Wabah Corona Masih Mengancam, Simak Tip Aman Bepergian Berikut!

Asuransi KesehatanHealthTravel

Ketika kita harus melakukan perjalanan di tengah wabah Corona, tentu kita perlu persiapan yang sangat matang. Oleh karena itu, lakukan tip aman bepergian di bawah ini!

Banyaknya negara dan orang yang terpapar virus corona membuat berbagai hal menjadi berantakan, salah satunya adalah proses bepergian. Tak sedikit orang yang akhirnya membatalkan keberangkatannya karena takut terkena virus berbahaya ini. Tak hanya itu, pihak maskapai maupun transportasi lainnya pun banyak yang membatalkan perjalanan karena virus ini.

Namun, bukan berarti tidak sedikit orang yang tetap melanjutkan perjalanannya ke daerah atau negara yang akan mereka tuju. Ada cukup banyak alasan, salah satunya adalah karena sudah membeli tiket dan voucher menginap di hotel dengan harga yang mahal.

Baca juga: Mengapa Asuransi Perjalanan Tidak Melayani Klaim Virus Corona?

Meski berisiko tinggi, tapi bepergian saat wabah corona bukanlah hal yang tidak diperbolehkan. Sejatinya, pemerintah di berbagai negara menerapkan beragam peraturan terkait kedatangan wisatawan. Ada negara yang sama sekali tidak dapat menerima wisatawan baru, tak sedikit pula yang hanya menerapkan screening kesehatan.

Apa pun alasannya, jika Anda tetap memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke daerah atau negara yang ingin Anda tuju, sudah sejatinya Anda perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin agar terhindar dari bahaya terjangkitnya corona ke dalam tubuh. Ingin tahu tip aman bepergian saat wabah corona? Simak di bawah ini!

Beberapa Tip Aman Bepergian Saat Wabah Corona

Tip Aman Bepergian Saat Wabah Corona

Untuk melakukan perjalanan antar daerah atau negara saat wabah corona, persiapan yang perlu dilakukan haruslah sangat matang. Tak hanya persiapan untuk kesehatan tubuh, tapi juga persiapan selama perjalanan karena risiko perjalanan bisa saja merugikan Anda.

Tak perlu berlama-lama, inilah beberapa tip yang patut Anda coba agar tetap aman saat bepergian di tengah wabah Covid-19 ini!

Jaga Kebersihan dan Kesehatan Diri

Hindari berbagi makanan dengan orang lain karena ini bisa menjadi salah satu cara penularan virus. Anda juga disarankan untuk tidak berbagi peralatan makan, seperti gelas dan sendok. Begitupun dengan peralatan mandi, terutama handuk dan sikat gigi.

Selain itu, terapkan cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah makan, terutama setelah mengunjungi tempat umum. Virus akan mati ketika mereka terkena cairan antiseptik dan air membantu membunuh kuman, bakteri, dan virus dari tangan kita.

protokol kesehatan selama bepergian

Gunakan Masker

Saat beraktivitas di luar ruangan, Anda disarankan untuk menggunakan masker. Buang masker jika sudah terasa sesak dan tidak disarankan untuk menggunakan masker lebih dari satu hari. Bakteri bisa bekembang di dalam masker jika digunakan terlalu lama.

Jangan menyentuh bagian luar masker karena pada bagian tersebut terdapat banyak bakteri dan virus. Jika terpaksa menyentuhnya, segera cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Minum Vitamin

Untuk mencegah terpaparnya virus corona, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau untuk selalu menjaga kebersihan dan mencuci tangan, serta memperkuat daya tahan tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah menerapkan pola makan yang lebih sehat serta mengkonsumsi vitamin dan suplemen.

