Sakit Gigi? Biaya Perawatan Jangan Sampai Bikin Cemberut

Health

Sakit gigi jangan disepelekan, karena biaya perawatan masalah kesehatan gigi bisa menghabiskan biaya yang cukup besar.Apa yang harus Anda lakukan? Cek di sini!

Gigi cenut-cenut menahan sakit? Gigi berlubang? Gigi menghitam karena kopi atau rokok? Belakangan masalah gigi makin banyak dialami oleh siapa pun. Tapi mungkin karena dianggap biasa, banyak orang yang kurang mempersiapkan biaya perawatannya.

Padahal untuk biaya operasi gigi geraham bungsu saja bisa mencapai jutaan rupiah. Bayangkan bila gigi terasa sakit dan harus ada tindakan operasi tapi keuangan sedang menipis, Anda pasti bakal jadi cemberut. Untuk menghindari risiko tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Apa saja?

Menyiapkan dana dihitung berdasar riwayat sakit gigi yang pernah terjadi

Menyiapkan dana dihitung berdasarkan riwayat sakit gigi yang pernah terjadi maksudanya adalah Anda harus mengetahui seberapa sering Anda mengalami keluhan ini. Biasanya, setiap orang punya kondisi gigi yang berbeda-beda. Ada yang sensitif dan harus sering dirawat, ada pula yang sepertinya jarang sekali mengalami sakit. Kalau Anda termasuk yang mudah sakit gigi, ada baiknya Anda mencadangkan sejumlah dana darurat yang bisa dialokasikan untuk perawatan gigi.

Mencari program perawatan gigi yang terjangkau

Ada baiknya Anda mulai aktif untuk mencari berbagai program perawatan gigi yang tersedia dan tentunya dengan harga perawatan yang relatif lebih terjangkau. Biasanya jika Anda ke dokter gigi biayanya cukup mahal. Tapi jika Anda ke dokter gigi yang ada di puskesmas atau sekolah kedokteran gigi, harga perawatannya relatif lebih terjangkau. Dokter di sana bisa lebih murah karena di puskesmas biasanya disubsidi pemerintah. Sedangkan, di sekolah kedokteran gigi lebih murah karena biasanya sekaligus untuk praktik mahasiswa.

Memiliki asuransi kesehatan gigi

Apa saja yang bisa dilindungi dengan memiliki asuransi kesehatan gigi? Biasanya ada beberapa kategori yang membedakan biaya preminya. Berikut di antaranya:

  • Asuransi kesehatan gigi yang menanggung perawatan gigi untuk pencegahan seperti pembersihan rutin.
  • Asuransi yang menanggung perawatan dasar seperti penambalan dan perbaikan saluran akar gigi.
  • Asuransi untuk perawatan yang sifatnya kompleks seperti pembedahan, pembuatan gigi palsu, hingga implantasi gigi.

Semoga, dengan 3 hal di atas, Anda tak lagi cemberut akibat keuangan menipis karena merawat gigi yang cenut-cenut.

 

Leave a Reply