Pahami Penyakit Jantung dan Berbagai Gejalanya

Health

Penyakit jantung ada banyak, tentu semuanya berbahaya dan dapat mengganggu hidup penderitanya. Maka dari itu, butuh perhatian lebih pada organ satu ini.

Sejatinya, setiap organ tubuh harus dalam kondisi prima agar dapat bekerja dengan optimal. Tapi, nyatanya tak semua orang bisa merasakan atau memiliki organ tubuh yang sehat sempurna. Setiap organ tubuh tentu memiliki masalah atau penyakitnya masing-masing. Tapi, jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh yang sangat berisiko terkena berbagai penyakit atau masalah.

Bahkan, meski sudah menerapkan pola dan gaya hidup sehat, bukan berarti jantung kita terhindar dari berbagai masalah. Tak jarang pula orang memiliki penyakit ini yang merupakan bawaan dari lahir. Tentu, jika terjadi masalah, organ satu ini tidak bisa ditangani secara main-main, harus melalui penanganan medis yang baik agar penyakit jantung berkurang dan bahkan sembuh atau hilang.

Nah, agar lebih paham mengenai penyakit tersebut, tak ada ruginya untuk membaca penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

gejala penyakit jantung

Definisi Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan itu sendiri bisa bermacam-macam. Ada gangguan pada pembuluh darah, irama, katup jantung, atau gangguan akibat bawaan lahir.

Jantung adalah otot yang terbagi menjadi empat ruang. Dua ruang terletak di bagian atas, yaitu atrium (serambi) kanan dan kiri. Sedangkan dua ruang lagi terletak di bagian bawah, yaitu ventrikel (bilik) kanan dan kiri. Antara ruang kanan dan kiri dipisahkan oleh dinding otot (septum) yang berfungsi mencegah tercampurnya darah yang kaya oksigen dengan darah yang miskin oksigen.

Fungsi utama dari organ tersebut adalah mengalirkan darah kaya oksigen ke seluruh bagian tubuh. Setelah seluruh organ tubuh menggunakan oksigen dalam darah, darah yang miskin oksigen tersebut kembali ke jantung (atrium kanan), untuk diteruskan ke ventrikel kanan melalui katup trikuspid. Sesudah darah memenuhi ventrikel kanan, katup trikuspid akan menutup guna mencegah darah kembali ke atrium kanan. Kemudian, saat ventrikel kanan berkontraksi, darah miskin oksigen akan keluar dari jantung melalui katup pulmonal dan arteri pulmonal, lalu dibawa ke paru-paru untuk diisi dengan oksigen.

Darah yang telah diperkaya oksigen tadi, kemudian dibawa ke atrium kiri melalui vena pulmonal. Saat atrium kiri berkontraksi, darah akan diteruskan ke ventrikel kiri melalui katup mitral. Setelah ventrikel kiri dipenuhi darah, katup mitral akan menutup untuk mencegah darah kembali ke atrium kiri. Kemudian, ventrikel kiri akan berkontraksi, dan darah akan dialirkan ke seluruh tubuh melalui katup aorta. Siklus peredaran darah tersebut akan terus berulang.

Baca juga: Memahami Asuransi Jiwa Unit Link Secara Mendalam

Gejala Penyakit dan Berbagai Indikasi

Pada dasarnya gejalanya akan bervariasi tergantung pada jenis gangguan kesehatan yang Anda alami. Perlu diketahui bahwa memiliki ciri yang mungkin akan berbeda untuk pria dan wanita. Misalnya, pria lebih mungkin mengalami nyeri dada. Sementara selain mengalami nyeri dada, wanita juga cenderung memiliki gejala lainnya seperti sesak napas, mual, dan sering merasakan kelelahan kronis. Agar lebih jelas, yuk simak gejalanya dari berbagai indikasi di bawah ini:

obat sakit jantung

Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner (PJK) terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah arteri yang disebabkan oleh penumpukkan plak. Akibatnya, aliran darah jadi tidak lancar. PJK menyebabkan otot-otot pada organ tersebut tak berfungsi dengan baik dalam melakukan tugasnya untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Sehingga, ketika otot jantung berhenti memompa maka akan timbul komplikasi, yaitu serangan atau bahkan gagal jantung. PJK adalah jenis gangguan yang paling umum. Beberapa gejala khas dari PJK meliputi:

