Sangat Berbahaya, Ini Dampak dari Minuman Keras!

Health

Sama halnya dengan narkotika, minuman keras juga menjadi salah satu yang dilarang untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Terlepas dari bahayanya minuman keras bagi kesehatan, hingga saat ini masih banyak orang yang gemar mengonsumsi minuman terlarang tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa minuman beralkohol pada dasarnya merupakan minuman yang di dalamnya terkandung etanol. Etanol merupakan bahan psikoaktif yang bisa menyebabkan kesadaran menjadi menurun.

Minum minuman beralkohol sudah mulai menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Entah untuk pesta atau perayaan tertentu. Namun, kebiasaan ini tidak boleh dilakukan terus menerus karena akan berdampak fatal untuk kesehatan dan juga kehidupan Anda. Nah, jika hingga saat ini Anda belum merasa bijak dengan mengonsumsi minuman keras, berikut ini beberapa dampak bahayanya minuman tersebut bagi kesehatan Anda.

Baca juga: Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan, Kehidupan, dan Masa Depan

Dampak Buruk Mengonsumsi Minuman Keras

Selain memberikan efek langsung untuk tubuh, yaitu muntah-muntah, ternyata mengonsumsi minuman beralkohol ini juga dapat mempengaruhi kesehatan Anda lainnya sebagai berikut ini:

Kerusakan Otak

Keseringan mengonsumsi minuman beralkohol bisa memberikan dampak untuk jangka panjang, yaitu menyebabkan kerusakan otak permanen, gangguan kejiwaan serius, seperti kecemasan, depresi hingga skizofrenia. Serta membangun sebuah ketergantungan terhadap alkohol atau menjadi seorang alkoholik. Pasalnya, alkohol dapat merusak lebih dari satu bagian otak, memengaruhi bagaimana seseorang bersikap dan berperilaku, serta kemampuan belajar dan mengingat.

Penyakit Jantung

Berapa pun jumlah alkohol yang Anda kosumsi memiliki keterkaitan langsung terhadap tekanan darah Anda, yaitu dapat meningkatkan tekanan darah secara sementara. Namun, hal ini tidak berlaku jika Anda sengaja secara rutin mengonsumsi minuman tersebut karena dapat menyebabkan peningkatan risiko mengembangkan hipertensi dalam jangka panjang.

Hipertensi yang meningkatkan berisiko mengalami serangan jantung, stroke, atau gagal jantung kongestif. Pasalnya, tingkat alkohol dalam darah yang melebihi batas wajar juga dapat melemahkan otot-otot jantung dan mempengaruhi paru, hati, otak, serta sistem organ dalam tubuh lainnya. Bukan hanya itu, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga bisa menyebabkan kerja detak jantung tidak normal (aritmia jantung) dan telah dikaitkan dengan kematian mendadak.

Baca juga: 5 Wine Termahal di Dunia

Kanker

Penyakit berbahaya lainnya dari mengonsumsi minuman keras adalah kanker. Hal ini dikarenakan alkohol adalah senyawa karsinogen yang dapat sangat mudah mempengaruhi bagian sekitar kepala dan leher. Ada beberapa jenis penyakit kanker yang disebabkan oleh minuman keras, yaitu kanker mulut dan tenggorokan, esofagus, hati, dan payudara.

Masalah Paru

Organ lain yang diserang dari minuman keras adalah paru-paru. Seseorang yang secara rutin mengonsumsi ini kemungkinan besar akan mengalami gangguan paru, yaitu mengembangnya infeksi paru dan menderita kolaps paru, serta pneumonia.

Gangguan Hati

Alkohol adalah racun bagi tubuh. Mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dalam waktu singkat pada awalnya akan menyebabkan penumpukan lemak dalam hati. Namun, jika kebiasaan ini terus dilakukan, hati akan mengalami peradangan, menyebabkan hepatitis alkoholik, yang berakibat pada kegagalan hati dan kematian. Kebiasaan meminum terlalu banyak alkohol dapat menciptakan luka dan kerusakan permanen pada hati, yang mengakibatkan Anda mengembangkan sirosis hati dan peningkatan risiko kanker hati. Untuk para wanita hati-hati ya karena wanita lebih rentan mengalami gangguan hati karena alkohol.

Masalah Perut dan Sistem Pencernaan

Minum minuman keras secara berlebihan dan rutin dapat menyebabkan pengembangan kista dalam perut dan usus, serta perdarahan dalam. Alkohol dapat mengakibatkan perut meradang (gastritis) yang akan menghalangi kelancaran proses pencernaan makanan dan nutrisi penting, sekaligus meningkatkan risiko kanker perut dan kolon.

Baca juga: Ini Penyebab Diare yang Tidak Boleh Disepelekan

Jenis-Jenis Minuman Keras

Ada beberapa jenis minuman keras yang cukup populer dan banyak dicari oleh orang-orang. Berikut ini ulasannya!

  • 1 . Rum

Minuman beralkohol yang ini pasti Anda pernah dengar ataupun melihatnya. Rum adalah minuman hasil fermentasi serta distilasi dari air tebu atau molase yang berbentuk cairan berwarna bening di mana ini adalah hasil distilasi. Rum akan mengalami pematangan ketika disimpan di dalam tong kayu. Untuk kadar alkohol pada rum ini tidak selalu sama karena ada dua macam rum yang paling digunakan, yaitu rum cokelat keemasan yang lebih sering digunakan untuk membuat kue atau memasak dan bisa juga sebagai campuran koktail dan rum putih yang biasanya dipakai untuk campuran koktail.

  • Anggur (Wine)

Sama seperti rum, jenis minuman alkohol yang satu ini pasti sering Anda lihat atau bahkan salah satu minuman keras yang difavortkan? Wine pada dasarnya dibuat dari sari anggur khusus di mana jenis dari sari anggur ini adalah Vitis vinifera. Pembuatan wine biasanya melewati fermentasi gula yang terkandung pada buah anggur. Wine memiliki beberapa jenis, yaitu fortified wine, sparkling wine, red wine, sweet wine, rose wine, dan beberapa jenis wine lainnya.

  • Tequila

Minuman keras berikutnya adalah tequila. Minuman ini juga sangat populer dan banyak cari oleh orang-orang. Tequila merupakan minuman hasil penyulingan atau distilasi yang dibuat dengan bahan utama tanaman agave. Penyajian tequila sendiri termasuk unik karena biasanya ditambah dengan jeruk nipis maupun garam.

  • Bir

Minuman keras berikutnya yang cukup populer adalah bir. Sama seperti minuman alkohol lainnya, bir juga dihasilkan melalui proses fermentasi dari bahan berpati tanpa adanya proses distilasi atau penyulingan seperti sejumlah jenis minuman beralkohol lainnya sesudah fermentasi. Brewing merupakan istilah yang kerap dipakai untuk menyebut proses pembuatan bir. Karakteristik setiap bir pun terbilang berbeda dikarenakan pemakaian bahan yang juga tidak sama antara satu tempat dengan lainnya. Untuk kadar alkohol, pada umumnya bir hanya dibekali 4-6 persen ABV saja.

  • Wiski

Jenis minuman keras yang terakhir adalah Wiski. Wiski dihasilkan dari fermentasi serealia dengan proses penghalusan atau mashing lalu dicampur air sebelum akhirnya dipanaskan. Melalui proses distilasi, hasilnya akan disimpan lebih dulu di dalam tong kayu untuk kemudian dimatangkan. Kadar alkohol diperkirakan antara 20-50 persen karena setiap produksinya akan berbeda.

Comments are closed.