Waspadai Penyakit GBS!

Health

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Setidaknya itulah yang harus dilakukan jika tidak ingin terserang penyakit. Yang paling ditakutkan adalah terserang penyakit langka yang mungkin tidak pernah terpikir sebelumnya, salah satunya adalah GBS.

Memiliki hidup dengan keadaan sehat tentu menjadi salah satu impian setiap orang. Sehingga, membuat kebanyakan orang berupaya untuk semaksimal mungkin menjaga kesehatan tubuhnya. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang mengabaikan kondisi tubuhnya dikarenakan beberapa faktor penyakit yang muncul dianggap sebagai faktor atau gejala ringan. Termasuk pada penyakit GBS ini. Lalu apakah penyebabnya? Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian di bawah ini.

Apa itu penyakit GBS (Guillain-Barre Syndrome)?

Apa itu penyakit GBS

Penyakit GBS atau yang dikenal juga dengan sebutan Guillain Barre Syndrome merupakan kondisi langka yang disebabkan oleh sistem imun yang menyerang sistem saraf peripheral pada manusia. Sehingga kondisi yang seperti ini membuat saraf meradang dan akhirnya mengakibatkan kelumpuhan atau kelemahan otot jika tidak terobati secepatnya dan sesigapnya.

Pada pembahasan umumnya, penyakit Gini tergolong penyakit yang dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko penyakit. Dan sebaiknya, diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut mengenai pembahasan penyakit yang satu ini

Baca juga: Kenali Gejala Penyakit Kanker Lambung

Apa Saja Tanda dan Gejala Penyakit GBS atau Guillain Barre syndrome?

Gejala penyakit satu ini mungkin pula dapat muncul dengan jangka waktu yang sangat cepat. Termasuk melemahnya tubuh seseorang hingga gatal-gatal sampai ke lengan atau bagian tubuh bagian atas. Selain hal-hal tersebut itu, gejala Guillain Barre syndrome yang perlu Anda ketahui lainnya adalah:

  • Kehilangan refleks tangan dan kaki secara tiba-tiba atau perlahan.
  • Gatal-gatal atau kelemahan pada tangan dan kaki si penderita penyakit.
  • Nyeri otot pada beberapa bagian.
  • Tidak bisa bergerak dengan leluasa seperti biasanya.
  • Tekanan darah rendah dari biasanya.
  • Detak jantung tidak normal atau abnormal.
  • Penglihatan buram bahkan juling atau melihat 2 bayangan dari 1 objek.
  • Bernapas berat tidak seperti biasanya.
  • Sulit menelan ketika sedang makan.

Sebenarnya penyakit jenis ini muncul dari pembengkakan saraf periferal pada manusia. Sehingga, mengakibatkan tidak adanya pesan dari otak dari seseorang itu sendiri untuk melakukan gerakan yang dapat diterima oleh otot yang terserang Karena banyak saraf yang terserang, termasuk saraf sistem imun tubuh dari seseorang, maka sistem kekebalan tubuh kita pun akan terganggu nantinya. Dengan tidak diperintahkan, ia akan mengeluarkan cairan sistem kekebalan tubuh di tempat-tempat yang tidak diinginkan sehingga tentunya sangat mengganggu dan mengakibatkan keresahan bagi yang menderitanya.

Selain itu, terdapat pula beberapa kejadian yang mengharuskan riwayat penyakit yang pernah dialami pengidap maupun keluarga pun akan diperiksa. Sebagai contohnya, diabetes melitus atau diet yang dilakukan oleh seseorang. Semuanya akan diteliti dengan seksama hingga dokter dapat membuat vonis apakah orang tersebut terkena guillain barre syndrome atau mungkin terserang penyakit lainnya.

Sedangkan untuk seseorang yang diduga mengidap penyakit ini biasanya diharuskan melakukan beberapa tes seperti darah lengkap, lumbar puncture, dan EMG atau electromvogram.

Jika Anda mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan seperti di atas, sebaiknya segera diskusikan dengan dokter supaya diberikan saran yang tepat. Anda dapat dan perlu menghubungi dokter jika Anda merasa gatal pada tangan atau kaki dan tampak menyebar sampai ke tempat lainnya pada tubuh Anda. Di samping itu, Anda perlu memberi tahu dokter bila Anda memiliki gejala lain seperti kelemahan otot atau bernapas berat pada saat itu juga sehingga dokter tidak akan salah memprediksi penyakit yang Anda derita.

