Pengobatan Alternatif yang Paling Banyak Diminati di Dunia

Health

Di tengah canggihnya dunia medis dan kedokteran, masih banyak orang yang memercayai pengobatan alternatif untuk menyembuhkan penyakitnya.

Sebelum lahirnya dunia medis dan kedokteran, sejatinya ada banyak sekali paham seputar pengobatan alternatif di dunia. Bahkan, setelah dunia medis semakin canggih, nyatanya pengobatan seperti masih banyak dikunjungi orang. Meski tak berlisensi seperti dokter dan rumah sakit, pengobatan ini masih menjadi andalan banyak orang dalam mengobati penyakit yang dideritanya. Penasaran dengan berbagai jenis pengobatan alternatif yang masih eksis hingga saat ini? Berikut adalah daftarnya!

Baca juga: 5 Obat Paling Penting Dalam Sejarah di Dunia

Pengobatan Alternatif yang Banyak Dikunjungi Orang

Acupressure

Teknik ini mirip dengan akunpuntur. Beberapa hal yang menjadi perbedaan adalah teknik ini tidak menggunakan jarum sebagai alat, melainkan hanya menggunakan tangan. Sang praktisi akan mencoba menekan titik penting di tubuh yang membawa energi kehidupan atau chi. Tujuan adalah agar chi yang terhambat tersebut bisa kembali lancar dan memulihkan tubuh.

Bekam

Sebagai terapi alternatif, praktik bekam atau dalam bahasa Arab disebut hijamah makin banyak diminati. Teknik pengambilan darah kotor ini bisa mengatasi berbagai gangguan kesehatan, terutama kolesterol dan darah tinggi. Bekam dibedakan menjadi bekam kering dan bekam basah. Pada bekam basah, darah kotor dikeluarkan dari pembuluh arteri, karena ada bagian yang disayat, maka harus dilakukan oleh orang yang terlatih. Sedangkan bekam kering hanya berupa penyedotan untuk mengatasi keluhan ringan seperti masuk angin, bisa dilakukan oleh siapa saja.

Akupuntur

Sebuah prosedur untuk menstimulasi titik spesifik di tubuh. Akunpuntur di zaman modern tak hanya ditusuk aja, melainkan juga dialiri listrik. Walaupun populer, teknik ini cukup kontroversial. Tanpa adanya teknik yang benar, dapat menyebabkan gangguan pada tubuh. Beberapa studi menunjukkan akunpuntur dapat mengurangi rasa sakit dan depresi, namun buktinya masih diperdebatkan.

Ceragem

Terapi ceragem adalah terapi yang menggunakan batu giok Korea dengan teknologi infra merah. Pancaran sinar infra merahnya bisa menembus dalam tubuh hingga 14 cm di titik-titik tertentu sehingga badan terasa hangat. Batu giok yang sudah panas nantinya akan berpindah ke bagian tubuh lain yang belum panas. Inilah yang membuat peredaran darah pasien menjadi lancar. Pasien jadi lebih nyenyak tidur sehingga punya kualitas tidur yang lebih bagus.

Baca juga: Batu Kesehatan: 5 Jenis Batu Mulia Baik untuk Kesehatan

Aromaterapi

Aromaterapi menggunakan minyak esensial yang diekstrak dari akar, daun, biji, hingga bunga suatu tumbuhan untuk proses penyembuhan. Minyak ini dapat dihirup, dipijatkan, ataupun dioleskan ke mulut. Tiap teknik memiliki tujuan tersendiri, ada yang digunakan untuk peradangan dan infeksi, lainnya hanya untuk relaksasi.

Gurah

Gurah adalah cara pengobatan tradisional untuk mengeluarkan lendir dari dalam tubuh dengan menggunakan ramuan herbal. Dalam tradisi warga Imogiri, Daerah Istimewa Yogyakarta, gurah dilakukan dengan meneteskan ekstrak daun Srigunggu (Clerodendron Serratum) ke mulut atau lubang hidung, yang dilakukan para sinden untuk menjaga kualitas suara. Dalam perkembangannya, herbal yang digunakan tidak melulu daun Srigunggu. Beberapa terapis menggunakan jenis dedaunan lainnya, bahkan bumbu-bumbu dapur seperti cabe dan kunyit.

