Tetap Bugar di Usia 30-an dengan Cara Ini

Health

Tidak sulit untuk membuat tubuh tetap bugar di usia 30-an. Hanya perlu melakukan beberapa pola hidup sehat berikut ini.

Menjalani gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan rutin berolah raga, merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Hal ini dikarenakan tubuh Anda juga membutuhkan perlakuan yang istimewa agar kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga. Apalagi jika usia Anda sudah memasuki kepala tiga. Menjalani gaya hidup sehat meskipun usia sudah tidak muda lagi, bukan hal yang mustahil. Tubuh Anda masih bisa bugar meskipun usia sudah 30-an.

Tidak dipungkiri memang semakin bertambahnya usia, semakin banyaknya penurunan fungsi tubuh yang Anda rasakan, salah satunya adalah penurunan metabolisme. Akibatnya, tubuh cepat sekali mengalami kenaikan berat badan dan mulai merasakan beberapa gejala penyakit. Bukan hanya itu saja, fungsi tulang dan otot pun akan menyusut sehingga tubuh menjadi tidak bugar yang mengakibatkan Anda mudah cepat lelah dan pegal-pegal. Namun, tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat. Untuk Anda yang ingin tubuh tetap bugar di usia 30-an, terapkan gaya hidup sehat berikut ini.

[quads id=3]

Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan yang bergizi sangat penting dilakukan untuk mengontrol berat badan Anda. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa semakin umur Anda bertambah, semakin besar juga peluang berat badan Anda bertambah yang akan menyebabkan berbagai macam gelaja penyakit. Oleh karena itu, untuk menjaga tubuh tetap bugar di usia 30-an, perbanyaklah konsumsi makanan sumber protein. Sebab, protein sangat diperlukan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan juga untuk membantu mempertahankan masa otot Anda. Tak hanya itu saja, Anda juga harus memperbanyak konsumsi sayur dan buah, setidaknya lima porsi per hari. Hal ini dikarenakan sayur dan buah mengandung banyak nutrisi yang sangat penting yang tubuh Anda.

Olahraga Rutin

Menjaga tubuh tetap bugar di usia 30-an bukan hanya dari asupan saja, tetapi juga Anda harus memulai melakukan olahraga secara rutin. Pilihlah olahraga yang Anda sukai agar intensitas olahraga tersebut tetap teratur. Minimal Anda melakukan olahraga seminggu sekali dengan durasi 150 menit atau bila waktu yang Anda punya memungkinkan untuk melakukannya perhari, Anda bisa mencobanya minimal 30 menit/hari.

Kurangi Stres

Menggurangi stres dengan menghindari masalah termasuk cara lain yang dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap bugar di usia 30-an. Cobalah membuat tubuh Anda lebih santai dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai. Usia Anda itu sangat rentan untuk stres. Jadi, jangan pernah memikirkan masalah yang sebenarnya tidak memiliki manfaat baik.

Kualitas Tidur yang Cukup

Kualitas tidur yang kurang akan meningkatkan banyak sekali risiko penyakit, salah satunya seperti stroke dan serangan jantung. Untuk menghindari itu, pastikan Anda tidur yang cukup dan juga berkualitas. Caranya dengan mengatur waktu tidur dan waktu bangun Anda.

Waspadai KB

Tip terakhir ini sangat dianjurkan untuk para wanita. Sebenarnya, penggunaan pil KB bisa meningkatkan tekanan darah, jika Anda menderita penyakit jantung. Sebab, penggunaan pil KB bisa memperburuk penyakit Anda. Oleh karena itu, agar tubuh tetap bugar di usia 30-an, yuk mulai jaga gaya hidup Anda.

Tidak dipungkiri memang ketika usia 40-an hidup terasa sangat rumit dan penuh dengan tekanan yang berakibatkan tubuh menjadi tidak optimal. Oleh karena itu, agar tubuh Anda tetap bugar di usia 30-an, ikut langkah-langkah di atas ya.

Comments are closed.