Penyakit GBS yang mulai keluar gejalanya harus segera Anda obati di rumah sakit karena gejala tersebut akan berkembang dengan serius dalam waktu yang sangat singkat tanpa dapat diprediksi sebelumnya. Apa lagi bahwa keadaan tubuh setiap orang berbeda satu sama lain. Selalu diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik bagi kondisi yang Anda alami dengan mengeluhkan keganjalan yang sedetail-detailnya.

Apa Penyebab GBS atau Guillain Barre Syndrome?

penyebab penyakit GBS

Penyebab penyakit GBS belum diketahui hingga saat ini secara keseluruhannya. Penyakit yang satu ini sering muncul beberapa hari atau minggu setelah infeksi pernapasan atau pencernaan dialami. Terkadang, operasi atau suntikan dapat menyebabkan sindrom yang satu ini pula. Terdapat pula banyak faktor risiko dari penyakit GBS ini, seperti:

  • Pasca operasi atau suntikan yang dilakukan.
  • Faktor usia atau orang lanjut usia lebih berisiko terkena penyakit yang satu ini.
  • Jenis kelamin terutama pria lebih berisiko daripada wanita.
  • Infeksi pernapasan atau pencernaan lainnya seperti gangguan pencernaan, flu, dan radang paru-paru.
  • Adanya infeksi mononuclear.
  • Adanya infeksi HIV/AIDS.
  • Adanya lupus erythematosus.
  • Adanya limfoma Hodgkin.

Perlu Anda perhatikan pula bahwa jika tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak bisa mengalami penyakit ini. Faktor risiko ini hanya sebagai referensi untuk segera diperiksa dan ditindak lanjuti serta perlu bertanya kepada dokter.

Baca juga: Pahami Penyakit Jantung dan Berbagai Gejalanya

Apa Saja Pilihan Pengobatan Penyakit GBS atau Guillain-Barre Syndrome?

Pengobatan dari penyakit Guillain-Barre syndrome terutama ditujukan untuk perlakuan berupa mencegah komplikasi, mengurangi gejala dari penyakit tersebut, dan mempercepat penyembuhannya. Pada tahap awal dari penyakit ini, biasanya dokter menggunakan terapi untuk memisahkan antibodi dari plasma, dan meresepkan immunoglobulin dalam dosis tinggi sebagai salah satu pertolongan pertamanya. Untuk jenis pengobatan lainnya dapat dilakukan dengan obat pengencer darah, menggunakan alat bantu pernapasan, obat pereda rasa sakit dan juga fisioterapi.

Selain itu, Dokter juga mendiagnosis berdasarkan riwayat pengobatan dan pemeriksaan secara klinis. Dokter juga dapat menggunakan beberapa tes untuk mengeliminasi penyakit lainnya. Termasuk pada electromechanical meter atau EMG ini, tabung penusuk lumbar atau mengambil cairan tulang pungguna, tes darah, dan tes pernapasan.

Dan setelah konsultasi terhadap dokter, maka Anda juga dapat memperhatikan gaya hidup supaya membantu mengatasi penyakit GBS ini seperti beberapa perlakuan dalam bentuk terus mengikuti instruksi dokter, jangan menggunakan obat tanpa resep atau berhenti tanpa izin dokter, membuat jadwal pemeriksaan selanjutnya untuk mengontrol perkembangan penyakit serta kondisi kesehatan, dan mengetahui referensi lain untuk Anda bahwa cara pengobatan dalam mengatasi penyakit ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yang akan dibahas di bawah ini.

Cara Pengobatan Penyakit GBS

pengobatan penyakit GBS

Umumnya, pengobatan penyakit GBS ditujukan untuk mencegah komplikasi, mengurangi gejala, dan mempercepat penyembuhan seperti yang telah disebutkan sebelumnya dengan perlakuan sebagai berikut.

Baca  juga: Cari Tahu Lebih Banyak Seputar Penyakit Miom

1.Pengobatan Immunoglobulin

Salah satu pengobatan penyakit GBS yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi obat immunoglobulin dosis tinggi. Pada umumnya, obat ini diinfuskan pada pasien dengan jumlah yang dihitung dari berat badan. Supaya lebih jelas, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat dalam pengobatannya.

2. Pengobatan Plasmapheresis

Pengobatan yang satu ini merupakan sebuah prosedur mengambil cairan darah atau plasma yang kemudian dipisahkan dari sel-sel darah. Jika sudah dipisahkan, sel-sel darah tersebut akan dimasukkan kembali ke dalam tubuh untuk mengganti plasma yang sudah dikeluarkan sebelumnya.

Semoga informasi tersebut dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Comments are closed.