Sakit Dada dan Perut

Saya sering mengalami sakit di bagian dada sebelah kiri sehingga saya susah untuk bernafas. Perut saya kadang mengeras dan membesar.

Health

Sore dokter.

Saya Sunarti.H, Usia 21 tahun. Sudah 2 tahun ini saya sering mengalami sakit di bagian dada sebelah kiri, rasa sakit itu selalu datang tiba-tiba ketika saya sedang beraktifitas, dan rasanya seperti di tusuk-tusuk sehingga saya susah untuk bernafas. Selain itu, saya juga sering merasa sakit dibagian perut sebelah kiri. Perut saya kadang mengeras dan membesar. Mohon sarannya apa yang harus saya lakukan dokter.

Terima kasih sebelumnya.

Sunarti. H

Ê

Dear Ibu Sunarti

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami mengerti kekhawatiran yang Ibu rasakan saat ini. Keluhan Ibu adalah nyeri dada di bagian kiri saat beraktivitas, rasanya seperti ditusuk-tusuk dan sulit bernafas. Keluhan nyeri dada kiri dapat disebabkan berbagai jenis-jenis penyakit.

Berikut ini adalah potensi jenis-jenis penyakit yang dapat mungkin menjadi indikasi terkait dengan tanda nyeri dada:

  • Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag. Gejala lain dapat berupa rasa asam atau pahit di mulut, rasa panas atau nyeri di ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag
  • Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak
  • Nyeri dada karena masalah psikologis atau stress
  • Nyeri dada akibat gangguan jantung. Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Terkait dengan keluhan Anda kemungkinan keluhan Anda berkaitan dengan gangguan jantung.

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan dilakukannya istirahat atau kombinasi dari istirahat dan obat jantung yang diletakkan dibawah lidah (nitrogliserin sublingual).

Selain melihat dari gejala, dibutuhkan pemeriksaan penunjang (tambahan), seperti pemeriksaan rekam jantung (EKG) untuk memastikan apakah keluhan yang Anda alami disebabkan karena penyakit jantung.

Berikut faktor risiko terkait dengan gejala penyakit jantung:

  • Merokok, berapapun jumlahnya
  • Kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang tinggi
  • Hipertensi
  • Kadar kolesterol HDL yang rendah
  • Diabetes Mellitus
  • Usia lanjut
  • Obesitas (IMT > 25 mg/m2)
  • Kebiasan kurang bergerak/aktivitas fisik
  • Riwayat keluarga menderita PJK pada usia muda ( < 55 tahun untuk pria dan < 65 tahun untuk wanita).

Apakah Anda memilki beberapa faktor risiko seperti diatas?

Keluhan yang Anda rasakan memiliki potensi kemungkinan ke beragam jenis-jenis penyakit. Untuk menentukannya kemungkinan penyakit yang ada serta guna mendapatkan penanganan yang tepat sasaran, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan pemeriksaan fisik dan penunjang terkait lainnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Dyah Novita Anggraini

Leave a Reply