Penanganan Stroke

Paman saya sudah menderita stroke selama 9 tahun. Apakah ada pengobatan yang bisa dilakukan?

Health

Selamat siang Dokter,
Paman saya sudah menderita stroke selama 9 tahun. Ia kaku berbicara, sulit bernafas, kaku saat melangkah, susah menelan, dan air liurnya mengalir sangat banyak. Ia sudah mengonsumsi berbagai obat dan dokter kami coba namun belum berhasil hingga saat ini. Sekarang paman saya sudah semakin parah. Ia hanya bisa berbaring saja. Apakah ada pengobatan yang bisa dilakukan? Terima kasih banyak, Dok.

Salam,
Lenye

Halo Lenye,
Stroke atau serangan otak bisa terjadi akibat sumbatan atau pecahnya pembuluh darah yang mendarahi otak, menyebabkan kerusakan sel-sel otak sehingga kehilangan fungsinya. Berdasarkan letak pembuluh darah otak yang terkena, gejala khas yang umum ditemukan adalah tubuh yang lemah dan bicara pelo yang berlangsung selama lebih dari 24 jam.

Lama tangan dan kaki yang mengalami kelemahan akan membentuk sebuah pola yang umum terlihat pada hampir seluruh penderita stroke (setiap sendi pada lengan dan tangan akan menekuk maksimal dengan cara berjalan yang khas). Pertolongan pertama pada stroke biasanya dengan cara pemberian oksigen dan dipasang infus untuk memasukkan cairan dan zat makanan.

Penelitian terakhir menunjukkan bahwa kelumpuhan dan gejala lainnya bisa dicegah atau dipulihkan jika obat tertentu yang berfungsi menghancurkan bekuan darah (misalnya streptokinase atau plasminogen jaringan) diberikan dalam waktu 3 jam setelah timbulnya stroke. Segera lakukan pemeriksaan untuk menentukan bahwa penyebabnya adalah bekunya darah dan bukan perdarahan, yang tidak bisa diatasi dengan obat penghancur bekuan darah. Untuk mengurangi pembengkakan dan tekanan di dalam otak pada penderita stroke akut, biasanya diberikan manitol atau kortikosteroid.

Penanganan dan pengobatan stroke memang membutuhkan kesabaran dan jangka waktu yang lama. Kami sarankan paman Anda melakukan konsultasi secara stimultan agar dapat mendapatkan terapi optimal.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

Leave a Reply