Halo Dok,

Saya mau tanya seberapa bahayakah jika terjadi pembengkakan pada jantung? Tindakan apa yang harus dilakukan ketika terjadi hal ini? Adakah obat yang dapat menyembuhkan agar kembali normal? Apakah suplemen dari perusahaan yang sering ditawarkan melalui MLM tertentu dapat membantu pemulihan pada pembengkakan jantung?

Terima kasih

Putri

Jawaban:

Dear Putri,

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa pembengkakan jantung dikenal dengan nama pembesaran jantung (cardiomegaly), di mana ukuran jantung membesar melebihi jantung normal. Hal ini bukan merupakan suatu penyakit, namun kondisi dari suatu penyakit. Jantung bengkak timbul akibat respons terhadap kerusakan pada otot jantung.

Seberapa bahaya pembengkakan jantung tergantung dari penyakit yang mendasarinya. Berikut adalah beberapa penyakit yang menyebabkan terjadinya jantung bengkak:

  1. Darah tinggi
    Darah tinggi membuat jantung memompa lebih keras untuk memenuhi aliran darah ke seluruh tubuh. Jika ini berlangsung lama, maka jantung akan memperbesar diri sehingga terlihat membengkak.
  2. Penyakit katup jantung
    Beberapa penyakit yang mengakibatkan kerusakan katup jantung dan menyebabkan jantung membesar adalah demam rematik (suatu penyakit peradangan serius yang dapat secara permanen mempengaruhi struktur dan fungsi jantung), kelainan jantung bawaan sejak lahir, dan endokarditis (suatu kondisi medis yang ditandai dengan adanya infeksi pada lapisan dalam jantung).
  3. Anemia (kurang darah merah)
    Anemia adalah suatu kondisi ketika tidak ada sel-sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup dan memadai untuk jaringan. Hal ini mengakibatkan jantung harus memompa lebih banyak darah untuk menebus kekurangan oksigen dalam darah, sehingga semakin lama jantung menjadi membesar.

Penanganan yang bisa dilakukan tergantung dari penyakit yang mendasarinya, seperti:

  • Jika disebabkan oleh hipertensi, maka harus ditangani terlebih dahulu penyakit hipertensi yang terjadi. Biasanya dokter akan memberikan obat antihipertensi seperti diuretik (obat ini berfungsi untuk menurunkan jumlah natrium dan air dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi beban jantung) dan angiotensin-converting enzyme (obat yang berguna untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kemampuan jantung dalam memompa).
  • Jika disebabkan oleh anemia, harus diatasi terlebih dahulu anemia yang terjadi. Jika kekurangan zat besi atau asam folat, perbaiki asupan zat besi dan asam folat di dalam tubuh dengan mengonsumsi suplemen zat besi dan asam folat.
  • Pada kelainan katup jantung, harus dilakukan tindakan operasi untuk mengatasi gangguan katup yang terjadi.

Selain melakukan penanganan sesuai dengan penyakit yang mendasarinya, diperlukan perubahan gaya hidup agar kesehatan Anda senantiasa terjaga, yakni dengan berolahraga secara rutin, berhenti merokok, membatasi jumlah asupan garam (maksimal satu sendok garam per hari), memonitor tekanan darah secara rutin, menghindari alkohol dan kafein, serta istirahat cukup.

Mengenai suplemen untuk mengatasi pembengkakan jantung, sampai saat ini belum ada jurnal penelitian yang memberikan pendapat bahwa terdapat suplemen dari MLM tertentu yang dapat mengatasi gejala pembengkakan jantung.

Selain hal-hal di atas, Anda juga perlu mengetahui gejala penyakit jantung seperti berikut ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Dyah Novita Anggraini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *