Sering Pusing Saat Kembali Bekerja? Inilah 5 Perbedaan Migrain dan Vertigo!

Seringkali sejumlah orang merasa bingung dengan perbedaan migrain dan vertigo. Penjelasan 5 perbedaan migrain dan vertigo berikut ini akan membuat Anda lebih mengerti dan bisa mengantisipasi gejala-gejalanya lebih baik.

Health

Perbedaan Migrain dan Vertigo

Hampir semua orang pasti pernah mengalami sakit kepala, tidak terkecuali tua maupun muda. Selain disebabkan penyakit, sakit kepala juga bisa muncul secara tiba-tiba. ÊSeringkali sejumlah orang merasa bingung dengan gejala yang dialami, apakah migrain dan vertigo itu berbeda?
Ê
Para pekerja seringkali pusing saat kembali bekerja dan ada berbagai hal yang menyebabkannya. Gejala ini kadang membuat salah menafsirkan jenis penyakit dan pengobatan. Simak 5 ulasan perbedaan migrain dan vertigo berikut ini!Ê

1. Jenis Rasa Sakit

Perbedaan migrain dan vertigo bisa Anda lihat dari jenis rasa sakitnya. Migrain merupakan rasa nyeri mencekam pada salah satu atau kedua sisi kepala dan membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman dan memungkinkan penderitanya untuk menghentikan aktivitasnya sementara.
Ê
Sedangkan vertigo adalah penyakit kepala yang membuat seseorang menjadi pusing berputar-putar dan dapat mengganggu keseimbangan tubuh. Inilah gejala awal yang membedakan antara migrain dengan vertigo dari sisi jenis rasa sakit.
Ê

2. Waktu Kambuh yang Berbeda

Waktu kambuh antara migrain dengan vertigo memiliki perbedaan. Migrain dapat datang sewaktu-waktu kemudian lenyap. Biasanya orang yang sering mengalami migrain dapat mengalaminya sebanyak delapan kali dalam waktu satu bulan.
Ê
Vertigo dapat muncul sewaktu-waktu dan akan hilang, kemudian muncul lagi beberapa saat. Waktu kambuh ini memang timbul beberapa waktu dan biasa berulang ketika kondisi tubuh sedang tidak baik.
Ê
Ê

3. Gejala yang Menyertai

Migrain dan vertigo memiliki gejala masing-masing. Pada migrain biasanya timbul dengan gejala lain seperti pandangan yang menjadi berkunang-kunang dan merasa mual hingga ingin muntah saat sakit kepala tersebut melanda.
Ê
Sementara, apabila Anda mengalami penyakit vertigo, gejala yang menyertainya adalah kehilangan keseimbangan tubuh dan membuat penderitanya merasa mual dan ingin muntah. ÊPerbedaan migrain dan vertigo yang satu ini kadang membingungkan tetapi sebenarnya memiliki perbedaan yang signifikan.
Ê

4. Penyebab

Kedua penyakit ini juga memiliki perbedaan dalam hal penyebab timbulnya. Penyebab dari sakit kepala seringkali bermula dari ketegangan otot. Otot yang tegang akan menimbulkan sakit kepala ringan.Ê
Ê
Penyebab migrain adalah adanya salah satu saraf di otak yang mengalami tekanan akibat suatu hal yang memberatkan. Sedangkan vertigo merupakan penyakit yang biasa timbul karena kondisi tubuh yang sedang tidak baik.
Ê

5. Waktu Penyembuhan

Penyakit migrain dan vertigo memiliki waktu penyembuhan yang lama. Hal ini disebabkan karena migrain dan vertigo biasanya terjadi bersama dengan penyakit lain, sehingga penyembuhannya sedikit memakan waktu yang lama.
Ê
Dengan memahami kelima perbedaan migrain dan vertigo di atas, Anda bisa menganalisis jenis penyakit yang Anda alami. Pengetahuan ini juga akan menghindari dari salah pengobatan dan penanganan agar Anda juga bisa mengantisipasi dengan baik.
Ê

Leave a Reply