Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Ringan

Luka bakar bisa dialami oleh siapa saja dan di mana saja. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi luka bakar pada pertolongan pertama.

Health

Tidak semua luka bakar masuk dalam polis asuransi proteksi. Untuk yang sifatnya ringan, pertolongan pertama bisa Anda lakukan di rumah.
Ê
Luka bakar bisa dialami oleh siapa saja dan di mana saja. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara melakukan pertolongan pertama jika ada yang mengalaminya.

Untuk menangami luka bakar, pertama kita perlu mengenali tingkat keparahan luka bakar. Tujuannya untuk menentukan jenis perawatan yang dibutuhkan. Menurut The American Burn Association seperti dipublikasikan oleh freemd.com (2/12/2010), luka bakar dibagi tiga tingkatan, yakni level mayor, sedang, dan minor.

Level mayor adalah luka bakar dengan tingkat luka lebih dari 25% keseluruhan kulit tubuh pada orang dewasa dan lebih dari 20% pada anak-anak. Level sedang besarnya 15-25% pada orang dewasa dan 10-20% pada anak-anak. Sedangkan untuk level ringan besarnya kurang dari 15% pada orang dewasa dan kurang dari 10 % pada anak-anak.

Gejalanya, menurut Dokter Stanley M. Zildo dalam bukunya First Aid, Cara Benar Pertolongan Pertama dan Penanganan Darurat yang diterbitkan Cosmic Books, kulit kemerahan pada bagian yang terbakar, bengkak ringan, nyeri tapi kulit tidak terkoyak karena melepuh.

Berikut tips pertolongan pertama pada luka bakar ringan dari Aditya Wardhana SpBP(K), dokter spesialis bedah plastik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo seperti dikutip dari okezone.com (21/12/2012):

1) Dinginkan luka bakar dengan mengaliri air bersuhu 15 derajat celsius selama kurang lebih 20 menit. Hal ini bermanfaat untuk mendinginkan luka, mengurangi nyeri, dan mengurangi edema atau pembengkakan. Jangan membasuh tubuh dengan air es karena es bisa mengakibatkan pembuluh darah mengerut sehingga akan memperberat derajat luka bakar dan risikonya.

2) Anda dapat mengonsumsi obat-obatan semacam paracetamol atau antiperadangan seperti ibuprofen dan opiods yang berguna mengurangi rasa nyeri.

3) Tutup luka bakar dengan balutan kain kasa untuk mencegah hipotermia, yaitu kondisi tubuh kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin.

Selain tips pertolongan pertama luka bakar di atas ada beberapa hal yang juga perlu Anda perhatikan:

  • Waspadai cedera jalan napas atas, terutama pada anak-anak yang ditandai dengan bengkak di wajah, bulu hidung terbakar, atau sesak. Waspadai luka pada area wajah, mata, telinga, segeralah ke dokter atau rumah sakit.
    Ê
  • Luka bakar merupakan salah satu penyakit yang ditanggung dalam asuransi proteksi kecelakaan pribadi. Jaminan biasanya tergantung dari tingkat luka bakar yang diderita. Pemilik polis asuransi proteksi kecelakaan pribadi juga sebaiknya memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku, yang mana biasanya pemegang asuransi diproteksi tergantung dari tingkat luka bakar yang diderita.
Semoga tips mengatasi luka bakar di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Bagikan info bermanfaat di atas kepada teman lewat fitur jejaring sosial di bawah ini.

Ê

Leave a Reply