Persiapan Liburan Nyaman Saat Musim Hujan

Rencana liburan tidak harus gagal hanya gara-gara hujan, coba lakukan persiapan liburan yang cukup agar liburan lancar saat musim hujan.

Health

Liburan selalu menjadi acara yang ditunggu-tunggu bagi Anda dan keluarga. Namun, saat musim hujan rencana liburan biasanya berantakan karena terganggu oleh derasnya hujan. Itulah pentingnya membuat persiapan liburan di musim hujan agar bisa berjalan dengan nyaman dan lancar.
Ê
Jika bisa memilih, liburan memang lebih asyik jika dilakukan saat musim tidak hujan, selain lebih leluasa memilih tujuan berlibur, Anda pun tak perlu membawa perlengkapan ekstra saat hujan turun. Bahkan beberapa orang juga memilih menunda liburannya sampai cuaca kembali bersahabat. Tenang saja, Anda masih bisa tetap berlibur asal tahu tipsnya.
Ê
Ê

1. Sedia Payung dan Jas Hujan

Saat menikmati pemandangan tiba-tiba saja hujan turun. Tidak ada salahnya, melakukan persiapan liburan dengan membawa payung serta jas hujan. Anda tidak mau bukan hanya karena hujan Anda terdiam di dalam hotel. Lagipula berjalan-jalan dalam hujan ketika liburan punya daya tariknya sendiri. Tapi kalau hujan yang turun terlalu deras hingga diikuti angin besar, lebih baik berteduh dahulu sebelum melanjutkan perjalanan.
Ê

2. Persiapkan Obat-Obatan

Musim hujan biasanya rawan penyakit. Bagi beberapa orang, kena air hujan sedikit saja dapat membuat mereka pusing, demam, atau terkena flu. Akibatnya, sepanjang waktu liburan hanya bisa tidur di kamar hotel. Maka itu, selalu bawa obat-obatan pribadi agar penyakit Anda cepat sembuh. Selain obat-obatan, bawa juga beberapa minyak kayu putih yang menjaga tubuh tetap hangat.
Ê

3. Bawaan Ringkas dan MencukupiÊ

Usahakan membawa koper atau tas yang ringkas. Bawa pakaian yang melindungi Anda dari cuaca dingin musim hujan seperti jaket atau sweater. Jangan membawa pakaian atau barang yang tidak perlu, seperti membawa bikini saat berlibur di musim hujan. Barang tersebut tidak akan terpakai dan hanya memakan ruang koper Anda.Ê
Ê
Tapi juga jangan membawa baju yang terlalu sedikit, baju harus mencukupi jika suatu saat Anda harus berganti baju karena kehujanan. Risiko barang bawaan basah juga bisa dicegah dengan menggunakan penutup tas anti air yang banyak dijual di toko peralatan outdoor.
Ê

4. Pantau Ramalan Cuaca

Jangan malas untuk membaca atau mendengarkan ramalan cuaca setiap harinya. Dengan memantau ramalan cuaca, Anda dapat menentukan aktivitas yang akan dilakukan saat berlibur. Salah satu situs yang bisa Anda cek untuk memantau cuaca adalah www.bmkg.go.id. Selain itu, saat ini juga banyak aplikasi ponsel seperti WeatherPro atau AccuWeather.
Ê

5. Memilih Wisata Indoor

Berlibur tidak harus di wilayah outdoor atau wilayah terbuka. Saat musim hujan pilih tempat wisata yang ada di dalam ruangan, seperti museum atau aquarium dalam ruangan. Selain terlindung dari hujan, tempat-tempat ini juga menarik untuk dikunjungi.Ê
Ê
Misalnya saja museum, dalam museum tak hanya berlibur tapi Anda juga bisa mendapatkan informasi. Bukan hanya museum, saat ini juga banyak tempat bermain lain seperti wahana permainan indoor yang membuat Anda bisa menaiki rollercoaster di dalam ruangan.
Ê

Leave a Reply