Baca juga: New Normal di Indonesia: Ini Persiapan yang Harus Anda Lakukan

Perhatikan Regulasi di Destinasi Wisata

Sebelum berangkat ke destinasi tujuan wisata, akan lebih baik jika Anda melihat kebijakan terbaru apa yang sudah diterbitkan terkait penanganan virus corona ini. Perlu diketahui, setidaknya ada tiga tipe kebijakan yang diambil menanggapi isu virus corona ini. Hal yang pertama adalah negara menolak untuk menerima masuk warga negara dari negara tertentu yang sudah terdampak virus corona secara serius, kemudian kebijakan untuk memberlakukan karantina selama 14 hari, dan yang terakhir negara yang memberlakukan kebijakan screening medis.

Melihat situasi yang terus memburuk setiap harinya, regulasi juga bisa berubah dalam hitungan jam. Pastikan Anda tidak melewatkan informasi apa pun dari daerah yang ingin Anda tuju.

Istirahat dengan Cukup

Waktu yang terbatas saat bekerja atau berlibur seringkali memaksa Anda mengunjungi banyak tempat tanpa memperhatikan kondisi tubuh. Namun, perlu Anda ketahui, tubuh yang tidak fit dapat membuat virus mudah terjangkit pada tubuh Anda sehingga Anda dengan mudah terkena penyakit.

Oleh karena itu, pastikan tubuh tetap fit dengan menerapkan jam istirahat atau tidur malam delapan jam.

tip bepergian selama new normal

Gunakan Asuransi Perjalanan

Banyak orang sudah memutuskan untuk membatalkan perjalan mereka akibat virus corona. Hal ini tentu saja mengakibatkan kerugian finansial baik dari pihak maskapai maupun pihak yang membatalkan. Terutama jika Anda membeli tiket murah dan tidak menggunakan asuransi perjalanan. Kemungkinan besar tidak ada pengembalian uang.

Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk tetap berangkat, Anda dianjurkan untuk menggunakan asuransi perjalanan. Ada cukup banyak asuransi yang menawarkan opsi cancel for any reasons. Jadi, jika Anda memutuskan untuk membatalkan perjalanan suatu waktu atau bahkan pihak maskapai yang melakukan pembatalan, Anda bisa mendapatkan pengembalian uang.

Gunakan Pula Asuransi Kesehatan

Selain asuransi perjalanan untuk menjamin segala hal yang berkaitan dengan urusan selama perjalanan, Anda juga harus memiliki asuransi kesehatan yang dapat meng-cover biaya rumah sakit jika Anda sakit saat bepergian.

Bahkan, sekarang banyak sekali perusahaan asuransi yang memasukkan Covid-19 sebagai salah satu faktor penyakit yang ditanggung pembiayaan pengobatannya. Jadi, jika dalam kondisi terburuk Anda terpapar virus corona, Anda dapat langsung menjalani proses medis tanpa perlu memikirkan biayanya lagi.

Jangan Cemas

Kericuhan yang ditimbulkan virus corona, ternyata berdampak pada psikologis. Untuk meredam rasa cemas, takut, dan sedih tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Hal pertama adalah mencoba menerima semua yang terjadi dan menerima semua rasa takut dan sedih dengan tidak mencoba melawannya.

Setelah bisa menerima semuanya, cobalah mengatur napas dengan pernapasan perut. Ketika seseorang bernapas menggunakan pernapasan perut, maka udara yang dihasilkan akan semakin banyak, napas akan semakin panjang dan bisa menenangkan perasaan.

Terakhir adalah menempelkan kantong es ke bagian belakang leher. Menurut Alvieni, dalam kondisi cemas, takut, dan sedih, akan terjadi perubahan pada kerja organ seseorang, seperti napas menjadi lebih pendek, jantung berdebar kencang, tangan menjadi dingin atau sebaliknya.

Baca juga: Lupa Punya Polis Asuransi? Begini Cara Mengoptimasikannya!

Jika pikiran sudah tenang, proses bepergian pun jadi lebih baik karena pikiran kita sudah tidak kalut dan dihantui rasa takut berlebih.

Itulah beberapa tip aman bepergian yang dapat Anda terapkan saat wabah corona ini. Tapi, alangkah lebih baik jika Anda berada di rumah dan menunggu hingga masalah ini selesai agar bepergian jadi lebih tenang dan aman.

Comments are closed.