Selain Kanker Payudara Waspadai Juga Penyakit Ini

Health

Kanker payudara bukan satu-satunya penyakit yang harus diwaspadai wanita. Ada beberapa penyakit lain yang juga perlu diperhatikan terutama di area payudara.

Payudara wanita merupakan bagian tubuh yang sensitif dan mudah mengalami berbagai jenis gangguan. Selama ini yang kerap diwaspadai oleh wanita adalah kanker payudara, namun rupanya banyak penyakit-penyakit lain yang menyerang bagian sensitif ini. Perubahan maupun benjolan di jaringan payudara bisa jadi bukan merupakan gejala kanker payudara. Meski gangguan beberapa penyakit tidak ganas, namun deteksi dini tetap perlu dilakukan. Ada baiknya sebelum benar-benar berkonsultasi ke dokter,  Anda mengenali apa saja penyakit selain kanker yang kerap menyerang payudara wanita.

kanker payudara

Mastitis atau Peradangan pada Payudara

Jika payudara terasa sakit, berubah warna menjadi kemerahan, dan hangat ketika disentuh, bisa jadi Anda mengalami mastitis atau peradangan pada payudara. Mastitis biasanya disebabkan adanya infeksi payudara akibat bakteri yang masuk ke dalam saluran payudara. Penyakit ini tidak memiliki risiko yang besar seperti kanker dan dapat disembuhkan dengan antibiotik sesuai anjuran dokter.

kanker payudara

Tumor Jinak atau Fibroadenoma

Ada benjolan pada payudara? Jangan langsung panik. Pada wanita usia 20 hingga 30 tahun, benjolan ini bisa disebabkan oleh tumor jinak atau disebut fibroadenoma. Tumor ini berbentuk bundar, dengan diameter rata-rata adalah 2,5cm namun bisa tumbuh hingga 10cm, tidak terasa sakit, dan bertekstur kenyal mudah digerakkan. Penyebab pasti fibroadenoma belum diketahui, namun diperkirakan berkaitan dengan hormon reproduksi. Benjolan ini tidak berbahaya dan akan mengecil atau menghilang dengan sendirinya. Namun jika dirasa mengganggu dan abnormal, fibroadenoma ini bisa dihilangkan dengan operasi.

BACA JUGA: Catat Manfaat yang Dilindungi Asuransi Kesehatan

nker payudara

Kista

Benjolan pada payudara Anda berbentuk bundar, dapat digerakkan, dan terasa lembut ketika disentuh? Bisa jadi benjolan tersebut adalah kista. Penyakit ini dapat menyerang wanita dari berbagai usia. Perubahan hormon saat menstruasi dapat menyebabkan kista yang berisi cairan ini membesar dan menimbulkan rasa sakit yang tidak nyaman. Namun tak perlu khawatir karena kista tidak akan menyebabkan kanker payudara. Kista pun bisa hilang dengan sendirinya atau dokter mungkin perlu mengeluarkan cairan melalui metode pengobatan tertentu.

kanker payudara

Fibrosis

Fibrosis terjadi karena adanya pertumbuhan berlebihan pada jaringan ikat payudara yang mengakibatkan munculnya benjolan kecil pada payudara. Lebih dari setengah wanita di dunia mengalami fase payudara fibrosis, umumnya wanita pada rentang usia 20 hingga 50 tahun. Adalah hal yang normal bagi wanita jika mengalami fibrosis meski akan timbul rasa nyeri pada payudara. Namun benjolan ini tidak meningkatkan risiko tejangkit kanker payudara.

BACA JUGA: Waspadai Penyakit Meningitis Saat Liburan Romantis

kanker payudara

Paget Disease

Paget Disease of The Breast atau kanker paget adalah jenis kanker payudara yang menyerang saluran ASI (Air Susu Ibu). Berbeda dengan kanker payudara biasa, kanker paget muncul di sekitar puting susu. Beberapa gejalanya antara lain gatal yang dapat menimbulkan lecet dekat puting, munculnya kelenjar getah bening di daerah ketiak atau tulang selangka. Penanganan kanker paget dapat dilakukan dengan melakukan operasi pengangkatan.

Leave a Reply