Operasi Caesar

Keluhan konstipasi (sembelit) pasca melahirkan baik itu melalui proses persalinan normal, ataupun secara section caesarea (operasi sesar) memang sering terjadi. Hal ini bisa saja disebabkan karena trauma luka jahitan sehingga anak Anda memiliki rasa takut untuk mendorong atau mengejan saat BAB

Health

Dear Dokter,
Seminggu lalu anak saya melahirkan lewat bedah caesar. Tapi sampai sekarang perutnya masih kembung dan belum bisa buang air besar. Itu kenapa ya, Dok? Apakah ada solusinya? Terima kasih
banyak.

Salam,

Fatma Warni

Ê

Jawaban :

Dear Ibu Fatma Warni,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sebelumnya kami mengucapkan selamat atas kelahiran cucu Anda. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Sangat dipahami bagaimana kesehatan wanita menimbulkan kekhawatiran tersendiri, terlebih pada kondisi pasca melahirkan caesar.

Keluhan konstipasi (sembelit) pasca melahirkan baik itu melalui proses persalinan normal, ataupun secara section caesarea (operasi sesar) memang sering terjadi. Hal ini bisa saja disebabkan karena trauma luka jahitan sehingga anak Anda memiliki rasa takut untuk mendorong atau mengejan saat BAB. Sebenarnya hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Dorongan atau tindakan mengejan saat melakukan BAB tidak akan membuat luka jahitan operasi robek.

Hal lain yang bisaÊ menyebabkanÊ sembelit adalah obat yang dikonsumsi pasca operasi seperti obat anti nyeri. Sebab beberapa obat anti nyeri menyebabkan gangguan BAB.

Berikut hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gangguan sembelit pada kesehatan wanita:

  • Banyak asupan makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah.
  • Banyak minum air putih.
  • Usahakan banyak menggerakkan tubuh, Anda dapat memulainya dengan melakukan kegiatan ringan seperti berjalan kaki.

Jika Anda sudah melakukan tips menjaga kesehatan wanita di atas namun keluhan masih ada, kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter Anda agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh .

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Dyah Novita AnggrainiÊ

Leave a Reply