Senam Zumba, Olahraga Ringan dengan Berjuta Manfaat

Health

Senam zumba sering dianggap sebagai olahraga ringan yang tidak berdampak besar pada kesehatan tubuh. Padahal, manfaatnya banyak sekali, lho!

Rasanya semua orang setuju bahwa untuk mendapatkan tubuh yang sehat, satu kegiatan yang tak boleh dilewatkan adalah berolahraga. Tapi, banyak orang berpikir bahwa olahraga bukanlah kegiatan yang mudah dilakukan dan bahkan cenderung menyebabkan cedera.

Padahal, tidak semua olahraga itu berat. Pasti Anda pernah mendengar olahraga bernama senam zumba. Olahraga satu ini tidaklah berat, bahkan bisa dibilang sebagai salah satu olahraga paling ringan. Kita hanya perlu bergerak mengikuti alunan musik laiknya aerobik namun dengan gerakan yang lebih menarik.

Tidak percaya bahwa senam zumba memiliki banyak manfaat yang dapat menyehatkan tubuh? Tak perlu berlama-lama, lihat saja manfaatnya di bawah ini!

Baca juga: 5 Manfaat Kebugaran Jasmani Bagi Tubuh Anda

Manfaat Rutin Melakukan Senam Zumba

Otot Lebih Kencang

Jika tidak dilatih dengan baik, tentu otot tubuh tidak akan berfungsi dengan baik dan bahkan dapat melemah. Tapi, untuk membuat otot lebih kencang, tak perlu mengangkat beban berat, cukup dengan latihan zumba.

Meski terlihat mudah dan ringan, nyatanya zumba secara efektif meningkatkan massa otot sehingga otot menjadi lebih kencang. Jika otot kencang, tentu tenaga yang Anda miliki lebih besar.

Baik untuk Segala Usia

Zumba merupakan olahraga yang dapat dilakukan oleh beragam usia, mulai dari anak-anak hingga orang yang berusia senja. Sebab, gerakannya yang menyenangkan dan cenderung fleksibel membuat siapa saja dapat melakukannya.

Tinggal sesuaikan saja intensitasnya. Tentu intensitas zumba untuk anak berbeda dengan dewasa. Jadi, dengan melakukan zumba sesuai intensitas, manfaatnya pun akan terasa optimal.

Membantu Program Diet

Anda yang mempunyai berat badan yang berlebih, sangat dianjurkan untuk segera melakukan olahraga satu ini. Ada banyak sekali manfaat zumba yang dapat membantu menurunkan berat badan, di antaranya membakar kalori dan lemak.

Ketika Anda melakukan zumba, intesitas lemak menjadi turun. Lemak tersebut secara langsung digantikan dengan kalori. Sebab, letak lemak berada pada pembakaran tubuh, maka kalori pun dengan sendirinya akan ikut terbakar. Hasilnya, berat badan Anda akan turun dengan sehat.

Membuat Seluruh Bagian Tubuh Bekerja

Zumba mempunyai gerakan yang unik. Penggabungan gerakannya dapat membuat otot tubuh Anda bekerja secara sempurna. Walaupun Anda merasa lelah, namun Anda merasa puas. Sebab, olahraga ini memaksimalkan seluruh bagian tubuh Anda untuk bergerak sesuai irama.

Baca juga: Tampil Makin Seksi dengan Olahraga Muay Thai

Meningkatkan Rasa Bahagia

Apa rasanya hidup tanpa rasa bahagia? Tentu tidak enak sama sekali dan kita tidak dapat menikmati hidup dengan bahagia. Oleh karena itu, zumba bisa jadi jawaban untuk tingkatkan rasa bahagia Anda. Latihannya sering kali membuat Anda tersenyum, entah karena gerakannya atau mungkin interaksi dengan peserta lain.

Hormon bahagia akan mengalir saat Anda tersenyum dan tentunya hormon tersebut membuat diri Anda jadi lebih bahagia. Tentu, dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengelola stres dan pikiran Anda.