  1. Nyeri di dada (angina).
  2. Muncul keringat dingin.
  3. Mual.
  4. Sesak napas.

Gejala Aritmia

Aritmia adalah kelainan jantung yang ditandai dengan detak atau ritme yang tidak normal, di mana detak jantung Anda bisa saja terlalu cepat, terlalu pelan, terlalu awal, atau tidak teratur. Ciri penyakit dari organ tubuh tersebut karena aritmia meliputi:

  1. Jantung berdebar-debar.
  2. Detak cepat atau lambat.
  3. Pusing.
  4. Nyeri dada.
  5. Sesak napas.
  6. Berkeringat.
  7. Pingsan (sinkop) atau hampir pingsan.
  8. Palpitasi (detak jantung seperti terlewat, berdebar).

Gejala Cacat Jantung Bawaan

Kelainan jantung kongenital atau cacat bawaan adalah kondisi struktur organ yang tidak sempurna. Ciri jenis ini di antaranya:

  1. Perubahan warna kulit, seperti warna kebiruan atau pucat (sianosis).
  2. Pembengkakan kaki dan perut.
  3. Mudah lelah atau sesak napas sesaat setelah melakukan aktivitas fisik.

Berbagai masalah tersebut pada umumnya akan menghambat aktivitas penderita jantung bawaan, dan dapat muncul pada umur yang bervariasi bahkan dapat juga menetap hingga dewasa.

penyebab penyakit jantung

Baca juga: Cara Mudah Dapatkan Produk Asuransi Jiwa Terbaik dan Murah!

Gejala Infeksi (Endokarditis)

Endokarditis adalah infeksi yang memengaruhi membran bagian dalam yang memisahkan ruang dan katup jantung (endokardium). Kondisi ini termasuk langka dan membutuhkan perawatan intensif. Orang yang memiliki sakit jantung bawaan dan punya riwayat gangguan jantung lainnya berisiko tinggi mengalami kondisi ini, cirinya sebagai berikut:

  1. Demam.
  2. Sesak napas.
  3. Kelelahan.
  4. Pembengkakan di kaki atau perut.
  5. Denyut jantung tidak teratur.
  6. Batuk kering terus menerus.
  7. Muncul ruam kulit atau bintik-bintik kemerahan atau keunguan yang tidak biasa.

Gejala Penyakit Katup Jantung

Jantung memiliki empat katup, yaitu katup aorta, mitral, paru, dan trikuspid. Katup tersebut berfungsi membuka dan menutup aliran darah langsung melalui jantung Anda. Katup-katup tersebut juga dapat rusak karena berbagai penyebab, seperti penyempitan (stenosis), kebocoran (regurgitasi atau insufisiensi), ataupun penutupan yang tidak sempurna (prolaps).

Sebenarnya, ciri penyakit jantung jenis ini akan tergantung pada katup mana yang mengalami gangguan. Meski begitu, secara umum ciri penyakit tersebut untuk jenis ini umumnya meliputi:

  1. Nyeri dada.
  2. Kelelahan.
  3. Sesak napas.
  4. Detak jantung tidak teratur.
  5. Kaki atau pergelangan kaki bengkak.
  6. Pingsan (sinkop).

Jelas terlihat bahwa penyakit jantung tidak hanya satu. Setelah mengetahui berbagai gejalanya di atas, tentu Anda dapat mengatisipasinya dengan pergi ke dokter sebelum kondisinya semakin buruk. Semoga Anda sehat selalu ya!

 

Comments are closed.