Penyakit Asam Lambung: Bagaimana Cara Mengatasinya?

Health

Penyakit asam lambung mudah sekali dirasakan oleh siapa pun. Pemicunya pun berasal dari berbagai faktor. Apa saja faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit ini? Lalu apa saja gejalanya?

Penyakit asam lambung merupakan penyakit umum yang disebabkan naiknya asam lambung menuju eofagus atau kerongkongan pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung, serta menimbulkan nyeri pada ulu hati. Penyakit ini bisa juga disebut gastroesophageal reflux disease (GERD) dan kemungkinan dialami oleh siapa pun. Dilansir dari halodoc.com, berikut ini beberapa informasi seputar penyakit asam lambung yang perlu Anda ketahui.

Gejala Penyakit Asam Lambung

Ada beberapa gejala yang bisa menjadi petanda bahwa Anda sedang mengalami penyakit ini. Berikut ini ulasannya:

  1. Rasa terbakar di dada atau nyeri bagian ulu hati.
  2. Kesulitan menelan.
  3. Munculnya rasa asam dan pahit pada kerongkongan dan mulut.
  4. Batuk kering secara terus menerus di malam hari.
  5. Sakit pada bagian dada.
  6. Adanya bau tidak sedap pada napas.
  7. Gigi menjadi rusak.

Umumnya, asam lambung dengan kadar yang ringan akan terjadi satu atau dua kali dalam sebulan dengan tidak memerlukan penanganan medis. Gejala tersebut bisa diatasi dengan cara mengubah pola makan serta membeli obat di apotek. Namun, jika gejala menjadi lebih parah, disarankan untuk langsung temui dokter untuk penanganannya.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Naiknya asam lambung menyebabkan tidak berfungsinya lower esophageal sphincter (LES) yaitu lingkaran otot pada bagian bawah dari esophagus. LES sendiri berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan/minuman turun ke perut. Penyebab penyakit asam lambung ini biasanya terkait dengan hal-hal sebagai berikut ini:

  1. Faktor kelebihan berat badan.
  2. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi.
  3. Terlalu banyak konsumsi kopi, cokelat, minuman keras, dan merokok.
  4. Keadaan hamil dengan cara perubahan hormon.
  5. Banyaknya pikiran atau stres pun bisa membuat LES menjadi tak bekerja dengan baik.

Cara Alami Kurangi Asam Lambung Pada Tubuh

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi asalm lambung agar penyakit ini tidak Anda rasakan.

Jangan Makan Berlebihan

Makan dalam jumlah yang lebih besar dapat memperburuk asam lambung. Salah satu langkah yang akan membantu meminimalkan refluks asam adalah menghindari makan dalam jumlah besar dan banyak. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi makanan sesuai dengan kemampuan dan jangan berlebihan.

Menurunkan Berat Badan

Penurunan berat badan dapat meredakan gejala asam lambung. Nah, mulailah menurunkan berat badan jika Anda mengalami asam lambung.

Diet Rendah Karbohidrat

Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat meredakan gejala asam lambung. Karbohidrat yang tidak tercerna dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan dan tekanan yang meningkat di dalam perut. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab paling umum dari asam lambung.

Memiliki terlalu banyak karbohidrat yang tidak tercerna dalam sistem pencernaan membuat kandungan gas tinggi sehingga Anda akan mengalami kembung. Ini juga cenderung membuat Anda lebih sering bersendawa.

Batasi Asupan Alkohol

Minum alkohol dapat meningkatkan asam lambung menjadi lebih parah. Minumlah banyak air putih, karena selain sehat juga dapat mengurangi asam lambung.

Jangan Terlalu Banyak Minum Kopi Saat Penyakit Asam Lambung

Kafein dapat menjadi penyebab asam lambung. Minum kopi tanpa kafein dapat mengurangi asam lambung dibandingkan dengan kopi biasa.

Hindari Bawang Mentah

Makan makanan yang mengandung bawang mentah akan meningkatkan asam lambung dan bersendawa. Bawang mentah juga bisa mengiritasi lapisan kerongkongan dan menyebabkan mulas.

Batasi Asupan Minuman Berkarbonasi Hindari Penyakit Asam Lambung

Minuman ringan berkarbonasi dikaitkan dengan peningkatan gejala asam lambung. Alasan utamanya adalah gas karbon dioksida dalam minuman berkarbonasi, menyebabkan Anda lebih sering bersendawa. Efek ini dapat meningkatkan jumlah asam yang ke luar ke kerongkongan.

Jangan Terlalu Banyak Minum Jus Jeruk Saat Merasa Penyakit Asam Lambung

Jus jeruk atau jeruk bali memperburuk gejala asam lambung. Jadi jauhi jus ini jika asam lambung sedang naik.

Hindari Mint 

Peppermint dan spearmint adalah herbal umum yang digunakan untuk membumbui makanan, permen, permen karet, obat kumur, dan pasta gigi. Peppermint dan spearmint juga bahan populer dalam teh herbal. Dosis tinggi spearmint dapat memperburuk gejala asam lambung. Jika Anda merasa mint membuat asam lambung naik, maka hindarilah.

Tinggikan Kepala Tempat Tidur Anda

Beberapa orang menderita gejala asam lambung pada malam hari. Ini dapat mengganggu kualitas tidur dan menyulitkan mereka untuk tertidur. Mengangkat kepala tempat tidur adalah strategi yang efektif untuk mengurangi gejala asam lambung dan mulas pada malam hari.

Jika dilihat dari cara-cara alami yang harus Anda lakukan agar asam lambung tidak naik, sebagian di antaranya adalah berasal dari menu makanan. Nah, agar lebih jelas lagi makanan-makanan apa saja yang harus dihindari, berikut ini penjelasannya:

Jenis-Jenis Makanan yang Perlu Dihindari

Terlalu Banyak Daging

Terlalu banyak mengonsumsi daging-dagingan dalam waktu yang lama bisa merangsang produksi asam lambung menjadi berlebihan. Kondisi ini bisa makin parah bila daging diolah dengan bumbu yang tajam. Namun, perlu dicatat bahwa bukan berarti Anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi daging, tetapi jumlahnya yang harus dikurangi agar asam lambung pada tubuh menjadi stabil kembali.

Mi Instan

Mi instan merupakan makanan yang cukup populer dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Namun bagi pengidap mag, sebaiknya lebih berhati-hati karena menurut ahli tidak baik untuk lambung akibat kandungan garam yang tinggi.

Makanan Pedas

Perlu Anda ketahui bahwa makanan pedas dapat mengandung senyawa capsaicin yang bagi beberapa orang sensitif sehingga dapat memicu produksi asam lambung. Oleh sebab itu, penderita mag sebaiknya hindari makanan pedas bila tidak ingin penyakitnya kambuh.

Buah Asam dan Soda

Buah asam seperti jeruk, lemon, atau nanas juga tidak disarankan untuk mereka dengan pengidap sakit mag. Alasannya jelas, karena kandungan asam buah-buah tersebut dapat memperparah asam lambung.

Makanan Tinggi Lemak

Satu lagi makanan yang harus dihindari bagi pengidap mag adalah makanan tinggi lemak, karena dapat mengganggu pencernaan. Soalnya, makanan berlemak dan digoreng akan mengalami pencernaan yang lebih lambat sehingga akan memperpanjang waktu produksi asam dalam lambung untuk membantu mencerna makanan.

Comments are closed.