Situs Informasi Penyebaran Corona di Indonesia dan Dunia, Cek Yuk!

BeritaHealth

Kehadiran situs informasi penyebaran Corona membantu masyarakat mengetahui perkembangan tingkat penyebaran virus, sudah cek di wilayah Anda?

Penyebaran virus corona yang semakin merajalela di berbagai daerah di Indonesia, melahirkan keresahan yang tiada akhir bagi masyarakat. Tragedi penyebaran virus yang sangat cepat menjadi titik keresahan masyarakat karena ketidaktahuan mereka terhadap wilayah penyebaran virus.

Sekedar informasi, kini pemerintah sudah memiliki situs informasi penyebaran virus corona pada beberapa wilayah yang memang sudah terjangkit virus ini. Hal tersebut tentu mempermudah masyarakat untuk bisa memantau wilayah persebaran virus, baik yang masih dalam zona aman, kuning, hingga zona merah atau berbahaya.

Baca juga: Coronavirus: Antara Social Distancing, Lockdown, dan Istilah Lainnya

Tujuan dibuatnya situs ini, diharapkan Anda bisa menghindari wilayah-wilayah yang sudah terdeteksi kasus virus corona. Hal tersebut tentu demi menjaga angka penularan yang terus meningkat dan juga kesehatan Anda sendiri.

Kepentingan kesehatan bisa juga Anda percayakan pada produk asuransi kesehatan. Kunjungi website resmi Futuready untuk mencari asuransi kesehatan yang pas dengan cara yang mudah dan nyaman. Berbagai produk yang tepercaya dijamin aman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam situs pemerintah ini secara terbuka mengungkap tentang data Orang Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan kasus yang terkonfirmasi virus corona. Penasaran situs informasi penyebaran Corona yang sudah ada? Simak pemaparan di bawah ini ya.

Situs Informasi Penyebaran Corona di Indonesia

Sebagai masyarakat yang berpengaruh terhadap perkembangan teknologi, difasilitasi situs informasi penyebaran virus corona amat sangat membantu untuk memantau perkembangan virus ini di Indonesia. Dilansir dari www.cnbcindonesia.com/ berikut situs untuk pantau penyebaran virus corona, diantaranya:

Kementerian Kesehatan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memiliki situs pantau corona bernama infeksiemerging.kemkes.go.id. Melalui situs ini, masyarakat akan mendapatkan informasi seputar penyebaran virus corona secara global maupun nasional.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana

BNPB memiliki situs untuk memantau perkembangan virus corona yang diberi nama covid19.go.id. Situs ini  telah dikembangkan oleh Tim Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat khusus untuk Penanggulangan COVID-19. Salah satunya adalah pemerintah, Badan PBB (UNICEF, WHO, dll), mitra pembangunan internasional, organisasi masyarakat sipil, dan dunia usaha.

DKI Jakarta

situs penyebaran infromasi corona di Jakarta

Khusus warga Jakarta yang ingin tahu informasi mengenai penyebaran virus corona di wilayah seluruh DKI Jakarta, Anda bisa mengakses situs corona.jakarta.go.id. Dalam situs ini terdapat peta Jakarta seseluruhan yang menampilkan jumlah kasus COVID-19 dengan berbagai tanda, seperti warna merah (positif COVID-19), kuning (menunggu hasil) dan biru (RS Rujukan COVID-19).

Jawa Tengah

Anda bisa mengakses situs corona.jatengprov.go.id untuk bisa melihat penyebaran virus corona di wilayah Jawa Tengah. Ada banyak infromasi yang bisa Anda dapatkan dari situs ini, mulai dari menampilkan peta kabupaten/kota yang sudah terinfeksi virus ini,menampilkan peta rumah sakit rujukan, hingga jumlah ODP, PDP, kasus positif terjangkit COVID-19, sembuh dari COVID-19, hingga meninggal dunia.

Jawa Timur

Penyebaran sudah mencapai Jawa Timur, oleh karena itu Anda bisa melihat kasus Covid-19 di melalui situs ini infocovid19.jatimprov.go.id. Selain memperbaharui data kasus yang terinfeksi COVID-19, dalam situs ini juga tertera nomor telepon layanan masyarakat jika membutuhkan pertolongan untuk kasus ini.

Baca juga: Dua Jenis Tes Corona yang Dilakukan Indonesia, Cari Tahu Perbedaannya!

Jawa Barat

Untuk warga Jawa Barat, Anda bisa mengakses situs pikobar.jabarprov.go.id. Situs ini menampilkan peta penyebaran hingga tanda warna mulai dari merah yang menandakan positif aktif, hingga biru untuk ODP (Orang Dalam Pemantauan).

