Jangan Salah! Ini Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Health

Ternyata tidur bukan aktivitas sembarangan. Pasalnya, ada beberapa posisi tidur yang baik untuk kesehatan yang harus Anda terapkan. Ini macam-macamnya. Yuk, dicoba!

Mungkin, selama ini Anda memiliki posisi tidur favorit, di mana posisi itu bisa membuat Anda mudah tertidur dan sangat pulas. Namun, nyatanya belum tentu posisi tidur tersebut terbaik untuk kesehatan Anda. Misalnya, Anda nyaman dengan kondisi teletang. Tetapi setiap kali bangun tidur, muncul rasa sakit, entah itu sakit kepala, atau punggung. Tentunya itu bukan menjadi posisi tidur yang sesuai untuk Anda. Oleh karena itu, sebaiknya ubah segera. Jika terus menurus memaksakan menggunakan posisi itu dikhawatirkan akan mengalami gangguan kesehatan. Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa posisi tidur yang baik untuk kesehatan dan tentunya harus Anda coba.

Baca juga: Tidak Perlu Panik, Ini Tip Mengatasi Insomnia!

Macam-Macam Posisi Tidur yang Benar

#1 Terlentang, Kedua Lengan Berada di Samping

Pertama, yaitu posisi telentang. Secara umum, posisi ini sangat baik untuk kesehatan tulang belakang dan juga untuk leher Anda. Namun, jika Anda memiliki badan yang gemuk, tentunya posisi ini sangat tidak dianjurkan karena bisa berpotensi menyebabkan sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang tidak bisa dianggap remeh di mana pernapasan sering kali berhenti selama tidur berlangsung. Akibatnya, otak tidak mendapat oksigen yang cukup, serta kualitas tidur pun menjadi buruk. Akhirnya, dapat berakibat pada kondisi tubuh Anda merasa kelelahan ketika bangun keesokan harinya.

#2 Tengkurap

posisi tidur yang tepat

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa dengan tengkurap adalah salah satu pilihan posisi yang sangat dianjurkan untuk memperbaiki pencernaan. Memang ada beberapa orang yang merasa bisa tertidur pulas jika menggunakan posisi ini. Namun, perlu diingat ya, jangan tertidur dengan kondisi seperti ini dengan durasi yang lama, karena bisa berbahaya pada ketegangan leher dan menyebabkan sakit punggung.

#3 Posisi Miring ke Kiri

Posisi tidur miring tentunya sangat baik untuk ibu hamil. Tidur dalam kondisi ini akan meningkatkan sirkulasi darah ibu dan janin dan juga dapat mencegah rahim menekan hati. Namun, Anda juga harus bisa mengatur durasinya agar jangan terlalu lama dalam posisi seperti ini karena bisa menekan pernapasan dan Anda akan merasa sakit pada pagi harinya.

#4 Tidur Miring ke Kanan

Selain miring ke kiri, posisi yang baik untuk kesehatan juga dengan miring ke kanan. Namun, sangat tidak dianjurkan jika Anda yang memiliki penyakit lambung karena bisa memberikan efek perut mulas dan sakit. Jika hanya untuk mengubah posisi agar tidur seimbang, tidak ada salahnya Anda miring ke kanan dengan durasi yang tidak terlalu lama.

#5 Seperti Janin

Bagi orang-orang yang mengalami herniated disc, sebuah kondisi di mana bantalan antara tulang belakang mengalami pergeseran dari tempat semula dan menyebabkan penekanan pada saraf tulang belakang, posisi yang bisa dilakukan adalah menerapkan letak seperti janin.

Kondisi meringkuk seperti janin dapat membawa kelegaan pada malam hari. Berbaring miring dengan lutut terselip di dada mampu mengurangi tekukan tulang belakang dan membantu membuka persendian. Jika Anda punya masalah seperti yang dijelaskan, yuk dicoba!

Baca juga: Kenali Berbagai Jenis dan Gejala Gangguan Kecemasan

#6 Tidur dengan Bantal di Bawah Perut

Posisi dengan meletakan bantal di bawah perut ini bisa sangat dilakukan untuk Anda yang mengalami kesulitan tidur. Pasalnya, dengan meletakkan bantal tipis di bawah perut dan pinggul dapat membantu meningkatkan penyelarasan tulang belakang.

Posisi ini juga dapat dapat bermanfaat bagi penderita hernia atau penyakit degeneratif. Cara tidur yang baik ini bisa dilakukan dengan menempatkan bantal tipis di bawah perut dan pinggul untuk mengangkat bagian tengah. Selain itu, gunakan bantal datar untuk kepala atau pertimbangkan untuk tidur tanpa bantal.

#7 Posisi Bantal di Bawah Lutut

Bagi Anda yang mengalami nyeri punggung dan gemar memilih tertidur telentang tanpa bantal di kepala, sangat dianjurkan dengan menempatkan bantal di bawah lutut. Berbaringlah lurus di kasur, kemudian letakkan bantal di bawah sendi lutut dan tetap jaga agar posisi tulang belakang Anda tetap lurus. Bantal berguna untuk mempertahankan lekukkan di punggung bagian bawah. Posisi ini membuat berat badan akan tersebar merata, sehingga tidak memberatkan pada satu titik saja.

Baca juga: Dampak Stres pada Psikis dan Fisik!

#8 Tertidur dengan Lengan ke Atas

Pilihan kedelapan ini disarankan bagi Anda yang memiliki masalah punggung. Selain itu, posisi ini juga berguna untuk mencegah jerawat dan kerutan pada wajah. Namun, posisi ini berisiko membuat naiknya asam lambung dan membuat seseorang mendengkur. Lengan ke atas juga bisa membuat tekanan pada saraf di bahu.

#9 Menyamping dengan Tangan Lurus

Pilihan ini berguna untuk mencegah naiknya asam lambung. Selain itu, kondisi tulang belakang yang lurus akan membuat Anda terhindar dari sakit leher dan punggung. Bagi Anda yang menderita sleep anea, cara tidur yang baik ini disarankan untuk dicoba.

posisi tidur yang tepat

Mungkin Anda merasa bahwa posisi yang dilakukan ketika tidur setiap hari hanya itu-itu saja. Namun, rupanya ada banyak pilihan di mana masing-masing memiliki manfaatnya tersendiri untuk kesehatan. Nah, jika Anda memiliki masalah kesehatan seperti yang sudah dijelaskan di atas, posisi-posisi ketika tidur tersebut bisa menjadi alternatif terapi yang mungkin membantu mengatasi masalah-masalah kesehatan tersebut. Memang tidak akan langsung menyembuhkan Anda, tapi bila dilakukan secara rutin akan mendatangkan dampak baik untuk tubuh.

Sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Bila perlu melakukan konsultasi dengan dokter pribadi Anda, maka sebaiknya temui dokter dan berkonsultasilah. Agar pilihan yang Anda lakukan tidak menjadi bumerang untuk kesehatan tubuh.

Comments are closed.