Stres? Atasi dengan Cara Ini

Beban pekerjaan, jalanan macet, masalah di rumah membuat seseorang menjadi stres. Ada cara menghilangkan stress dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti ini

Health

Beban pekerjaan, jalanan macet, masalah di rumah dapat membuat seseorang menjadi stres. Namun stres dapat diatasi dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Stres adalah reaksi psikologis dan fisik alami yang terjadi ketika tuntutan kehidupan semakin meningkat. Seiring berjalannya waktu, tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, jangan menunggu sampai stres memengaruhi kesehatan, hubungan, atau kualitas hidup Anda. Berikut adalah beberapa cara hidup sehat untuk menangani stres.

1. Tidur
Stres dapat membuat seseorang menjadi susah tidur. Susah tidur juga merupakan penyebab utama stres. Dibutuhkan waktu delapan jam bagi tubuh untuk merasa pulih, berenergi kembali, dan berkembang. Menerapkah gaya hidup sehat dengan tidur yang cukup dan nyenyak akan membantu Anda untuk mengelola energi yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi stres, tulis Michael F. Riozen, MD dan Mehmet C. Oz, MD dalam buku YOU: Stress Less yang diterbitkan oleh Free Press (2011).

2. Berkumpul dengan teman atau keluarga
Salah satu hal paling utama untuk mengurangi atau mengatasi stres adalah memiliki hubungan dan ikatan sosial yang kuat. Bertemu dan berbincang-bincang dengan teman dekat dan keluarga mampu mengurangi tekanan darah dan membuat Anda menjadi lebih produktif. Hubungan yang baik dengan teman-teman dan orang yang dicintai penting dalam menjalani gaya hidup sehat.

CEK DISINI: Berbagai Pilihan Asuransi Kesehatan Terbaik

3. Membicarakan masalah yang dihadapi dengan orang lain
Salah satu obat dan cara hidup sehat untuk mengurangi stres adalah membicarakan masalah yang dihadapi dengan orang lain, bukan memendamnya. Terapi bicara dengan teman, keluarga, pasangan, psikolog, atau bahkan pengemudi taksi yang Anda tumpangi dapat meredakan tekanan yang Anda alami.

4. Olahraga
Menjalani gaya hidup sehat dengan olahraga tidak selalu berarti pergi ke gym atau lari maraton. Jalan-jalan di sekeliling kantor atau sekedar berdiri untuk meregangkan tubuh selama istirahat di tempat kerja juga dapat membantu mengurangi stres. Menggerakkan tubuh mampu melepaskan hormon endorfin yang berfungsi meningkatkan mood Anda.

5. Menonton acara komedi atau tertawa
Tertawa melepaskan hormon endorfin yang meningkatkan mood dan menurunkan hormon kortisol dan adrenalin yang dapat menyebab stres. Gaya hidup sehat ini juga dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan oksigen dalam darah.

6. Melakukan kegiatan kemanusiaan/kerja sukarela
Menjadi relawan mampu mengurangi stres. Kerja sukarela membuat Anda melakukan kontak teratur dengan orang lain. Melakukan kegiatan kemanusiaan juga mampu meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan. Selain itu, Anda menjadi lebih bersyukur karena tidak semua orang memiliki keberuntungan seperti Anda.

Beban pekerjaan, jalanan macet, masalah di rumah dapat membuat seseorang menjadi stres. Penting untuk menangani stres dengan baik agar tidak memengaruhi setiap aspek dalam kehidupan Anda.

Jika Anda memiliki cara lain untuk mengurangi stres, Anda dapat membagikannya pada kolom komentar di bawah.

Leave a Reply