Sebelum Operasi Katarak, Lakukan Persiapannya Terlebih Dulu!

Health


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Operasi katarak merupakan tindakan penting untuk menyembuhkan pasien dari penyakit katarak. Agar semua berjalan lancar dan memberikan kesembuhan pada pasien, ada persiapan yang harus dilakukan oleh sang pasien sebelum menjalani operasi katarak.

Setiap tindakan medis pasti melalui persiapan yang matang terlebih dulu, tak terkecuali operasi katarak. Katarak adalah gangguan penglihatan yang diakibatkan oleh trauma pada mata, zat kimia berbahaya, perubahan mata karena proses penuaan, dan genetik atau bawaan lahir. Penyakit satu ini bisa terjadi pada siapa saja, tapi kebanyakan dialami oleh orang berusia lanjut.

Nah, untuk penanganan katarak, persiapan sebelum operasi sangatlah penting. Persiapan ini menentukan secara rinci tindakan apa saja yang harus dilakukan pada pasien. Yuk, simak persiapan yang harus dilakukan oleh pasien!

[quads id=3]

Lima Persiapan Sebelum Operasi Katarak

Lakukan USG Mata

Ini merupakan hal pertama yang harus dilakukan oleh pasien sebelum menjalani operasi katarak. USG mata dilakukan untuk mencari tahu ukuran dan bentuk mata pasien. Hasil dari USG ini akan menentukan jenis lensa implan apa yang akan digunakan oleh pasien.

Langkah ini sebaiknya dilakukan seminggu atau bahkan jauh sebelum pasien dioperasi. Jadi, segala keperluan saat operasi sudah siap dan operasi dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala apa pun.

Berhenti Mengonsumsi Obat Tertentu

Langkah selanjutnya yang akan dokter minta pada pasien adalah berhenti mengonsumsi obat-obatan tertentu yang biasa digunakan. Sebab, beberapa obat diyakini dapat meningkatkan risiko pendarahan saat operasi katarak berlangsung. Salah satu obat yang biasanya tidak disarankan untuk dikonsumsi menjelang operasi adalah obat untuk penyakit prostat.

Gunakan Obat Tetes Mata Khusus Dari Dokter

Dua atau tiga hari menjelang operasi, pasien biasanya diharuskan menggunakan obat tetes khusus yang diresepkan oleh dokter. Fungsi dari obat tetes ini adalah untuk mengurangi risiko terhadap infeksi yang ditimbulkan akibat operasi katarak.

Jadi, meskipun operasi berjalan lancar, tetap saja ada risiko yang mungkin akan terjadi setelahnya. Nah, dokter tak ingin sang pasien terkena risiko apa pun yang dapat mengganggu kesembuhan matanya setelah operasi katarak.

[quads id=7]

Puasa 12 Jam Sebelum Operasi Katarak

Puasa makan sebelum operasi sangat dianjurkan oleh dokter sebelum menjalani operasi. Alasannya tidak lain karena operasi ini mengharuskan pasien untuk dibius umum hingga tidak sadarkan diri dan dapat membuat pasien dapat muntah saat operasi berlangsung.

Bukan hanya itu, risiko terbesarnya adalah muntahan tersebut terhirup oleh pasien dan masuk hingga ke dalam paru. Akibatnya, muncul komplikasi serius seperti infeksi, pneumonia, dan kesulitan bernapas yang tentunya dapat membahayakan kondisi pasien.

Tidak Menggunakan Produk Perawatan Tubuh Saat Menjelang Operasi Katarak

Hal ini biasanya terjadi pada kaum hawa. Mereka pasti ingin tampil cantik meski hanya ingin menjalani operasi. Faktanya, pasien tidak diperbolehkan menggunakan riasan wajah apa pun, seperti bedak, bulu mata, dan parfum. Alasannya jelas, untuk mengurangi risiko terjadinya hal yang tidak diinginkan saat dan setelah operasi katarak berlangsung.

Dan juga, hal tersebut akan mengganggu jalannya operasi karena dokter dan tim harus membersihkan dulu segala sesuatu yang menempel pada wajah pasien.

Bagi siapa saja yang ingin menjalani operasi, sebaiknya lakukan persiapan yang telah dijabarkan di atas agar operasi dapat berjalan lancar tanpa kendala dan pasien dapat sembuh serta melihat dengan normal seperti sedia kala.

Comments are closed.