Tidak Dikelola dengan Baik, Inilah Dampak Stres pada Psikis dan Fisik!

Health


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Banyak orang mengabaikan stres yang mereka alami. Padahal, jika tidak dikelola dengan baik, dampak stres dapat mengganggu kesehatan fisik dan psikis. Bahkan, beberapa di antaranya merupakan penyakit yang berbahaya.  

Setiap orang memiliki masalah dalam hidupnya. Jika tidak disikapi dengan tenang, masalah tersebut dapat menyebabkan stres. Sayangnya sebagian besar orang menganggap stres adalah hal sepele, sehingga tidak diatasi dengan baik dan benar.

Bahkan, tak sedikit orang yang mengatasi stresnya dengan melakukan hal yang tidak baik. Seperti mengonsumsi obat penenang, minum minuman beralkohol, hingga menggunakan obat-obatan terlarang. Mereka beranggapan bahwa dengan melakukan hal tersebut, stres dapat hilang seketika.

Padahal, hal yang akan terjadi justru sebaliknya. Kondisi tubuh dan pikiran akan jadi lebih buruk karena hal tersebut hanya mengalihkan stres, bukan mengatasinya. Dampak yang ditimbulkan akibat stres yang tidak ditangani dengan baik sangatlah buruk bagi kesehatan, baik fisik dan psikis.

[quads id=2]

Inilah buruknya dampak stres terhadap fisik dan psikis seseorang!

Kanker dan Gangguan Imun

Sistem imun dirancang untuk melindungi tubuh kita dari bahaya yang menyerang kesehatan fisik. Tapi, bila seseorang terkena stres kronis dan tidak ditangani, sistem imun dapat terganggu dan bahkan rusak sehingga tubuh rentan terserang berbagai penyakit.

Risiko terbesar yang dapat terjadi akibat rusaknya sistem imun adalah kanker. Sel kanker akan dengan leluasa tumbuh dan berkembang di tubuh orang yang menderita stres kronis. Mengerikan sekali, bukan?

Gangguan Pencernaan

Stres yang dibiarkan dapat menyerang berbagai organ tubuh, tak terkecuali sistem pencernaan. Bagi sebagian orang yang sensitif, gangguan perncernaan seperti mulas atau mual akan muncul ketika seseorang merasa gelisah, gugup, takut, atau sedih berlebih yang diakibatkan oleh stres.

Selain itu, stres juga dapat mengganggu pola makan seseorang. Hal ini tentu dapat meningkatkan risiko penderita stres terkena penyakit maag. Semakin tinggi tingkat stres yang diderita, semakin parah pula kemungkinan penyakit maag yang diderita.

[quads id=5]

Penyakit Jantung Akibat Dampak Stres

Sebagian besar penyakit jantung disebabkan oleh makanan dan pola hidup yang tidak baik dan sehat. Tapi, nyatanya, dampak buruk stres juga dapat menyebabkan penderitanya terkena penyakit jantung. Contoh yang paling nyata adalah ketika mantan presiden Amerika Serikat, George W. Bush, terkena penyakit jantung. Setelah diteliti oleh tim medis, ternyata penyakit tersebut terjadi akibat stres yang ia alami selama menjabat sebagai presiden dan tidak dikelola dengan baik.

Lalu, apa hubungannya antara stres dengan penyakit jantung? Ternyata, saat seseorang menderita stres, tekanan darahnya meningkat. Hal ini menyebabkan aliran darah pada tubuh terganggu dan hal tersebut dapat berpengaruh langsung pada kerja jantung.

Depresi

Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan depresi dan rasa cemas berlebih. Sedikit informasi, stres dan depresi merupakan hal yang berbeda. Depresi masuk ke dalam kategori penyakit kejiwaan atau psikis, sedangkan stres adalah salah satu penyebab terjadinya depresi.

Ketika seseorang mengalami stres kronis, pikiran kita akan sulit bekerja dan hal inilah yang disebut dengan depresi. Pikiran kita akan mengalami penurunan fungsi secara signifikan, seperti sulit konsentrasi, mudah lupa, hingga terjebak dalam kesedihan dan amarah yang tak kunjung usai.

Sindrom Metabolik Dampak Stres

Orang yang mengalami stres kronis sangat berisiko terkena sindrom metabolik. Sindrom ini adalah gabungan atau komplikasi dari berbagai penyakit berbahaya, seperti diabetes, kadar gula darah tinggi, obesitas, dan kadar kolesterol abnormal. Hal ini terjadi karena orang yang terkena stres tidak dapat mengontrol dan menjaga asupannya.

Saat stres menyerang, si penderita akan mengalihkan hal tersebut dengan memakan apa saja yang ia mau dan pikir dapat meredam stres yang melanda. Tubuh yang mendapatkan asupan gula, lemak, dan berbagai komponen berlebih akan sangat mudah terserang sindrom metabolik.

[quads id=7]

Begitu menyeramkannya dampak stres pada fisik dan psikis, kan? Sebelum mengalami beberapa dampak yang disebutkan di atas, alangkah baiknya jika Anda kelola stres dengan berbagai cara yang baik, seperti yoga, berwisata ke daerah yang hijau, dan mendengarkan musik yang menenangkan.

Comments are closed.