Banten

Untuk warga Banten yang ingin memantau penyebaran virus corona di wilayah Anda, bisa melalui situs ini infocorona.bantenprov.go.id.

DI Yogyakarta

Untuk wilayah Yogyakarta, Anda bisa mengakses situs corona.jogjaprov.go.id untuk mengetahui penjelasan tengan COVID-19. Situs ini akan memperbaharui penyebaran virus corona dengan menampilkan peta yang berisikan wilayah di seluruh DI Yogyakarta.

Kota Bogor

Walau Bogor termasuk dalam wilayah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, tetapi Pemerintah Kota (Pemkot) juga menyediakan situs pantau virus corona melalui https://corona.kotabogor.go.id khusus untuk wilayah Kota Bogor.

Kota Bekasi

situs penyebaran infromasi corona di Bekasi

Sama halnya dengan Bogor, Pemkot Bekasi juga memfasilitasi situs tersendiri khusus penyebaran virus corona di Kota Bekasi melalui situs https://corona.bekasikota.go.id.

Situs Informasi Penyebaran Virus Corona di Dunia

Bukan hanya informasi persebaran di Indonesia, Anda juga bisa mengetahui persebaran corona di dunia dengan mengakses beberapa penyedia di berbagai situs buatan Internasional. Adapun berikut beberapa situs yang bisa Anda kunjungi, diantaranya:

Situs Milik WHO

WHO

Bagi yang menginginkan informasi dari badan kesehatan dunia WHO bisa klik di https://experience.arcgis.com/experience/685d0ace521648f8a5beeeee1b9125cd. Situs ini akan menampilkan grafik kasus virus corona atau COVID-19  yang akan diperbaharui setiap hari.

Situs Milik Johns Hopkins University and Medicine

Peta dunia penyebaran virus corona atau COVID-19 bisa diakses di https://coronavirus.jhu.edu/map.html. Coronavirus Resource Center ini merupakan peta interaktif yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mendapat informasi terkini, sekaligus bertanya seputar virus corona.

Situs Milik Healthmap

Situs penyebaran virus corona atau COVID-19 milik healthmap bisa diakses di https://www.healthmap.org/covid-19/. Pada situs ini menampilkan animasi penyebaran COVID-19, mulai dari China dan negara lain. Pengguna juga bisa mengetahui siapa saja yang menyumbang informasi dalam situs tersebut.

Situs Milik CDC

Peta penyebaran virus corona atau COVID-19 milik Centers for Disease Control and Prevention (CDC) bisa diakses di https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/cases-updates/world-map.html.  Situs ini menyajikan berbagai informasi. Mulai dari yang paling dasar hingga teknis. Semua inforamsi bertujuan untuk mencegah infeksi virus corona atau COVID-19.

Situs Milik Microsoft

Microsoft membuat peta interaktif berupa Bing map yang menyediakan informasi terbaru seputar penyebaran COVID-19 di dunia. Untuk mengakses informasi ini cukup klik di https://www.bing.com/covid. Sumber informasi diambil dari WHO, CDC, badan kesehatan Eropa ECDC, dan Wikipedia.

Baca juga: Chloroquine Menjadi Obat Virus Corona? Ketahui Dulu Faktanya!

Situs Milik New York Times

Sebagai media yang menjadi sumber informasi. New York Times juga membuat hal serupa melalui tautan https://www.nytimes.com/interactive/2020/world/coronavirus-maps.html tersedia bagi yang ingin mengetahui informasi penyebaran virus corona di dunia. Informasi juga tersedia dalam bentuk grafik dan charts yang mudah dibaca.

Situs Milik Nextstrain

Situs penyebaran virus corona atau COVID-19 dari nextstrain bisa diklik di https://nextstrain.org/. Situs ini agak teknis karena menyediakan perubahan genom dari COVID-19. Informasi dalam situs menjabarkan kondisi virus mula dari saat ditemukan kali pertama di Wuhan hingga menyebar di seluruh dunia.

Berbagai situs informasi penyebaran virus corona di atas bisa Anda akses dengan mudah melalui ponsel smartphone, laptop, PS Anda yang Sudha terkoneksi dengan internet. Tak perlu takut ketinggalan informasi, sebab dari pemerintah hingga pihak lainnya telah menyediakan fasilitas yang mampu membantu Anda untuk mengetahui perkembangan informasi secara akurat. Jangan lupa selalu cek data penyebaran virus corona di daerah Anda ya!

Comments are closed.