Info Penting Penyakit Herpes dan Pertolongan Jika Terindikasi

Health

Apa itu penyakit herpes? Salah satu penyakit yang bisa dikatakan sangat bandel. Kenapa? Yuk, cari tahu!

Ada alasan tersendiri mengapa penyakit ini bisa dibilang sebagai salah satu penyakit yang sangat bandel. Sebab, penyakit yang satu ini dikenal tidak bisa disembuhkan 100 persen. Jadi dalam kondisi tubuh tertentu, penyakit ini bisa kambuh. Oleh sebab itu, penting sekali Anda untuk paham betul apa penyebabnya, bagaimana cara penanganannya, dan yang terpenting adalah apa langkah pencegahannya.

Pada dasarnya, penyakit herpes ini bisa dikatakan sebagai salah satu jenis penyakit yang cukup sering ditemui. Dan, penyakit ini sering ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung berisi cairan yang berkelompok pada permukaan kulit. Penyakit ini oleh masyarakat umum sering juga disebut dengan penyakit cacar. Kemudian untuk penyebabnya sendiri disebabkan oleh virus VSP.

Untuk lebih jelasnya lagi, di bawah ini akan diulas lebih lengkap lagi terkait dengan jenis herpes, bagaimana cara pertolongan pertama, bagaimana cara pengobatannya jika sudah terlanjur terjangkit penyakit ini, dan bagaimana tindakan pencegahannya.

Jenis dan Macam Penyakit Herpes

Pada dasarnya, ada dua macam penyakit herpes, yakni herpes simplex dan herpes zoster. Meskipun sebenarnya keduanya disebabkan oleh virus VSP, tapi terkait dengan gejala yang ditunjukkan oleh kedua jenis herpes ini tidak sepenuhnya sama.

Penting untuk diperhatikan bahwa terkait dengan gejala penyakit yang satu ini perlu untuk diwaspadai supaya tidak semakin parah. Jika memang seperti itu, penting sekali untuk tahu seperti apa ciri-cirinya.

Jenis Herpes Simplex

Tipe yang ini umumnya ditandai dengan adanya ruam dan luka melepuh pada leher, lengan, serta anggota tubuh lainnya. Kemudian terkait dengan penyebab berdasarkan virus yang menjadi pemicunya adalah HSV-1.

Tipe 1 atau yang lebih dikenal dengan Herpes Simple Virus-1 (HSV-1). Dan, umumnya bagian tubuh yang diserang adalah mulut atau pinggang ke atas. HSV-1 ini pada kenyataannya bisa dikatakan sebagai infeksi kulit yang sangat umum.

Bahayanya, invekesi virus HSV-1 ini bisa diobati, namun tidak bisa sembuh secara permanen. Sebab sewaktu-waktu jika tubuh dalam kondisi lemah, berpotensi akan muncul kembali.

Selain HSV-1 ada juga tipe 2 atau yang dikenal dengan HSV-2 (herpes genital). Umumnya virus ini yang diserang adalah bagian pinggang ke bawah. Dan rata-rata yang diserang adalah bagian kelamin. Itulah kenapa banyak yang menyebutnya herpes genitalis.

Perlu diingat adalah jenis penyakit herpes yang kedua ini cara penularannya tidak lewat udara, melainkan lewat hubungan seks. Itulah kenapa penting sekali untuk tidak melakukan hubungan seks terlebih dahulu pada saat salah satu pasangan Anda terindikasi diserang oleh virus HSV-2 ini.

Jenis Herpes Zoster

Penyabab dari herpes jenis zoster ini bisa dikatakan penyakit infeksi kulit yang sebenarnya merupakan lanjutan dari cacar air atau chickenpox. Sebab virus yang menyerang adalah sama.

Bedanya jenis zoster ini memiliki ciri cacar gelembung yang lebih besar serta berkelompok pada bagian tertentu di badan, bisa di dahi, dada, bahkan punggung. Kemudian terkait dengan proses penularannya bisa lewat pakaian, batuk, dan bersin.

Pertolongan Pertama Penyakit Herpes

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh penderita adalah dengan menjaga gelembung cairan supaya tidak pecah sehingga tidak meninggalkan bekas dan menjadi jalan masuk kuman lain (infeksi sekunder). Kemudian, untuk penderita yang tidak tahan dengan kondisi hawa dingin sebaiknya tidak mandi terlebih dahulu. Sebab dikhawatirkan akan menimbulkan shock.

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan adalah jika Anda merasa sudah terinfeksi penyakit herpes kulit, sebaiknya segeralah untuk pergi ke dokter. Ini menjadi langkah yang sangat penting, karena berkaitan dengan kesehatan diri Anda sendiri dan orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan sesuai dengan gejala yang timbul. Apalagi infeksi akibat virus herpes ini bisa dilihat secara kasat mata dengan cara memperhatikan luka yang diakibatkannya.

Tapi jika dokter menyarankan untuk melakukan prosedur observasi lanjutan, umumnya Anda akan diarahkan untuk melakukan tes anti-bodi dengan cara mengambil sempel darah, atau bisa juga dengan melakukan kultur virus herpes dengan cara mengambil cairan genital atau cairan yang berasal dari luka akibat penyakit ini. 

Pengobatan untuk Penyakit Herpes

Berkaitan dengan obatnya, umumnya akan diberikan jenis obat yang ditujukan untuk mengurangi keluhan gejala seperti demam dan nyeri, misalnya seperti paracetamol. Kemudian selain jenis obat yang bisa mengurangi demam dan nyeri, juga bisa diberikan obat anti-viral yang bisa membuat tubuh melawan gejala inveksi virus ini.

Dalam hal ini, pemberian acyclover tablet seperti halnya desciclovir, valacyclovir, famciclovir, dan penciclovir bisa menjadi anti-viral yang ditujukan untuk mengurangi demam, nyeri, komplikasi serta untuk melindungi penderita penyakit herpes dari ketidakmampuan daya tahan tubuh melawan virus ini.

Dan, sebaiknya pemberian obat acuclovir semacam ini pada saat timbulnya rasa nyeri dan rasa panas membakar kulit. Jadi tidak perlu menunggu munculnya gelembung cairan atau blisters.

Perlu diingat juga jika penyakit ini adalah jenis penyakit yang cukup membandel. Namun bukan berarti tidak bisa ditangani. Meskipun demikian Anda tidak perlu merasa gelisah. Sebab penderita penyakit ini bisa sembuh lebih cepat dengan catatan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Sekali lagi ditekankan jika penyakit jenis ini adalah penyakit yang sangat berkaitan dengan daya tubuh. Oleh sebab itu selalu menjaga kondisi tubuh sangat ditekankan supaya penyakit ini tidak semakin menjadi-jadi.

Tindak Pencegahan Penyakit Herpes

Bagi Anda yang belum pernah terkena penyakit herpes, tentu saja ada upaya pencegahan yang bisa diupayakan supaya imunitas tubuh Anda mampu menangkal infeksi yang diakibatkan oleh virus HSV ini. Lalu bagaimana tindakan pencegahannya?

Dalam hal ini salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendapatkan imunisasi vaksin varisela zoster. Seperti itulah serba-serbi terkait dengan penyakit herpes yang perlu Anda ketahui dan semoga info sederhana ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Comments are closed.