Tips Agar Sehat Saat Puasa Ramadhan 2020

Health

Puasa di bulan Ramadhan 2020 ini akan terasa berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan adanya wabah ini. Namun, Anda tetap bisa melakukan banyak kegiatan selama bulan puasa. Mau tahu? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Bulan puasa Ramadhan 2020 sudah di depan mata. Pasti Anda akan merasakan hal yang beda. Mungkin, tidak akan ada kemeriahan seperti di bulan Ramadhan tahun-tahun lalu. Tidak ada ngabuburit hingga sedikitnya orang yang berjualan makanan takjil. Tidak ada juga anak-anak yang berkeliling kompleks untuk membangun warga untuk sahur. Hal tersebut dikarenakan sedang ada wabah virus corona atau Covid-19.

Para ahli kesehatan banyak memberikan himbauan untuk tetap menjaga kesehatan. Karena di saat berpuasa, orang kekurangan asupan nutrisi. Mereka tidak makan dan tidak minum di siang hari. Ini secara alamiah membuat tubuh lemas. Imun tubuh pun menurun. Ini bisa menyebabkan seseorang mudah sekali atau bahkan mudah terinfeksi virus Corona.

Di sisi lain, umat Islam juga bisa terhindar dari segala jenis penyakit, terutama corona atau COVID-19. Jangan lupa lengkapi proteksi diri dan keluarga Anda dengan asuransi kesehatan terbaik dari Futuready yang bisa Anda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Makna Idul Fitri Beserta Hikmah yang Terkandung di Dalamnya

Tetap Sehat Saat Puasa Ramadhan 2020 Di Tengah Corona

Risiko sakit di tengah wabah seperti saat ini sangat tinggi. Apalagi jika Anda berada di daerah yang sudah banyak masyarakatnya berstatus ODP (orang dalam pengawasan), PDP (pasien dalam perawatan), atau bahkan yang sudah positif COVID-19.

Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut ini tipnya.

puasa sehat ramadhan 2020

Beribadah di Dalam Rumah

Seperti anjuran MUI atau Majelis Ulama Indonesia, selama ada wabah virus Covid-19, umat Islam dianjurkan menjalankan ibadah di dalam rumah. Tidak perlu dulu berjamaah di mushola atau di masjid.

Begitu juga ketika puasa Ramadhan 2020 tiba. Jika Anda selalu berjamaah shalat tarawih di mushola atau di masjid dekat rumah, sebaiknya lakukan shalat di rumah. Anda bisa berjamaah dengan anggota keluarga.

Ini penting untuk menjaga kesehatan sekaligus membantu pemerintah menurunkan penyebaran virus Covid-19. Berjamaah di rumah tidak kalah baiknya dibandingkan dengan shalat tarawih berjamaah di masjid. Rasulullah sendiri mencontohkan tarawih di rumah masing-masing. Sangat jarang sekali Rasulullah tarawih secara berjamaah di masjid.

Apalagi sekarang ini sedang dalam masa pandemi virus corona. Mencegah hal yang buruk lebih diutamakan. Hal ini sesuai juga dengan anjuran MUI untuk meniadakan shalat tarawih berjamaah di bulan puasa Ramadhan 2020.

2. Siapkan Stok Bahan Makanan

Ada kemungkinan tidak akan ada tempat di mana pedagang menjual makanan takjil. Apalagi jika Anda berada di sebuah kota yang menerapkan kebijakan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Maka dari itu, satu hari atau dua hari sebelum puasa, ada baiknya Anda beli stok bahan makanan. Anda bisa membeli bahan makanan seperti sayuran, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Selama bulan puasa, mungkin Anda akan lebih banyak masak makanan di rumah. Hal ini jauh lebih baik dan lebih sehat. Anda bisa lebih berhemat dan juga bisa memastikan makanan yang Anda konsumsi dibuat dari bahan-bahan yang sehat serta higienis.

Baca juga: Negara dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

3. Kurangi Karbo

Di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, ruang gerak Anda dibatasi. Anda tidak diperbolehkan keluar rumah jika tidak benar-benar penting. Itu artinya Anda tidak bisa berolahraga. Cara menyiasatinya Anda bisa berolahraga di rumah. Meksipun berbeda dibandingkan berolahraga di luar rumah.

