Pentingnya Periksa Kesehatan Sebelum Menikah yang Harus Dijalani

Health

Jangan hanya persiapan pernikahan yang bersifat materi saja yang dipikirkan, tetapi Anda juga harus mengetahui betapa pentingnya periksa kesehatan sebelum menikah supaya tidak ada penyesalan nantinya.

Sebagai salah satu langkah besar dalam hidup, pernikahan tentunya menjadi hal yang patut untuk dipersiapkan dengan baik. Ada banyak sekali persiapan yang harus dilakukan pasangan sebelum akhirnya benar-benar menghelat pesta pernikahan dan mengarungi bahtera rumah tangga bersama-sama. Persiapan tersebut tak melulu pada hal-hal yang bersifat materi, tetapi juga fisik dan psikis.

Nah, jika Anda dan pasangan sudah memutuskan ingin melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan, selain mempersiapkan keperluan untuk pernikahan yang bersifatnya materi, seputar kesehatan calon pengantin juga harus diperhatikan. Meski hingga kini masih ada pasangan yang memandang periksa kesehatan sebelum menikah sebagai sesuatu yang tidak perlu, faktanya pemeriksaan kesehatan ini tidak seremeh itu lho!

Ada cukup banyak manfaat yang bisa pasangan dapatkan dengan periksa kesehatan sebelum menikah, antara lain mengetahui tingkat kesuburan dan ada tidaknya penyakit atau gangguan reproduksi lainnya. Oleh karena itu, berikut beberapa tahap yang harus dijalani oleh Anda dan pasangan ketika memeriksakan kesehatan sebelum pernikahan.

Baca Juga: Memilih Asuransi Kesehatan Khusus Wanita

Rangkaian Pemeriksaan Darah

Seperti namanya, tes ini dilakukan untuk mengetahui kesehatan Anda adan pasangan secara umum dengan memeriksakan komponen darah. Gunanya pemeriksaan darah ini untuk mendeteksi kondisi kadar gula, kadar kolesterol, diabetes, anemia, leukimia, dan lainnya. Selain itu, kegunaan pemeriksaan tes ini juga untuk mendeteksi ada atau tidaknya gangguan darah atau penyakit dalam yang bisa menyebabkan kematian anak dalam beberapa jam. Darah penyakit ditanggung meliputi Hemofilia dan Thalasemia. Di sisi lain, menurut ahli, jika Rh-negatif wanita menikah dengan seorang pria Rh-positif, akan ada Rh Ketidaksesuaian dalam anak kedua yang bisa berakibat fatal. Jadi, tes darah sangat perlu dilakukan dalam periksa kesehatan sebelum menikah.

Tes STD

Jika Anda dan pasangan yang memiliki masa lalu kelam, yaitu sering melakukan dan berganti-ganti pasangan saat berhubungan seks, maka tes STD ini sangat penting dan harus Anda lakukan sebagai rangkaian periksa kesehatan sebelum menikah. Tes ini bisa mendeteksi ada atau tidaknya penyakit menular seksual di dalam tubuh krena penyebaran penyakit menular ini melalui kontak seksual dengan dua atau lebih mitra.

Tes Urin

Tes urin termasuk salah satu rangkaian periksa kesehatan sebelum menikah. Tes ini bisa mendeteksi penyakit metabolik atau sistemik serta mendeteksi gangguan ginjal. Melalui tes urin juga, banyak penyakit lain yang bisa dideteksi, misalnya infeksi saluran kemih dan adanya darah, protein, dll yang menunjukkan pada penyakit tertentu.

Periksa Organ Reproduksi

Seperti namanya, pemeriksaan ini ditujukan untuk mengecek kondisi organ reproduksi supaya proses regenerasi bisa berjalan sesuai harapan. Untuk calon pengantin wanita, tes organ reproduksi ini meiliputi USG yang bisa mendeteksi kondisi rahim, salauran telur, dan indung telur. Setelah itu, akan dilanjut dengan HSG (Hysterosalpingogram) untuk mengetahui kondisi tuba fallopi atau buluh rahim, yaitu saluran penghubung anatra ovarium dan rahim. Sedangkan calon mempelai pria, rangkaian tes yang akan dilakukan, yaitu kondisi penis, skrotum, prostat, dan hormone FSH.

Pemeriksaan Kromosom

Pemeriksaan kromosom umumnya dilakukan kepada calon pengantin pria. Pemeriksaan ini meliputi pengecekan kualitas sperma. Kualitas sperma menjadi salah satu item yang wajib dicek karena sperma yang berkualitas buruk akan memengaruhi pembuahan dan bisa berdampak pada kondisi keturunan kelak seperti bayi cacat, keguguran, dan masalah kehamilan lainnya.

Tes TORCH

TORCH merupakan penyakit yang berasal dari Toxoplasma, Rubella, hingga herpes yang bisa menyebabkan infeksi pada kehamilan sehingga berpotensi keguguran, bayi lahir prematur atau kelainan bawaan pada bayi. Banyak hal yang bisa menyebabkan tertularnya virus ini, misalnya dengan memelihara kucing dan lain sebagainya.

Periksa Kesehatan Sebelum Menikah

Nah, sudah tahukan tes-tes apa saja yang harus dijalani dalam periksa kesehatan sebelum menikah. Untuk hal yang satu ini, memang sangat dianjurkan sekali supaya Anda tahu bagaimana kondisi kesehatan diri sendiri dan pasangan. Supaya semakin aman dan nyaman, Anda juga harus memikirkan cara untuk melindungi kesehatan Anda, pasangan, dan juga anak nantinya. Jangan sungkan untuk membeli asuransi kesehatan yang tentunya akan memberikan banyak manfaat. Selain menjadi jaminan biaya kesehatan, asuransi ini juga bisa digunakan sebagai investasi untuk masa tua.

Baca Juga: Cara Terbaik Memilih Asuransi Kesehatan Sejak Usia Muda

Leave a Reply