Meningkatkan Interaksi Sosial

Ini adalah salah satu manfaat dari kegiatan zumba. Sebab, latihannya dilakukan dalam waktu yang cukup lama, jadi para peserta akan menjadi gemar untuk berbincang satu sama lain untuk menghabiskan waktu di sela-sela sesi latihan. Oleh karena itu, manfaat zumba ini juga dinilai dapat menghilangkan stres.

Memperbaiki Pernapasan

Siapa pun Anda dan apapun pekerjaan Anda, tentu memerlukan sistem pernapasan yang kuat dan bagus. Salah satu faktor pendorong guna mempunyai kekuatan tarikan napas ialah pelatihan otot Anda. Jika otot Anda kencang, maka hasilnya pun bagus. Salah satu olahraga yang dapat memberikan latihan otot adalah zumba.

Baca juga: Ini 5 Olahraga Ekstrim di Dunia, Berani Coba?

Tampil Lebih Percaya Diri

Salah satu manfaat zumba dapat membuat Anda jauh lebih percaya diri dari sebelumnya. Sebab, dengan rutinitas yang waktunya berkelanjutan dapat membentuk diri dan tubuh Anda menjadi jauh lebih bagus. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya rasa percaya diri.

Anda tidak lagi melihat diri Anda sebagai sosok yang gemuk. Anda tidak lagi melihat diri Anda yang mempunyai timbunan lemak di perut. Tapi kini yang Anda lihat ketika bercermin adalah diri Anda yang cantik. Inilah diri Anda dengan segala keunggulan dan kelemahan Anda!

Obat Awet Muda Alami

Semua otot Anda akan bergerak saat melakukan zumba. Bukan cuma otot di tubuh saja, bahkan otot di wajah pun akan ikut bergerak. Ketika Anda tersenyum dan tertawa, otot wajah Anda bergerak lebih banyak. Hal ini membuat Anda selalu tampak lebih muda.

Menjernihkan Pikiran

Zumba membuat Anda lebih sehat. Sebab, saat melakukan olahraga jenis aerobik ini, otot jantung memompa darah ke seluruh anggota tubuh dan terjadilah pertukaran darah dari yang lebih cepat dari seluruh tubuh ke jantung. Selain itu, dampaknya juga akan terjadi peredaran darah di otak yang lebih lancar. Otak segera mendapat asupan oksigen lebih banyak, sebab darah bersih yang dari jantung membawa oksigen. Alhasil, pikiran Anda akan lebih segar dari sebelumnya.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Lari Maraton untuk Anda

Banyak Variasi

Siapa sangka zumba yang Anda dapatkan selalu saja di depan cermin dan lantai luas. Tidak! Anda dapat mengikuti sesi latihan Aqua Zumba. Lokasi yang digunakan kali ini sedang di dalam air. Menantang sekali, bukan? Tentu saja, sebab bukan hanya udara saja yang menjadi penghalang gerakan Anda. Namun beban diri Anda serta halangan air di sekeliling Anda. Tantangan lebih banyak dan berat. Jika Anda memiliki nyali yang cukup besar, silakan coba karena manfaat zumba yang satu ini akan terasa lebih besar.

Lebih Sehat

Dengan rutin melakukan zumba, maka Anda akan merasa lebih sehat dari sebelumnya. Hal ini lantaran pertukaran darah kotor dalam tubuh segera cepat terjadi. Dengan sirkulasi yang terkontrol tersebut, darah bersih segera memompa sel-sel Anda, membuatnya menjadi lebih sehat.

Semakin Bersemangat

Melakukan zumba dapat meningkatkan motivasi dalam diri Anda. Koreografer akan memberikan dorongan untuk Anda agar dapat bergerak lebih dan Anda pun mengikutinya. Apalagi mode gerakan yang ditampilkan ialah hip hop, dance, dan salsa. Walaupun kadang Anda akan dipandu untuk melakukan gerakan yang serupa dengan senam. Musik pengiringnya yang memberikan hentakan tubuh ditambah dengan adanya irama yang pas, akan memubaut tubuh Anda bergoyang.

Masih meragukan manfaat jika Anda rutin melakukan senam zumba? Ayo, lakukan dari sekarang agar manfaatnya terasa sejak dini!

Comments are closed.