Redakan Stres Dengan Cara Ringan Ini

Health

Jangan sampai Anda terjebak dengan situasi stress yang bisa menganggu aktivitas sehari-hari, dengan cara-cara ringan ini akan membantu Anda meredakan stres

Ketika stres sedang menyerang Anda, pastinya membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Hal ini dapat menganggu kinerja, dan bisa berdampak buruk pada kesehatan. Karena kalau tidak berusaha dihilangkan akan merugikan Anda sendiri.

Redakan stres dengan beberapa cara ringan yang bisa dilakukan saat di kantor dan di sela-sela aktivitas Anda.

Baca Juga: Solusi Kesehatan Anda: 10 Aroma Alami Penghilang Stres

Berikut cara ringan yang bisa Anda lakukan untuk meredakan stres dari berbagai sumber pakar kesehatan.

Berjoget

Menurut pakar meditasi Gabriel Bernstein, redakan stres dengan menggerakan tubuh. Seperti berjoget atau menari misalnya. Putar lagu kesukaan Anda dengan volume yang agak keras lalu gerakan tubuh sesuai dengan iramanya. Lakukan sedikitnya satu menit saja dan hal itu akan membuat tubuh bisa lebih relaks dan kadar stres menurun.

Trik 3 menit

Luangkan waktu Anda tiga menit saja dalam upaya untuk meredakan stres seperti yang dikatakan pakar mediasi Emmy-Lou Knowles. Saat stres menyerang yang diperlukan adalah ruang sementara. Jadi yang perlu dilakukan adalah Anda menutup mata atau melihat dengan fokus sebuah titik di hadapan Anda, dengan kaki menapak di lantai. Cara ini mudah dilakukan saat Anda berada di meja kantor.

Selanjutnya adalah, dengan fokus menarik napas dalam melalui hidung, kemudian hembuskan napas dengan desahan. Karena dengan mendesah merupakan cara yang efektif untuk membuat mengulang lagi pikiran, perasaan, dan tubuh. Agar stres mereda, lakukan kurang lebih delapan kali sampai Anda merasa lebih tenang dan relaks.

Rangkai Origami

Lain lagi apa yang dikatana psikolog klinis di Adelaide, Dr Darryl Cross, dengan mebuat kerajinan tangan dari kertas origami ternyata bisa menghilangkan stres. Ketika seseorang yang sedang membuat origami menjadi zona nyaman bagi mereka. Dengan begitu, sesorang akan berada di dunianya sendiri dan tidak terganggu dari pengaruh pikiran luar, emosi dan semua hal yang bisa menyebabkan stres.

Karena dalam membuat origami dibutuhkan sekali konsentrasi penuh. Di dalam kondisi itulah orang tidak membiarkan pikirannya melayang ke mana-mana.

Mendengarkan Musik

Musik yang menawan bersifat universal dan mempunyai nilai personal pada masing-masing individu. Kekuatan musik adalah bisa mengaktifkan beberapa daerah di otak. Sehingga “musik memiliki kekuatan untuk mengakses memori, merangsang memori, mempengaruhi kondisi fisiologi dan mengubah pola pikir” itu yang dikatakan presiden Australian Music Therapy Association, Louise Miles.

Miles mengatakan kalau musik bersifat personal. Jadi masing-masing musik bisa memberikan efek yang berbeda bagi tiap orang. Contoh umumnya orang yang sedang mendengarkan musik dengan nada yang tenang dan alunan yang lembut, sangat ampuh untuk membuat hati lebih adem pikiran relaks dalam meredam stres.

Contoh sebaliknya adalah bila orang yang sedang mendengarkan musik  rock atau musik dengan beat yang cepat yang bisa membangkitkan semangat seseorang. Ketika orang sedang dalam kondisi stres lalu mendengarkan musik seperti itu, besar kemungkinan ia justru maskin pusing dan tidak bisa tenang. Tapi semuanya kembali lagi tergantung pada selera masing-masing orang menurut Miles.

Ketika stres itu datang menghampiri yang menambah beban pikiran, sebaiknya jangan terlalu lama terjebak dengan situasi itu. Hilangkan stress dengan cara-cara ringan seperti yang dijelaskan di atas, yang bisa membantu meredakan dan meredamkan stress dan bisa dilakukan setiap hari dimana saja dan kapan saja selama kita fokus untuk sedikit menenangkan pikiran dan membuat tubuh relaks.

Leave a Reply