Pengobatan Ayurvedic

Pengobatan ini datang dari India dan telah digunakan ribuan tahun. Ayurveda menggunakan berbagai teknik, seperti herba, pijat, dan diet khusus. Pengobatan ayurvedic digunakan untuk menyeimbangkan kembali tubuh, pikiran, dan spiritual.

Balneotherapy

Juga bisa disebut hydrotherapy. Balneotherapy menggunakan medium air untuk terapi dengan konsep bahwa air menyehatkan kulit dan memungkinkan penyembuhan untuk rasa sakit, kecemasan, dan pembengkakan. Penggunaan materialnya bisa mulai dari lumpur serta air biasa. Laiknya pengobatan alternatif lainnya, belum ada yang benar-benar bisa membuktikan terapi ini baik bagi tubuh, namun dipercaya balneotherapy dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Hipnoterapi

Hipnotis umumnya digunakan untuk tujuan kuratif, terutama dalam kasus kecanduan, di mana seseorang tidak dapat berhenti bahkan setelah mencoba berbagai metode. Selain itu ada juga manfaat lain, seperti hipnotis berat badan, menyembuhkan masalah memori, insomnia, kesedihan, gangguan obsesi kompulsif, gagap, kepercayaan diri, rasa malu, proses persalinan, masalah kulit, berbicara di depan umum, kecemasan, rasa sakit, gangguan kebiasaan, dan lainnya. Hipnotis seperti ini dikenal dengan hipnoterapi.

Chiropractic

Chiropractic sudah dikenal masyarakat umum zaman sekarang dan lebih bisa dipercaya ketimbang pengobatan alternatif lainnya. Praktik ini difokuskan pada pembenaran tulang punggung sehingga sistem saraf tidak terhambat. Lewat video-video di YouTube, praktik pengobatan ini terbukti mampu menyebmbuhkan rasa sakit di punggung hingga sendi-sendi tubuh yang lain. Prosedur paling umum dinamakan manipulasi tulang belakang.

Naturophaty

Naturophaty percaya bahwa penyembuhan dapat datang secara alami dari alam. Para dokter yang menggunakan praktik ini mempelajari baik pengobatan konvesional maupun alternatif dan mencoba memahami apa yang menjadi penyebab gangguan atau penyakit melalui mental, fisik dan kondisi spiritual sang pasien. Pengobatannya mencampurkan berbagai teknik, mulai memperhatikan nutrisi, perubahan kebiasaan, obat-obatan herbal, hingga akupuntur. Sangat susah untuk menilai teknik manakah yang efektif karena campur-campur tersebut.

Pijat Refleksi

Banyak ditawarkan oleh orang-orang. Pengobatan ini mencoba menekan titik-titik tubuh yang terletak di kaki, kepala hingga telinga. Secara teori, menekan titik-titik tersebut memberikan dampak positif respons terhadap organ dalam serta saraf yang berbeda. Pengobatan ini dapat dilakukan secara sendirian maupun dibantu oleh sang praktisi.

Baca juga: Tangani Penyakit Serius dengan Pengobatan Rawat Jalan

Reiki

Reiki adalah bentuk energi penyembuhan yang hadir di seluruh tubuh. Di terapi ini, sang praktisi akan mentransfer energi ke pasien dengan meletakkan tangannya ke tubuh sang pasien atau paling tidak sedikit jauh dari tubuh. Tujuan dari terapi ini adalah untuk relaksasi, mempercepat pemulihan, mengurangi rasa sakit, dan lain-lainnya.

Homeopati

Homeopati adalah bentuk pengobatan alternatif di mana praktisi kesehatan akan mengobati pasien dengan menggunakan prinsip penyakit dapat disembuhkan dengan bahan alami yang mungkin jadi penyebabnya. Obat homeopati diklaim bekerja bersama dengan sistem kekebalan tubuh dan mempertahankan diri dari serangan penyakit. Artinya homeopati dapat merangsang meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, mempercepat penyembuhan dan mencegah komplikasi tanpa efek samping. Sebenarnya, pengobatan yang berlisensilah yang memiliki keakuratan dan tingkat kesembuhan yang tinggi. Namun, tak ada salahnya jika Anda masih memercayai pengobatan alternatif sebagai pilihan untuk menyembuhkan penyakit yang Anda derita.

Comments are closed.