Persiapan Ramadhan Agar Tetap Sehat dan Cemerlang

Health

Puasa selama sebulan penuh bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, kita perlu menerapkan persiapan Ramadhan terlebih dulu.

Tak terasa, sebentar lagi seluruh umat Islam di dunia akan menyambut bulan spesial, yakni bulan Ramadhan. Di bulan tersebut, seluruh umat Islam diwajibkan untuk berpuasa setiap hari selama sebulan penuh dari subuh hingga petang. Sadar atau tidak, hal tersebut akan menguras stamina dan pikiran, terlebih bagi Anda yang memiliki aktivitas tinggi atau pekerjaan. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita semua melakukan persiapan Ramadhan agar selama sebulan tersebut aktivitas kita tidak terganggu karena beribadah puasa. Nah, mari kita lihat satu per satu persiapan Ramadhan yang perlu kita lakukan di bawah ini!

Baca juga: Tak Hanya Lapar dan Haus, Inilah Hikmah Puasa Sebenarnya!

Persiapan Ramadhan Agar Tetap Sehat dan Bugar

Kurangi Begadang

Buat Anda yang masih suka bawa pulang atau menunda pekerjaan, atau mungkin hobi nonton drama Korea sampai larut malam, lebih baik mulai Anda kurangi. Mulai sekarang atur kembali pola tidur supaya lebih benar. Anda harus mulai bangun dini hari untuk persiapan dan melakukan makan sahur.

Kurangi Konsumsi Camilan

Terbiasa untuk memanjakan perut dan lidah di luar jam makan? Ini dia langkah yang juga harus mulai Anda kurangi saat ini juga. Kebiasaan ngemil–apalagi cokelat–memang secara tidak langsung bakal menstimulasi otak sehingga membuat perasaan lebih happy. Jadi, daripada besok puasa Anda terganggu karena terbayang camilan manis di siang dan sore hari, lebih baik biasakan dari sekarang.

Perbanyak Buah dan Serat

Salah satu kunci metabolisme tubuh yang baik adalah buah dan sayuran. Nah, buat Anda yang masih malas makan asupan penting ini, biasakan lebih rutin mengonsumsi dari sekarang yuk. Atau kalau perlu, ikut diet lewat katering agar pola makan lebih teratur. Tentunya saat puasa, tubuh Anda lebih fit dan metabolisme tubuh juga lancar alias tidak sembelit.

Ubah Jadwal Olahraga

Kalau sehari-hari Anda terbiasa berolahraga siang atau sore hari, tentunya saat puasa perlu sedikit penyesuaian. Mungkin bisa Anda ubah jadwalnya dari sekarang, biar nantinya tubuh tidak kaget. Berolahragalah di pagi hari setelah subuh, atau di malam hari seperti kelas indoor cycling. Pastinya, jangan lupa pakai pakaian dan perlengkapan olahraga yang nyaman ya!

Baca juga: Daftar Menu Buka Puasa yang Menyehatkan!

Minum Vitamin

Musim pancaroba gini, lebih baik proteksi dini daripada kena penyakit. Apalagi kalau Anda masih ragu apakah asupan makan sehari-hari sudah tergolong tepat atau belum. Jadi penting untuk konsumsi multivitamin dengan asupan vitamin C buat daya tahan tubuh, vitamin D untuk kesehatan tulang, serta vitamin E buat kesehatan kulit dan antioksidan. Ibadah puasa lancar, badan juga tetap sehat.

Cicil Pekerjaan dan Kebutuhan

Kalau sudah bulan puasa dan menjelang Lebaran, pasti ada saja hal-hal yang mendadak perlu Anda lakukan. Nah, tidak ada salahnya Anda cicil dari sekarang, supaya saat beribadah sebulan nanti jadwal Anda tidak terlampau padat. Misalnya, belanja kebutuhan pangan yang bisa disimpan, hunting parsel buat antaran, sampai ganti suasana interior buat menyambut tamu-tamu yang bersilaturahmi.

Ganti Penampilan

Pasti setuju kalau penampilan baru, bikin mood juga lebih positif. Nah, setidaknya sebelum berpuasa, tidak ada salahnya Anda memperbarui penampilan. Potong atau ganti gaya rambut misalnya. Atau bahkan Anda sudah memulai untuk menggunakan hijab? Yes, this is the right moment. Orang-orang di sekeliling Anda juga pasti bakal merasa fresh saat melihat Anda.

Perhatikan Waktu dan Pola Makan

Selama Ramadan, Anda hanya makan pada saat berbuka dan sahur. Selebihnya, perut Anda akan kosong selama lebih dari 13 jam. Untuk mulai mengondisikan tubuh, terutama pencernaan seperti Ramadan, Anda bisa melakukan perubahan secara perlahan, misalnya saja dengan memulai waktu sarapan lebih awal. Perhatikan juga asupan makan Anda. Mulai rem nafsu makan Anda karena kebiasaan seperti ini justru akan meningkatkan nafsu makan dan membuat Anda sulit menjalani puasa pada hari-hari awal.

Kurangi Asupan Kafein

Mulailah untuk mengurangi konsumsi kafein, khususnya dari kopi. Biasakan dalam sehari menyiapkan jadwal sarapan, makan siang, dan makan malam. Ingat selama Ramadan nanti, Anda hanya akan mendapati dua waktu makan, yakni saat sahur dan berbuka. Asupan kopi selama bisa menjadi pemicu timbulnya sakit kepala pada hari-hari pertama puasa. Ganti kopi Anda dengan minuman lain seperti air putih.

Baca juga: Trik Mengajak Anak untuk Berpuasa Bersama di Bulan Ramadhan

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Istirahat

Penting Anda catat, selain waktu makan, waktu istirahat malam adalah salah satu hal yang juga akan mengalami perubahan drastis selama puasa. Jika Anda hobi tidur larut dan bangun siang, maka perlahan ubah kebiasaan tersebut. Untuk membantu agar Anda lelap beristirahat pada malam hari, cobalah untuk tidur sambil ditemani musik klasik atau musik instrumen.

Makan Makanan Bergizi

Makan makanan yang bergizi sebenarnya tidak harus dilakukan setiap menjelang puasa saja, melainkan harus kita lakukan setiap hari. Akan tetapi, untuk menyambut bulan puasa maka mengonsumsi makanan bergizi harus lebih diperhatikan. Hal itu sendiri agar fisik kita tetap fit sampai saatnya kita berpuasa nanti. Janganlah konsumsi makanan yang pedas dan berlemak terlalu banyak, karena itu bisa membuat Anda panas dalam dan mengganggu puasa nantinya.

Banyak Minum Air Putih

Saat puasa pastinya tubuh kita juga akan kekurangan air. Air putih sangatlah besar kegunaannya bagi tubuh. Tak hanya bisa menjaga kita agar tak dehidrasi yang menyebabkan kulit jadi kering dan kusam. Dengan konsumsi air putih yang cukup, selain terhindar dari dehidrasi juga bisa membuat penampilan kita lebih oke. Tentu kita semua ingin berpuasa selama sebulan penuh tanpa mengganggu aktivitas dan kesehatan kita. Siap untuk menerapkan persiapan Ramadhan di atas?

Comments are closed.