Dikarenakan kurang gerak selama masa pandemi virus COVID-19 ini, ada baiknya Anda kurangi makanan berkarbohidrat. Pasalnya, terlalu banyak karbo yang tidak diimbangi dengan gerakan fisik bisa menyebabkan kenaikan pada berat badan. Selain, tubuh juga mudah sekali lemas, hal ini juga bisa berbahaya jika terus terjadi selama berpuasa.

4. Cari Kegiatan Menyenangkan di Dalam Rumah

Tentu saja jalan-jalan di sore hari dan ngabuburit sambil mencari hidangan takjil. Padahal, itu kegiatan menyenangkan yang sudah menjadi tradisi orang Indonesia di bulan Ramadhan. Namun, Anda bisa ganti dengan kegiatan lain, seperti nonton film bersama keluarga di rumah. Jika Anda punya anak kecil, Anda bisa siapkan seri film Islam yang bisa Anda tonton bersama sang buah hati.

Menjaga kesehatan tubuh tidaklah cukup. Anda juga harus menjaga kesehatan mental. Karena jika mental kurang baik, itu juga berperanguh pada kesehatan tubuh. Tips tersebut di atas diharapkan mampu membuat Anda sekeluarga bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan di tahun 2020 dengan baik.

Menu Makanan untuk Berbuka dan Sahur

buka puasa ramadhan 2020

Apakah Anda salah satu orang yang harus bekerja dari rumah karena wabah virus corona? Sudah bisa dipastikan Anda akan merasakan bosan karena semua kegiatan harus dikerjakan dari rumah. Hal semacam itu pula yang bakal terjadi di bulan puasa Ramadhan 2020. Bosan bisa diusir dengan cara mengatur stress. Namun, supply energi juga penting agar organ tubuh lancar.

Untuk itu, penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan menu berbuka dan juga menu sahur. Ini menu yang Anda konsumsi di malam hari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi di siang hari ketika Anda berpuasa

Baca juga: Menu Takjil Buka Puasa Favorit Ramadan

  • Protein Tinggi

Saat berbuka dan sahur, sebaiknya Anda konsumsi makanan yang berprotein tinggi. Ini penting sekali agar tubuh sehat dan tidak lemas di siang hari. Sayangnya, banyak orang Indonesia yang justru mengkosumsi gorengan di saat berbuka bahkan ketika sahur. Ini jenis makanan yang sangat tidak dianjurkan. Ganti dengan makanan yang berprotein tinggi, seperti bubur kacang hijau untuk menu berbuka, daging untuk menu berbuka dan sahur, dan lain sebagainya.

  • Karbohidrat Kompleks

Karbo memang kurang baik. Apalagi di tengah wabah COVID-19 di mana gerak fisik Anda terbatas. Karbo bisa menumpuk dan menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, ada karbo yang baik, lho. Namanya karbo kompleks seperti kacang polong dan gandum. Karbohidrat kompleks ini memiliki struktur yang rumit sehingga tidak mudah dicerna oleh sistem pencernaan tubuh. Akibatnya, orang yang mengkonsumsi karbohidrat jenis ini akan merasa kenyang lebih lama. Sebaiknya karbohidrat kompleks ini didapatkan ketika sahur. Jadi, selama seharian penuh, tubuh akan tetap fit karena tubuh memiliki cadangan karbo yang lama dicerna.

  • Buah-Buahan

Buah itu mengandung banyak nutrisi dan mineral. Mengkonsumsi buah-buahan di saat berbuka bisa menggantikan nutrisi terutama mineral yang kurang di dalam tubuh. Sementara itu, makan buah di saat sahur akan membuat tubuh memiliki cadangan mineral yang cukup selama satu hari berpuasa.

Hal yang pasti, di bulan Ramadhan tahun ini, Anda harus menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Bulan puasa tahun ini menjadi titik balik Anda sehingga menjadi orang yang menjalankan pola hidup yang sehat.

Comments are closed.