Dear Dokter,

Saya sering mengalami sakit kepala sebelah kiri disertai rasa tegang sampai leher bahkan bagian kepala belakang terasa menusuk. Ini membuat saya sangat terganggu dalam pekerjaan saya. Bahkan saya harus dipaksa istirahat jika diserang lagi penyakit ini. Apakah ini bukan sakit kepala biasa? Dan bagaimana solusinya.ÊTerima kasih.

Yawan

Jawaban:

Dear Pak Yawan,

Terima kasih atas pertanyaannya dan kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah sakit kepala sebelah kiri disertai tegang pada leher. Kemungkinannya, Anda mengalami migrain.

Migrain tergolong penyakit yang umum terjadi, sehingga kerap dianggap sebagai penyakit yang tidak perlu ditangani secara khusus. Beberapa gejala sakit kepala migrain di antaranya sakit kepala sebelah, kehilangan penglihatan atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki), tidak nafsu makan, mual, muntah, serta perubahan mood.

Penyebab migrain masih belum diketahui pasti. Namun beberapa faktor diduga berperan menjadi pemicu, seperti stres, kelelahan, kebisingan, PMS (sindrom pramenstruasi), lapar atau makanan tertentu (misalnya cokelat, kopi, keju, daging olahan).

Untuk mengurangi rasa sakit kepala, selain menghindari faktor-faktor pencetus, Anda dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen atau asam mefenamat. Tidur dan terapi relaksasi juga sering kali merupakan obat mujarab untuk menghilangkan migrain.

Namun sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter jika mengalami serangan migrain lebih dari lima kali dalam sebulan atau jika rasa sakit yang timbul sudah tidak dapat ditangani denganÊobat-obatan yang dijual bebas di pasaran.

Perlu Anda ketahui bahwa sakit kepala juga bisa menjadi tanda penyakit serius seperti berikut ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Tetap sehat,

Salam kami,

dr. Dyah Novita AnggrainiÊ

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *