Terlalu Kurus

Tak hanya terlalu gemuk, terlalu kurus juga menjadi masalah bagi sebagian orang. Bagaimana mengatasinya?

Health

Hai Brett,
Saya berusia 21 tahun dan sangat kurus. Berat saya 49 kg dan tinggi 169 cm. Saya sudah makan banyak dan berolahraga tapi berat badan saya tidak bertambah. Saya ingin memiliki berat badan ideal. Bagaimana caranya?

Salam,
Deden

Jawaban :

Hai Deden,
Salah satu kolega saya yang bernama Heru memiliki masalah seperti Anda. Ia memiliki tinggi 186 cm dan berat 68 kg. Ia sangat kurus dan tinggi. Ia selalu berkata pada saya bahwa ia sulit menambah berat badan meskipun sudah makan banyak. Ketika melihat kebiasaannya makan, saya menemukan masalahnya.

Pada kasus Heru, ia banyak makan, tetapi waktu makannya tidak teratur. Jika ia lapar, ia akan makan banyak. Bila tidak sempat, ia tidak makan. Pencernaannya bekerja tidak teratur. Jika dihitung dari kerja pencernaannya, Heru tidak makan sebanyak orang kurus lainnya.

Jika Heru makan 3 sampai 5 kali sehari dengan mengonsumsi snack di sela-selanya, berat badannya pasti akan bertambah. Ia tidak perlu mengonsumsi suplemen penambah berat. Beberapa bulan terakhir, Heru lebih baik soal makanan dan jam makan. Berat badannya mulai bertambah dan terlihat lebih dewasa, seperti kata pasangannya. Saya harap contoh Heru ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan Anda dan dapat memberikan solusi.

Leave a Reply