterapkan pun berbeda. Yuk, cari tahu jenis olahraga yang cocok untuk usia lanjut!

Baca juga: Apakah Kartu Indonesia Sehat Sama Seperti BPJS Kesehatan?

Berikut Beberapa Jenis Olahraga Untuk Lansia

Senam Lansia

Senam lansia merupakan pilihan olahraga utama untuk orang yang berusia lanjut. Selain mudah dan murah, risiko cedera pun sangatlah kecil. Berbeda dengan senam pada umumnya yang bertempo cepat dan dengan gerakan yang efektif, senam lansia bertempo lebih lambat dan gerakannya berfokus pada kekuatan sendi dan keseimbangan.

Tai Chi

Seiring bertambahnya usia, setiap orang berisiko lebih besar mengalami cedera. Makanya, Tai Chi menjadi pilihan olahraga yang baik untuk orang berusia lanjut. Olahraga satu ini memiliki gerakan lembut yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, dan menjaga postur tubuh. Selain itu, bela diri asal Tiongkok ini juga bermanfaat meningkatkan focus para lansia, relaksasi, dan membantu mengontrol pernapasan mereka. Bagusnya lagi, olahraga satu ini bisa dilakukan di rumah, Anda cukup melihat tutorial Tai Chi bagi pemula yang banyak diunggah di YouTube.

Baca juga: Masa Depan Lebih Sejahtera dengan Asuransi Jiwa

Yoga

Olahraga satu ini merupakan salah satu yang terpopuler dan bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk orang berusia lanjut. Fokus dari olahraga ini adalah keseimbangan, kelenturan, serta pengaturan napas yang baik. Jika rutin dilakukan, bukan tak mungkin kondisi fisik dan mental orang yang berusia lanjut akan sesegar dan sebugar yang berusia muda.

Jogging

Siapa yang tidak mengenal olahraga satu ini. Olahraga ini bisa dibilang yang termudah, tanpa bantuan banyak alat olahraga serta bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Cukup dengan berlari santai di lintasan lari dekat rumah atau bahkan mengelilingi komplek selama kurang lebih 30 menit setiap harinya dapat meningkatkan daya tahan dan kelenturan tubuh serta mempertajam daya ingat.

Berjalan

Mungkin jalan kaki tak tampak seperti olahraga bagi sebagian orang, tapi khususnya bagi orang yang berusia lanjut, hal ini sangatlah baik dan bermanfaat. Berjalan kaki secara rutin dapat menurunkan risiko demensia atau pikun dan berbagai penyakit di usia senja lainnya. Baiknya, berjalanlah 7.000 hingga 8.000 langkah setiap harinya untuk hasil yang optimal.

Renang

Berenang merupakan olahraga yang menarik, menyenangkan, dan memiliki banyak manfaat. Bagi orang berusia lanjut, rutin berenang ampuh dalam melenturkan sendi pada tubuh dan tentunya menurunkan risiko arthitis atau radang sendi. Tak ketinggalan, kesehatan paru-paru pun terjaga karena berenang membantu seseorang bernapas jadi lebih baik.

Itulah jenis olahraga yang baik dan sangat dianjurkan untuk orang berusia lanjut. Mari jadi pribadi yang tetap bercahaya meski usia tak lagi muda.

Comments are closed.