Persiapan Lari di Siang Hari Agar Stamina Kuat

Beberapa orang merasa cocok berlari pada pagi hari. Tapi tak sedikit yang mengaku merasa lebih bertenaga bila lari malam hari. Sebagian lagi memilih lari siang hari saat istirahat makan siang, karena inilah waktu yang mereka manfaatkan untuk berolahraga.
 Ê
Namun bila dikaji secara ilmiah, perbedaan pilihan tersebut karena fenomena alami yang disebut ritme sirkadian. Ada fluktuasi kecil dalam performa fungsi tubuh dalam 24 jam. Menurut Dr. Roberto Refinetti, pemimpin redaksi Journal of Circadian Rhythms, setiap fungsi tubuh menunjukkan ritme harian. Jadi secara teori, Anda bisa meningkatkan kemampuan dengan memilih waktu yang tepat untuk mengerjakannya.
 Ê
Dilihat dari sudut dunia lari, banyak faktor vital tubuh yang puncak performa baiknya ada pada waktu yang sama. Contohnya, para ilmuwan menemukan bahwa suhu tubuh paling rendah pada pagi hari, lalu mencapai puncaknya pada tengah hingga sore menjelang malam hari. Para atlet memiliki performa lebih baik ketika suhu tubuh lebih tinggi.
 Ê
PENTING DILAKUKAN: PERKUAT JANTUNG LEWAT LARI
 Ê

Siapkan Ini Saat Lari Siang Hari

Menurut psikolog, Mike Clinton, beberapa orang memilih lari pada siang hari karena tidak mau mengurangi waktu bebas mereka, saat malam hari. Ditambah, lari siang hari bisa membuat mereka makin produktif saat sore.
 Ê
Namun fungsi tubuh menurun di tengah hari, terutama fungsi paru dan temperatur tubuh. Padahal kedua hal tersebut penting untuk lari. Tapi bukan berarti siang hari adalah waktu yang buruk untuk lari. Hanya pastikan Anda melakukan persiapan dengan benar.
 Ê
Tentu saja, yang harus diwaspadai saat lari siang hari adalah panasnya sengatan matahari. Saat lari pada suhu yang panas, Anda meningkatkan suhu batang tubuh Anda. Ini memicu pelepasan darah ke pembuluh darah kapiler kulit untuk menyejukkan. Ini berarti darah dan oksigen yang dialirkan ke pusat tenaga yang menggerakkan Anda jadi berkurang. Akibatnya Anda jadi melambat.
 Ê
Berita buruknya, selain lari menjadi lambat, Anda bisa berada dalam kondisi serius, yang disebut penyakit akibat panas. Namun kabar baiknya, Anda bisa beradaptasi dengan kondisi tersebut begitu Anda tahu cara menangani panasnya.Ê
 Ê
Pilihlah jalur lari yang teduh yang di pinggirnya banyak pohon rimbun. Jangan menggunakan topi yang menutupi puncak kepala, karena Anda kehilangan panas tubuh sebagian besar melalui puncak kepala. Menutupi kepala akan mempercepat peningkatan panas dalam tubuh.
 Ê
Gunakan pakaian lari yang ringan yang memiliki teknologi penyerapan yang baik sehingga Anda tetap merasa sejuk. Bawa juga air dingin ketika lari serta jangan lupa gunakan tabir surya.
 Ê
Jika telah melakukan persiapan tersebut, coba tantang diri untuk mengikuti lomba lari sesuai kemampuan fisik Anda. Jika ingin mencari suasana baru, tidak ada salahnya mengikuti lomba lari di luar kota. Selain mendapatkan pengalaman dan pemandangan baru, Anda bisa sekalian jalan-jalan.Ê
 Ê
MILIKI INI SEBELUM BERPERGIAN: ASURANSI PRODUK PERJALANAN
 Ê

Acara Lari yang Bisa Anda Ikuti Hingga Akhir 2016:

Tanggal Lomba Lari Kategori Tempat Info
9 Oktober 2016 Herbalife Run 2016 5K, 10K, Half Marathon BSD City, Banten http://goo.gl/gaZpz0
9 Oktober 2016 Banyuwangi International Run 5K, 10K Banyuwangi, Jawa Timur https://goo.gl/H1a2Dt
9 Oktober 2016 Paskhas 10K 10K Pekanbaru, Kepulauan Riau http://goo.gl/6XMvaV
16 Oktober 2016 Utopia Run 4.7K Bogor, Jawa Barat http://goo.gl/CMr9dL
23 Oktober 2016 Jakarta Marathon 5K, 10K, Kids Run, Half Marathon, Marathon Jakarta, DKI Jakarta http://goo.gl/3GTQ6f
30 Oktober 2016 Kelud Volcano Road Run 10K Kediri, Jawa Timur https://goo.gl/H9WDV4
6 November 2016 Hello Kitty Run 5K Tangerang Selatan, Banten http://goo.gl/qv9b6c
13 November 2016 Nusa Dua 10K 5K, 10K, Kids Run Denpasar, bali https://goo.gl/H61bhU
20 November 2016 Borobudur International Marathon 21K, 42K, Half Marathon, Kids Run, Trail Running, Ultra Marathon, Ultra Run Magelang, Jawa Tengah http://goo.gl/ySbacm
4 Desember 2016 Lombok Marathon 10K, Half Marathon, Marathon Lombok, NTB http://goo.gl/we43CV
11 Desember 2016 Barelang Bridge International Marathon 10K, Half Marathon, Marathon Batam, Kepulauan Riau http://goo.gl/vZBnLs

 Ê

Leave a Reply